Terbit: 21 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah sering mendengar bahwa jahe adalah salah satu bahan makanan yang paling direkomendasikan untuk mengatasi mual pada ibu hamil, ya.

Tak Disangka, Jahe Beri 5 Manfaat Hebat Ini untuk Ibu Hamil!

Jika Anda hanya beranggapan bahwa jahe hanya mampu mengatasi mual saja, maka kini saatnya Anda tak lagi menggangap remeh manfaat jahe untuk ibu hamil, karena ternyata jahe membawa banyak manfaat hebat untuk ibu hamil, lho. Apa sajakah?

Jahe sudah terkenal akan manfaatnya sebagai bumbu dan rempah yang mampu mengatasi berbagai penyakit, misalnya flu, rematik, atau nyeri perut.

doktersehat-teh-rosemary-peppermint-daya-ingat-serai-jahe-masuk-angin-cedera-otot

Tak heran jahe banyak digunakan sebagai bumbu masakan, obat dan tentu saja minuman.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi jahe lebih sering dalam berbagai varian, misalnya saja wedang jahe, wedang ronde, permen jahe, menambahkan parutan jahe dalam minuman teh atau jus,atau masakan yang banyak menggunakan jahe misalnya soto. Mengapa?

Jahe telah terbukti memiliki banyak manfaat yang super hebat untuk ibu hamil. Beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Mencegah timbulnya heart burn

Heart burn adalah munculnya rasa panas pada ulu hati hingga dada, hal ini tentu sangat mengganggu ibu hamil karena menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh.

Kondisi ini disebabkan banyak hal, salah satunya adalah tekanan pada lambung yang membuat asam lambung naik atau pemilihan makanan yang tidak tepat saat pencernaan sedang kosong.

doktersehat-wanita-sakit-dada-nyeri

Untuk mengatasi hal ini, minuman dari jahe bisa jadi pilihan yang tepat dan mengurangi reaksi heart burn.

2. Meningkatkan nafsu makan

Sudah menjadi rahasia umum jika ibu hamil kerap mengalami tidak nafsu makan. Mengonsumsi jahe juga ternyata dapat meningkatkan nafsu makan ibu hamil.

doktersehat-jahe

Hal ini disebabkan jahe memiliki rasa yang cenderung pedas dan membuat tubuh jadi lebih nafsu makan.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Menambahkan jahe pada minuman atau masakan ternyata juga akan memberikan manfaat bagi pencernaan tubuh. Hal ini disebabkan jahe memiliki kandungan enzim, yaitu enzim lipase dan proteasi yang memiliki fungsi mencerna lemak dan protein lebih maksimal.

trimester-kehamilan-doktersehat

Kondisi ini akan membuat ibu hamil yang mengonsumsi jahe bebas dari gejala sembelit atau diare karena fungsi penyerapan dalam pencernaan lebih lancar.

Hal ini juga memberikan manfaat pada bagian perut, karena ibu bisa merasa lebih nyaman dan hangat sehingga risiko gangguan kram perut bisa berkurang.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Jahe sudah terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, hal ini memberikan manfaat untuk tubuh berupa peningkatan sistem kekebalan tubuh.

doktersehat flu saat hamil

Tak heran jahe kerap dikonsumsi untuk mencegah terjadinya flu, batuk, atau demam. Kandungan antoksidan dan fitonutrien yang ada pada jahe juga memberikan manfaat berupa pencegahan terhadap penyakit kanker.

5. Mengatasi morning sickness

Manfaat utama dan yang paling terkenal pada jahe tentu adalah manfaat berupa pencegahan mual dan muntah. Tak heran jahe jadi lebih sering direkomendasikan pada ibu hamil, utamanya pada ibu yang hamil muda.

Kandungan zat dan senyawa yang ada pada jahe terbukti efektif menekan produksi serotonin, yaitu senyawa yang membuat otot perut mengalami kontraksi sehingga menimbulkan terjadinya mual.

Nah, itu dia manfaat hebat jahe untuk ibu hamil. Kini ibu hamil bisa mempertimbangkan jahe sebagai bahan makanan yang dikonsumsi harian, ya.

Akan tetapi, meskipun bermanfaat, perlu diingat bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsinya berlebihan, karena berisiko menyebabkan gangguan pada pencernaan. Usahakan mengonsumsi jahe paling banyak 2-3 ruas jari ukuran sedang dalam satu hari saja, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi