Cukup 15 Menit Sehari, Jalan Kaki Bisa Berikan Manfaat Menakjubkan Ini

doktersehat-jalan-kaki
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Jalan kaki merupakan olahraga yang terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, banyak juga yang mengatakan bahwa jalan kaki adalah olahraga yang ekonomis, sebab tidak memerlukan biaya atau alat berlebihan untuk melakukannya, alias gratis.

Namun, kendati terbilang cukup mudah dan ekonomis, faktanya tak sedikit orang yang sering mengabaikan olahraga ini. Padahal, di balik kesederhanaannya, olahraga yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman Popsugar, cukup 15 menit sehari, berjalan kaki bisa memberikan beberapa manfaat baik, diantaranya:

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Berjalan kaki selama 15 menit setiap hari ternyata bisa memperbaiki postur tubuh Anda. Sebab, dengan berjalan, tak hanya otot kaki saja yang dilatih, tapi juga otot tubuh lainnya, seperti paha, perut, tangan, punggung. Selain itu, berjalan kaki juga membuat Anda menjadi lebih tidak bungkuk, alias bertubuh tegak.

2. Menambah Energi

Mungkin bagi sebagian orang, olahraga adalah aktivitas yang menguras energi. Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya olahraga juga bisa digunakan sebagai pendongkrak energi? Hal tersebut dikarenakan olahraga bisa memompa darah secara lancar ke seluruh tubuh serta bisa memberikan tambahan suplai oksigen.

3. Menurunkan Berat Badan

Berjalan kaki juga bisa memperbaiki respon tubuh terhadap hormon insulin. Hormon ini bertugas untuk mengatur metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang bisa mengurangi jumlah lemak pada perut. Menurut hasil survey kepada para wanita usia 20-40 tahun, berjalan kaki selama 15 menit sehari diyakini bisa membakar sebanyak 400 kalori.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Berjalan kaki tak hanya menyehatkan fisik saja, tapi juga bisa memberika efek baik pada otak. Sebab, berjalan kaki telah terbukti bisa meningkatkan kinerja otak seseorang. Dalam hal ini, dikhususkan dalam kinerja pengingat sehingga seseorang menjadi tak mudah pikun jika rutin melakukannya. Hal tersebut dikarenakan saat berjalan kaki, ukuran hippocampus, bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat akan menjadi lebih besar dan rileks.