Terbit: 30 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dikenal luas sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat kesehatan, dalam realitanya jahe juga bisa bermanfaat bagi penderita asam urat. Sebenarnya, seperti apa manfaat yang bisa didapatkan jika mereka rutin mengonsumsi jahe?

Manfaat Jahe Bagi Penyakit Asam Urat

Khasiat jahe bagi kondisi asam urat

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan di alam jahe bisa membantu menurunkan jumlah purin yang ada di dalam darah dengan signifikan. Hal ini berarti, mengonsumsi jahe secara rutin bisa membuat frekuensi serangan asam urat bisa ditekan. Selain itu, di dalam jahe juga terdapat kandungan anti-inflamasi yang tentu akan membantu mencegah datangnya peradangan pada persendian yang bisa memicu gejala nyeri atau pembengkakan.

Kandungan antioksidan di dalam jahe juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentu akan membuat tubuh melawan serangan asam urat dengan lebih efektif. Sensasi nyeri atau pembengkakan yang dirasakan juga tidak akan begitu menyiksa.

Rempah lain yang juga bisa membantu mengatasi masalah asam urat

Pakar kesehatan menyebut jahe bukanlah satu-satunya rempah yang bisa membantu mengatasi masalah asam urat. Terdapat beberapa jenis bahan herbal lainnya yang bisa mengatasi masalah yang menyerang persendian ini.

Berikut adalah rempah-rempah tersebut?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Kulit manggis

Kulit manggis sudah dikenal luas sebagai obat herbal di wilayah Asia Tenggara, khususnya di Indonesia dan di Semenanjung Malaya. Kandungan kulit manggis disebut-sebut bisa membantu memecah kristal asam urat sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dan lebih mudah dibuang tubuh lewat urine.

Jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan ini, kita bisa menjadikan kulit manggis sebagai jus, direbus dengan air dan diminum sarinya, atau ditumbuk hingga halus dan kemudian diseduh dengan air panas.

  1. Daun sirsak

Beberapa penelitian menghasilkan fakta bahwa daun sirsak bisa membantu mencegah serangan asam urat dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa kimia alami dan zat yang mampu mengatasi asam urat layaknya asam linoleat, aclourin, asam gentisic, annocatalin, acetogenin, serta annomuricin.

Daun sirsak bisa direbus di dalam air dan air rebusannya ini kemudian bisa diminum secara teratur.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan anti peradangan yang sangat tinggi. Hal ini berarti, jika dikonsumsi oleh penderita asam urat, maka frekuensi serangannya bisa ditekan dan gejalanya juga tidak akan begitu menyiksa.

Kunyit bisa diparut atau diblender dan kemudian direbus. Setelahnya sari dari kunyit ini bisa diminum secara teratur demi mengatasi masalah asam urat.

  1. Daun sambiloto

Daun sambiloto bisa dijadikan tanaman yang meringankan gejala asam urat karena memiliki kandungan seperti aldehid, alkane, flavonoid, keton, dan beberapa jenis mineral yang baik bagi kesehatan.

Sebagaimana bahan-bahan herbal lainnya, daun sambiloto bisa direbus bersama dengan air agar bisa dijadikan minuman sehat. Hanya saja, kita sebaiknya menumbuk daun sambiloto hingga lembut sebelum merebusnya terlebih dahulu.

  1. Brotowali

Brotowali dikenal luas sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat kesehatan seperti meringankan gejala asam urat, mengatasi tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kadar gula darah tetap seimbang, sekaligus membuat sistem kekebalan tubuh semakin meningkat.

  1. Kumis kucing

Kumis kucing memiliki kandungan orthosiphonin glycosides dan memiliki sifat diuretik atau merangsang kita untuk melakukan buang air kecil lebih sering. Hal ini bisa merangsang proses pembuangan kristal asam urat dengan jauh lebih baik. Dengan kadar asam urat yang lebih banyak dibuang, maka risiko untuk terkena serangan asam urat pun bisa ditekan dengan efektif.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi