10 Manfaat Jahe untuk Wajah, Bisa Putihkan Wajah dalam 1 Minggu?

manfaat-jahe-untuk-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang tidak hanya digunakan untuk memasak, tetapi juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Selain itu, manfaat jahe untuk wajah juga sangat banyak sehingga jahe sering dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan.

Sebagian orang bahkan percaya bahwa perawatan menggunakan jahe adalah salah satu cara memutihkan wajah dalam 1 minggu. Masa, sih? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jahe dan manfaatnya untuk kecantikan!

Apa yang Membuat Jahe Istimewa?

Jahe atau Zingiber officinale adalah salah satu tanaman rimpang paling populer. Jahe banyak digunakan sebagai bahan obat karena dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Jahe bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari dikonsumsi langsung, diolah menjadi bentuk makanan seperti permen atau selai, hingga yang paling umum yaitu diolah menjadi minuman yang disebut air jahe.

Keistimewaan jahe ini tentunya berasal dari kandungan senyawa yang ada didalamnya. Jahe memiliki kandungan vitamin seperti vitamin C dan vitamin B kompleks, serta mengandung beberapa mineral yang penting bagi tubuh seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, sodium, dan zinc.

Jahe juga memiliki antiinflamasi serta kaya akan antioksidan sehingga banyak jahe banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Jahe juga memiliki keistimewaan lain yaitu aromanya yang khas dan menenangkan serta sifatnya yang menghangatkan ketika masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Jahe untuk Wajah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jahe memiliki kandungan antioksidan dan memiki sifat antiinflamasi. Hal ini juga lah yang membuat jahe memiliki beberapa manfaat untuk wajah. Berikut adalah daftar manfaat jahe untuk wajah yang bisa Anda rasakan:

1. Mempercepat sembuhnya luka

Manfaat jahe untuk wajah yang pertama adalah dapat mempercepat sembuhnya luka. Kulit wajah adalah bagian kulit yang sensitif sehingga kita harus berhati-hati dalam memilih bahan yang akan dijadikan perawatan wajah. Karena memiliki sifat antiinflamasi, jahe bisa menjadi salah satu bahan pilihan yang digunakan untuk menyembuhkan luka di wajah dan di area sekitar wajah Anda.

2. Mengatasi jerawat

Selain dibutuhkan untuk menyembuhkan luka, bahan alami yang memiliki efek antiinflamasi juga sangat dibutuhkan untuk mengatasi jerawat. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki masalah jerawat, tidak perlu ragu untuk menggunakan jahe untuk perawatan wajah Anda. Jahe dapat membantu jerawat agar dapat kering lebih cepat.

3. Mengatasi sunburn

Jika terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sama sekali, kulit kita bisa mengalami sunburn. Ketika mengalami sunburn kulit akan terasa perih, memerah, dan muncul sensasi seperti terbakar. Jahe bisa menjadi salah satu alternatif bahan alami yang digunakan untuk mengatasi gejala sunburn tersebut.

4. Menenangkan kulit kering

Selain menenangkan kulit yang terkena sunburn, manfaat jahe untuk wajah selanjutnya adalah menenangkan kulit kering. Kondisi kulit kering membuat kulit jadi lebih rentan terhadap iritasi. Tidak jarang juga kulit menjadi gatal dan juga menjadi lebih senisitif. Agar kelembapan kulit kembali, sebaiknya konsumsi banyak air putih dan gunakan perawatan menggunakan bahan alami, salah satunya Anda bisa menggunakan jahe.

5. Mengontrol minyak di wajah

Manfaat jahe untuk wajah selanjutnya adalah untuk mengontrol produksi minyak di wajah. Minyak berlebih yang diproduksi wajah adalah salah satu faktor penyabab munculnya jerawat. Tidak perlu resah jika wajah berminyak, Anda bisa mencoba perawatan wajah menggunakan jahe untuk mengatasinya tanpa membuat wajah menjadi kering.

6. Mencerahkan kulit

Manfaat jahe untuk wajah selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit wajah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa banyak yang percaya perawatan menggunakan jahe adalah salah satu cara memutihkan wajah dalam 1 minggu. Khasiat jahe untuk mencerahkan kulit memang ada benarnya, karena jahe dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

Penumpukan sel kulit mati memang bisa menjadi salah satu penyebab kulit terlihat lebih gelap dan kusam. Efek penggunaan jahe untuk mengankat sel kulit mati mungkin dapat langsung terlihat dari sekali penggunaan, sehingga perawatan wajah dengan jahe dipercaya sebagai salah satu cara memutihkan wajah dalam 1 minggu. Meskipun terlihat perbedaaanya, butuh waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan.

7. Menyamarkan bekas luka

Selain mencerahkan wajah, manfaat jahe untuk wajah yang lainnya adalah dapat menyamarkan bekas luka. Meskipun jahe ampuh untuk mengatasi peradangan pada wajah, setelah sembuh tentunya peradangan tersebut tetap menyisakan bekas di wajah. Anda bisa melanjutkan perawatan dengan jahe ini secara rutin agar bekas luka juga semakin lama akan semakin tersamarkan.

8. Memperlambat penuaan

Masalah penuaan merupakan masalah yang cukup serius bagi sebagian besar orang, terutama bagi kaum wanita. Selain faktor usia, terdapat beberapa faktor lain yang mungkin memicu munculnya gejala penuaan yaitu seperti polusi dan radikal bebas. Hal ini lah yang kemudian disebut sebagai penuaan dini.

Mencegah penuaan dini dan memperlambat gejala penuaan tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk mendapatkan wajah yang tetap terlihat muda. Perawatan dengan jahe secara rutin dapat membantu Anda terhindar dari kerutan dan membantu meremajakan kulit Anda.

9. Mengatasi warna kulit tidak merata

Masalah kulit lainnya yang juga menjadi masalah dan mengganggu penampilan adalah munculnya hiperpigmentasi pada kulit wajah yang terkadang tidak merata. Ternyata membantu mengatasi kulit belang juga merupakan salah satu manfaat jahe untuk wajah. Cara kerjanya kurang lebih sama dengan manfaat jahe yang dapat membantu mencerahkan kulit.

10. Mengurangi kantong mata

Kurang tidur atau kelelahan terkadang membuat kantong mata menjadi semakin jelas terlihat. Hasilnya adalah tampilan wajah yang kurang segar dan terlihat jauh lebih tua. Menutupi kantong mata dengan make up tentunya tidak akan selalu efektif, lebih baik gunakan jahe sebagai perawatan wajah untuk membantu menyamarkan kantong mata tersebut.

Cara Mengolah Jahe untuk Perawatan Wajah

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat jahe untuk wajah. Cara yang dipilih menyesuaikan dengan permasalahan kulit yang dimiliki. Anda juga dapat mencampurkan jahe dengan bahan lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut adalah 3 cara mengolah jahe untuk perawatan wajah:

1. Menggunakan jahe langsung

Cara pertama adalah menggunakan jahe langsung. Anda dapat menumbuk jahe atau memarut jahe lalu mencampurkannya dengan bahan lain untuk dijadikan sebagai masker wajah. Aplikasikan masker merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

3. Jahe bubuk

Cara kedua adalah dengan menggunakan jahe bubuk. Cara ini lebih praktis jika Anda kesulitan mencari alat untuk menghancurkan jahe. Namun pastikan bahwa bubuk jahe yang digunakan adalah bubuk jahe murni yang tidak mengandung campuran apapun. Masker jahe atau masker bubuk jahe bisa Anda gunakan untuk mengatasi jerawat, memutihkan kulit, menyamarkan bekas luka, mencegah penuaan.

3. Air jahe

Cara yang ketiga adalah menggunakan air rebusan jahe. Air jahe bisa Anda aplikasikan langsung ke kulit untuk mengatasi sunburn atau menyamarkan kantong mata. Selain itu, manfaat jahe untuk kulit juga dipercaya bisa didapat dengan cara meminum air jahe secara rutin.

Lakulanlah perawatan wajah mengunakan jahe dan bahan alami lainnya secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Perawatan menggunakan bahan alami memang harus dilakukan dengan lebih sabar, tetapi perawatan dengan bahan alami tetap menjadi pilihan yang terbaik karena lebih aman dan jarang menimbulkan efek samping ke wajah. Selamat mencoba!