Cobalah Jalan Mundur dan Rasakan Manfaatnya!

doktersehat-jalan-kaki
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, salah satunya adalah jalan kaki. Jalan kaki merupakan salah satu latihan sederhana yang mudah dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Meskipun cukup mudah dilakukan, namun manfaatnya sangat banyak untuk tubuh, terutama dalam penurunan berat badan.

Umumnya, jalan kaki dilakukan dengan mengarah ke depan. Akan tetapi, akhir-akhir ini ada sebuah gaya baru dari jalan kaki, yakni jalan ke arah belakang atau jalan mundur. Hal tersebut memang terdengar sedikit aneh dan mungkin saja tidak akan memberikan manfaat yang berarti. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ternyata jalan mundur justru bisa memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan dibandingkan berjalan ke dapan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari latihan jalan mundur, diantaranya:

1. Membakar Kalori lebih Banyak

Banyak orang yang melakukan latihan secara rutin hanya untuk membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar. Namun, tidak sedikit pula dari mereka yang melakukan latihan juga ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal. Sebab, dengan berolahraga atau melakukan latihan, kalori di dalam tubuh akan terbakar. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mencoba latihan jalan mundur. Hal ini dikarenakan jalan mundur bisa membakar kalori lebih banyak, terlebih lagi jalan mundur di area yang menanjak karena membutuhkan energi lebih, sehingga kalori yang dibakar juga lebih banyak.

2. Meningkatkan Denyut Jantung

Jantung merupakan organ tubuh dalam yang snagat penting untuk kelangsungan hidup seseorang sehingga harus selalu dijaga kesehatannya agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Untuk menjaga kesehatan jantung, biasanya Anda akan berolahraga dan melakukan latihan terntentu. Mulai sekarang cobalah untuk berjalan mundur. Sebab, berdasarkan hasil penelitian kecil menunjukkan bahwa dengan kecepatan yang sama, jalan mundur dapat meningkatkan denyut jantung ketimbang jalan maju.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan dari berjalan mundur adalah meningkatkan fungsi otak. Ketika Anda sedang berjalan mundur, Anda akan mengalami kesulitan yang lebih tinggi dibanding jalan maju, sehingga Anda dituntut untuk lebih fokus serta bisa mengatur keseimbangan. Hal inilah yang membuat fungsi otak Anda meningkat.