Terbit: 21 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com -Jagung memang termasuk makanan populer. Baik jagung rebus maupun jagung bakar sama-sama memiliki rasa yang enak. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa ada beberapa manfaat jagung bagi kesehatan tubuh.

9 Manfaat Jagung bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Sembelit?

Ingin tahu apa saja manfaat jagung rebus maupun jagung bakar? Yuk, simak selengkapnya mengenai manfaat jagung dan informasi kandungan gizi jagung melalui informasi di bawah ini.

Kandungan Gizi Jagung

Tak bisa disangkal bila jagung adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan zat-zat gizi penting. Di daerah lain, jagung malah menjadi makanan pokok pengganti beras. Jagung mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Lemak yang banyak dikandung jagung adalah lemak baik yaitu lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Jagung mengandung lemak jenuh tetapi sedikit. Selain itu, jagung juga tidak mengandung lemak trans yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Anda juga perlu tahu bahwa jagung baik untuk asupan otak karena mengandung omega 6 dan omega 3. Ada beberapa mineral yang ada di dalam kandungan jagung, di antaranya adalah kalsium, fosfor dan zat besi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Pada jagung yang khusus untuk popcorn, mengandung lebih banyak jenis mineral tambahan seperti mangan, magnesium, seng, dan tembaga. Jagung pun juga mengandung vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Baca Juga: Jagung Manis Tak Hanya Kaya Serat, Tetapi Juga Ampuh Merawat Kulit

 

Namun, pada jenis jagung manis, kandungan vitamin lebih banyak karena mengandung vitamin B yang lebih kompleks seperti niasin, piridoksin, folat, dan asam pantotenat. Di samping itu, jagung juga banyak mengandung beberapa jenis antoksidan.

Beberapa jenis antioksidan yang dikandung oleh jagung, di antaranya adalah asam ferulat, antosianin, zeaxanthin, lutein, dan asam fitat.Kandungan zat-zat tersebut sangat terkait dengan manfaat jagung rebus atau segar.

Manfaat Jagung bagi Kesehatan Tubuh

Banyak orang tidak menyadari bila jagung yang dikonsumsinya tidak hanya memberikan rasa lezat bagi lidah tetapi juga memiliki manfaat bagi tubuh. Ada beberapa manfaat jagung bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jagung bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Anda telah mengetahui bahwa jagung memiliki beberapa jenis antioksidan. Kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Berbagai jenis radikal bebas yang masuk ke tubuh baik lewat udara maupun makanan akan dihalau.

Dengan tetap menjaga asupan antioksidan, tubuh Anda juga akan selalu siap melawan kuman-kuman, bakteri, atau virus penyebab penyakit. Anda pun tidak mudah jatuh sakit karena terjadi peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Ibu Hamil

2. Menjaga kesehatan mata

Telah disebutkan sebelumnya jika jagung mengandung beberapa jenis antioksidan. Ada dua jenis antioksidan di dalam jagung yang baik untuk kesehatan mata. Kedua jenis antioksidan tersebut yaitu lutein dan zeaxanthin.

Dengan mengonsumsi jagung maka Anda juga telah menjaga asupan lutein dan zeaxanthin yang bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan mata Anda terutama pada lensa dan retina. Bagi Anda yang tidak ingin memiliki masalah pada mata maka konsumsilah jagung.

3. Berperan terhadap fungsi kognitif

Manfaat jagung bisa membantu perkemabngan sel-sel saraf Anda. Kandungan vitamin B kompleks pada jagung memegang peran penting ini. Vitamin B seperti niasin, tiamin, folat dan lainnya sangat penting untuk menjaga fungsi kognitif berjalan dengan baik.

Pada ibu hamil, manfaat jagung yang satu ini begitu penting bagi janin. Hal ini dikarenakan kandungan folat di dalam jagung bisa membantu janin terhindar dari kecacatan pada sarafnya. Bayi pun cenderung terlahir normal dan tidak mengalami masalah saraf.

4. Mencegah penyakit divertikular

Manfaat jagung rebus ataupun segar bisa mencegah penyakit divertikular. Sekedar informasi, penyakit divertikular adalah penyakit pada dinding usus besar yang memiliki kantong-kantong. Penyakit ini tidak boleh dianggap remeh.

Penyakit ini sering ditandai dengan beberapa gejala seperti perut kembung, kram, dan pendarahan dan infeksi. Meskipun, manfaat jagung yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut tetapi jagung sering direkomendasikan untuk menghindari penyakit ini.

5. Membantu meningkatkan berat badan

Apakah Anda termasuk orang yang ingin meningkatkan berat badan? Jika Anda ingin meningkatkan berat badan secara alami dan sehat maka konsumsilah jagung. Jagung memiliki kandungan kalori yang cukup banyak.

Manfaat jagung untuk meningkatkan berat badan semakin terbukti dengan fakta pemanfaatan jagung sebagai makanan pokok di beberapa daerah. Jagung mengandung lebih dari 300 kalori per 100 gram jagung.

6. Manfaat jagung rebus bisa atasi sembelit?

Jagung mengandung serat dalam jumlah yang cukup. Kandungan serat tersebut sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Melalui serat yang dikandungnya, manfaat jagung bisa mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

Hal ini dikarenakan serat di dalam jagung akan meningkatkan dan merangsang gerak peristaltik usus. Selain itu, serat pada jagung juga akan meningkatkan produksi asam lambung dan empedu sehingga sangat baik untuk tekstur tinja yang mudah dibuang.

Baca Juga: Manfaat Jagung untuk Penderita Asam Urat

7. Menurunkan risiko masalah pada usus

Selain bisa mengatasi sembelit atau konstipasi, manfaat jagung pun juga bisa mencegah atau menurunkan risiko terkena kanker usus atau iritasi pada usus. Kandungan serat di dalam jagung bisa menjaga usus Anda tetap sehat.

8. Mencegah anemia

Apakah Anda memiliki masalah anemia? Jika Anda didiagnosis menderita anemia maka konsumsilah jagung karena manfaat jagung rebus bisa mencegah anemia. Jagung mengandung zat besi yang cukup.

9. Menjaga kesehatan jantung

Jagung juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat jagung bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yaitu kolesterol HDL yang tidak baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi