Terbit: 19 Januari 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Kandungan dan manfaat jambu kristal menarik untuk disimak. Para pencinta jambu tentu tahu, jambu biji terdiri dari beberapa macam jenis, salah satu yang paling diminati di Indonesia sekarang ini adalah jambu kristal. Sama halnya seperti jambu biji merah, jambu kristal juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

manfaat-jambu-kristal-doktersehat

Kandungan Jambu Kristal

Pada dasarnya kandungan jambu kristal tidak berbeda jauh dengan varian jambu biji lain. Perbedaannya hanya pada kandungan likopen, yaitu karotenoid berwarna merah yang membuat jambu biji memiliki warna pink. Jambu kristal tidak memiliki kandungan karotenoid tersebut.

Sama seperti jambu biji merah, jambu kristal memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu terdapat juga beberapa kandungan lain seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin B kompleks. Jambu kristal juga mengandung sejumlah mineral yang penting bagi tubuh seperti magnesium, mangan, zat besi, dan masih banyak lagi.

Keunggulan lain dari jambu kristal adalah rasanya yang lebih manis dan jumlah bijinya yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jambu biji merah. Hal ini lah yang membuat jambu kristal banyak diminati dan harganya juga menjadi lebih mahal dibandingkan jenis jambu biji lainnya.

Manfaat Jambu Kristal

Melihat berbagai kandungan yang ada di dalamnya, tidak heran jika jambu kristal dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah berbagai manfaat jambu kristal untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan!

1. Baik untuk Sistem Pencernaan

Jambu kristal memiliki kandungan serat yang tinggi.

Konsumsi jambu kristal dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian yang dapat membantu pergerakan usus dan juga mencegah sembelit. Selain bagian buahnya, bagian daun jambu biji juga memiliki manfaat untuk pencernaan, yaitu untuk membantu mengatasi diare.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh karena ekstrak daun jambu biji memiliki efek antimikroba. Ekstrak daun jambu biji dapat membantu menetralkan mikroba yang menjadi penyebab diare.

2. Meredakan Flu

Manfaat jambu kristal yang kedua adalah dapat meredakan flu.

Sifat antimikroba dalam jambu kristal juga dapat membantu melawan virus penyebab flu. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam jambu kristal juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Apabila sistem imun baik, maka tubuh akan dapat lebih mudah melawan virus yang menyerang tubuh.

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat jambu kristal selanjutnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Jambu kristal memiliki kandungan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi 100 gram jambu kristal dapat memenuhi hingga 21% kebutuhan vitamin A harian. Asupan vitamin A yang cukup dapat membantu Anda terhindar dari berbagai gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, hingga rabun ayam.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan memerhatikan apa saja yang kita makan.

Konsumsi jambu kristal dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat jambu kristal ini didapat dari kandungan kalium dan serat larut yang tinggi yang ada di dalamnya.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jambu biji sebelum makan dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Tekanan darah dan kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung yang paling umum.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat jambu biji yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, jambu kristal dapat menjadi pilihan buah untuk dikonsumsi setiap hari. Jambu kristal memiliki kandungan serat tinggi dan kalori yang rendah, sehingga aman dan cocok untuk dijadikan camilan ketika sedang melakukan program penurunan berat badan.

Baca Juga: 15 Manfaat Buah Delima, Mengatasi Penyakit Ringan hingga Kronis

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam jambu kristal dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Vitamin E dan antioksidan dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan menghindarkan kulit dari penuaan dini. Selain itu, kandungan vitamin C dalam jambu biji juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, protein yang sangat penting dalam struktur kulit dan tulang. Keberadaan kolagen sangat penting demi menjaga elastisitas kulit.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sudah disinggung sebelumnya bahwa kandungan vitamin C dalam jambu kristal dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dalam jambu kristal memang sangat tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dari buat jeruk yang dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Imunitas tubuh yang terjaga akan menghindarkan tubuh dari infeksi, karena sistem pertahanan tubuh ini akan melawan setiap patogen yang menyerang tubuh.

8. Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan nutrisi yang tinggi dalam jambu kristal membuat buah satu ini baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

Manfaat jambu kristal untuk ibu hamil adalah untuk membantu memenuhi asupan nutrisi yang meningkat selama masa kehamilan. Jambu kristal mengandung berbagai vitamin dan mineral, salah satunya adalah folat yang merupakan nutrisi utama selama kehamilan. Ada banyak sekali peran folat selama kehamilan, salah satunya adalah mencegah cacat saraf dan otak.

Berdasarkan berbagai manfaat jambu kristal di atas, dapat dibuktikan bahwa jambu kristal merupakan buah yang sangat baik bagi kesehatan. Selain rasanya lezat, kandungan nutrisi dalam jambu kristal juga sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Jambu kristal umumnya dikonsumsi secara langsung sebagai camilan. Meskipun buah ini baik untuk kesehatan, tetap ingat untuk tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Anda mungkin juga harus bertanya pada dokter tentang konsumsi jambu kristal apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

  1. Brown, Mary Jane. 2018. 8 Health Benefits of Guava Fruit and Leaves. https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-guavas. (Diakses 19 September 2019).
  2. Nutrition and You. Guava nutrition facts. https://www.nutrition-and-you.com/guava.html. (Diakses 19 September 2019).
  3. opdbogorkab. 2018. UNIKNYA JAMBU KRISTAL, JAMBU BIJI TANPA BIJI. http://dkp.bogorkab.go.id/link/uniknya-jambu-kristal-jambu-biji-tanpa-biji/. (Diakses 19 September 2019).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi