15 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan (Mujarab!)

manfaat-jahe-untuk-kesehatan-doktersehat

DokterSehat.Com– Manfaat jahe salah satunya sebagai rempah yang berguna untuk membuat masakan terasa lebih lezat. Namun, tidak hanya sebagai penyedap masakan saja, khasiat jahe lainnya yakni untuk menjaga kesehatan serta merawat kecantikan tubuh. Ini juga didukung oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa jahe dapat dijadikan sebagai obat herbal yang membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan juga sebagai perawatan kecantikan.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Selain sebagai bumbu masakan, berikut sejumlah manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Meredakan Kembung

Jika perut Anda sering mengalami perut kembung akibat masuk angin atau gangguan pencernaan lainnya, Anda bisa mengonsumsi secangkir teh jahe. Sebab, secangkir teh jahe dapat membantu mengosongkan perut Anda yang telah dipenuhi oleh makanan.

Manfaat jahe untuk kesehatan juga bisa membantu mengatasi rasa mual, terutama bagi Anda yang baru saja dalam masa pemulihan diri dari kemoterapi.

2. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Seperti yang Anda tahu jika kolesterol Anda naik, maka akan berdampak buruk pada kesehatan, seperti meningkatkan risiko serangan jantung, darah tinggi, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi jahe secara rutin. Manfaat jahe untuk kesehatan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga dapat mengencerkan gumpalan darah.

3. Menyehatkan Pencernaan

Senyawa fenolik pada jahe diketahui membantu meredakan iritasi gastrointestinal (GI), menstimulasi produksi air liur dan empedu, dan menekan kontraksi lambung saat makanan dan cairan bergerak melalui saluran pencernaan.

Pada saat yang sama, khasiat jahe juga tampaknya memiliki efek menguntungkan pada enzim tripsin dan lipase pankreas, dan untuk meningkatkan motilitas melalui saluran pencernaan. Ini menunjukkan bahwa manfaat air jahe bisa membantu mencegah kanker usus besar dan sembelit.

4. Menurunkan Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Menambahkan jahe ke dalam masakan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Menurut penelitian pada penderita diabetes tipe 2,  hasilnya bahwa mereka yang mengonsumsi 1.600 miligram bubuk jahe selama 12 minggu telah meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan trigliserida, dan menurunkan kolesterol total jika dibandingkan yang tidak mengonsumsi jahe.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Bahan bumbu dapur ini mungkin menjadi salah satu senjata ampuh untuk melawan keganasan kanker. Karena menurut para peneliti bahwa jahe mengandung gingerol (senyawa aktif dalam jahe) yang mampu melawan kanker.

Jadi, Jahe dapat membantu pencegahan dan pengobatan kanker gastrointestinal. Jage juga mengandung antioksidan yang tinggi mungkin dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker.

6. Membuang Radikal Bebas

Teh jahe memiliki antioksidan yang membantu membuang radikal bebas, yang mungkin hasil dari respons metabolisme dalam tubuh. Pada gilirannya, manfaat jahe dapat mencegah kerusakan jaringan di tubuh.

Sel-sel tubuh dapat dirusak oleh radikal bebas karena dinding sel-sel rapuh. Kerusakan sel dapat menghasilkan mutasi sel, yang menyebabkan gangguan kesehatan, seperti rematik, radang sendi, dan katarak.

7. Menyembuhkan Radang Sendi

Jahe bisa dijadikan sebagai alternatif ampuh mengatasi arthritis atau juga disebut radang sendi. Tanaman akar ini telah digunakan sejak dahulu sebagai bumbu kuliner, dan efektif dalam mengobati nyeri radang sendi.

Sifat anti-inflamasi dalam jahe terbukti aman digunakan aman bagi kebanyakan orang, baik secara topikal maupun oral.

8. Kram Menstruasi

Mengonsumsi jahe saat awal periode menstruasi bisa mengurangi gejala nyeri haid pada wanita. Minum teh jahe yang dicampur gula merah biasanya digunakan untuk pengobatan kram menstruasi atau dismenore.

9. Membuat Kulit Bercahaya

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit bercahaya? Semua orang tentu ingin memiliki kulit sehat dan merona, khususnya wanita. Sebab, jika kulit kusam dan kering maka akan menurunkan kepercayaan diri kaum wanita. Maka tak heran jika mereka akan melakukan berbagai cara untuk merawat kulit mereka agar tetap sehat dan bercahaya.

Ternyata manfaat jahe dapat membuat kulit tampak bercahaya. Caranya Anda hanya perlu mengonsumsi jahe secara rutin. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi jahe diklaim dapat membantu memperbaiki penampilan kulit. Selain itu, juga bisa membantu menyembuhkan luka dan iritasi dengan cepat.

10. Memudarkan Bekas Luka

Berkat sifat toning dan antioksidan, manfaat jahe dapat mengurangi bekas luka hipopigmentasi  – bekas luka yang putih atau jauh lebih terang dari warna kulit).

Anda cukup mengoleskan sepotong jahe segar ke area kulit bekas luka, dan biarkan mengering. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari setiap hari dan Anda akan melihat hasilnya dalam beberapa minggu. Selama beberapa bulan, bekas lukamu hampir tidak terdeteksi.

11. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat jahe untuk kecantikan dapat meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala, yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. Banyaknya vitamin, mineral, dan asam lemak dalam jahe juga mencegah rambut rontok.

Cobalah membuat masker rambut dari campuran parutan jahe dan minyak jojoba, dan pijat ke rambut dan berkonsentrasi pada kulit kepala. Setelah 30 menit, bilas dengan sampo seperti biasa.

12. Mengurangi Selulit

Selain detoksifikasi dan menyegarkan, manfaat jahe untuk kesehatan kulit juga dikenal untuk mengurangi selulit. Penggunaan scrub jahe yang dicampur lemon dan bahan lainnya dapat merangsang sirkulasi dan meratakan warna kulit sebagai penghilang selulit.

Cara membuatnya scrub jage cukup mencampurkan 1/2 cangkir gula, 1/4 cangkir minyak zaitun, 2 sendok makan jahe parut segar, dan perasan satu buah lemon. Jika penggunaan masih tersisa, scrub ini bisa disimpan di kulkas hingga satu minggu.

13. Menurunkan Berat Badan

Anda sedang program diet? Jika ya, cobalah konsumsi jahe karena sangat membantu menurunkan berat badan, lho!. Jahe merupakan salah satu bahan pembakar lemak terbesar karena tidak hanya membantu penurunan berat badan secara umum, tetapi juga membuang lemak dalam tubuh.

Selain jahe segar Anda juga bisa mengonsumsi suplemen jahe yang membuat Anda merasa kenyang setelah makan, bahkan dalam porsi kecil. Manfaatnya juga bisa membatasi anda untuk makan banyak.

14. Mencegah Penuaan

Jahe mengandung sekitar 40 senyawa antioksidan yang membantu mencegah penuaan. Tentu ini dapat meningkatkan penampilan kulit  dengan membuang racun dan merangsang sirkulasi darah, sehingga menyuplai lebih banyak nutrisi ke kulit.

Manfaat antioksidan mencegah kerusakan akibat radikal bebas, sehingga membuat penampilan kulit lebih muda. Selain itu antioksidan meningkatkan elastisitas, yang membuat kulit lebih kencang dan awet muda.

15. Membersihkan Bercak dan Mencegah Jerawat

Manfaat jahe juga sebagai zat antiseptik dan pembersih sangat kuat, yang membantu menjaga kulit tetap bersih, halus, bebas dari cacat, menyegarkan.

tanaman rimpang ini juga sebagai senjata untuk melawan jerawat alami terbaik karena mengurangi pembentukan jerawat, dengan membunuh dan membersihkan bakteri penyebab jerawat.

Efek Samping Jahe bagi Kesehatan

Jika mengonsumsi jahe terlalu banyak, memiliki masalah kesehatan, atau alergi, berikut sejumlah efek samping jahe:

  • Mulas
  • Diare
  • Perut tidak nyaman
  • Periode menstruasi yang lebih berat
  • Kulit iritasi (jika diterapkan pada kulit)
  • Gatal-gatal
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • Mudah memar atau berdarah
  • Perdarahan yang tidak berhenti

_

Nah, itu dia manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan yang mudah dan murah, kan? Selamat mencoba, Teman Sehat!

Tetapi, sebelum menggunakan jahe, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang kondisi medis dan alergi untuk mencegah masalah kesehatan.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Goldman, Rena. 2019. A Detailed Guide to Ginger: What’s in It, Why It’s Good for You, and More. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/ginger-nutrition-facts-health-benefits-alternative-uses-more/. (Diakses 22 November 2019)
  2. Radhakrishnan, Maanasi. 2019. 39 Surprising Benefits Of Ginger For Skin And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-ginger-for-skin-hair-and-health/#benefits-of-ginger-for-health. (Diakses 22 November 2019)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. Ginger Side Effects. https://www.drugs.com/sfx/ginger-side-effects.html#moreResources. (Diakses 22 November 2019)