Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jalan kaki merupakan aktivitas yang pastinya kita lakukan setiap hari. Aktivitas ini juga masuk ke dalam salah satu jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, di era serba modern dan dan digital ini, banyak orang yang lebih memilih untuk pergi ke suatu tempat dengan menggunakan kendaraan bermotor. Alasannya, supaya lebih praktis, cepat, dan tidak mengeluarkan tenaga.

Beberapa Manfaat dari Berjalan Cepat, Coba Yuk!

Padahal, jalan kaki memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh, apalagi dengan ritme gerakan yang dipercepat. Selain dapat membantu proses penurunan berat badan, berikut adalah beberapa manfaat lain dari berjalan kaki cepat.

1. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Jantung merupakan organ dalam tubuh yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Pasalnya, jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karenanya, kita harus selalu menjaga kesehatan jantung. Salah satu cara agar jantung tetap sehat dan terhindar dari risiko serangan jantung adalah dengan berjalan kaki cepat. Sebab, berjalan kaki cepat bisa mempercepat aliran darah ke dalam koroner jantung. Selain itu, juga bisa membantu Kolesterol baik (HDL) menyerap Kolesterol jahat (LDL).

2. Mencegah Tulang Keropos

Tulang berfungsi untuk menopang seluruh tubuh. Untuk itu, kita harus bisa menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari masalah keroposan tulang. Umumnya, kita menjaga kesehatan tulang dengan perbanyak konsumsi makanan dan minuman berkalsium tinggi. Selain itu, berjalan kaki cepat juga bermanfaat untuk mencegah keroposan tulang.

3. Mengurangi Risiko Stroke

Salah satu penyebab penyakit stroke adalah tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi. Stroke merupakan penyakit yang juga bisa menyebabkan kematian. Oleh karenanya, kita perlu menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut. Dimulai dari hal termudah yakni dengan berjalan kaki cepat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

4. Mencegah Diabetes

Selain stroke, penyakit yang juga menyerang banyak orang adalah diabetes atau naiknya gula darah di dalam tubuh. Diabetes bisa terjadi akibat kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis. Untuk mencegah penyakit ini, Anda bisa rutin berolahra, salah satunya adalah berjalan kaki cepat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi