Apa Saja Manfaat Ion Negatif bagi Kesehatan? Cek di Sini

ion-negatif-doktersehat

DokterSehat.Com – Pada dasarnya udara yang ada di lingkungan merupakan partikel gas bermuatan listrik, baik berupa ion negatif dan positif. Namun, ion negatif adalah ion yang sering digunakan untuk membantu kesehatan tubuh. Apakah fungsi ion negatif sebenarnya?

Penjelasan Ilmiah Mengenai Ion Negatif

Menurut sebuah penelitian di Jepang mengenai teori efek Leonard, mumi yang tersimpan dalam ruangan raja-raja Mesir bisa lebih awet–selain karena menggunakan balsam pengawet, dinding di dalam piramida tersebut disusun menggunkan batu granit yang memiliki efek magnetik yang cukup tinggi sehingga mampu menarik lebih banyak ion negatif di dalamnya.

Banyaknya kandungan ion negatif ini ternyata mampu menetralisir bakteri penghancur pada mayat raja-raja Mesir. Penjelasannya adalah karena manfaat ion negatif dapat menetralisir bakteri, virus, kuman yang bersifat positif, sehingga mereka tidak dapat berkembang untuk merusak tubuh mayat raja-raja Mesir.

Sedangan menurut A.P. Krueger seorang peneliti asal Jerman, hanya dengan menghirup ion negatif hal itu dapat menurunkan kandungan level serotonin dalam darah sehingga menimbulkan efek rileksasi dan pelebaran saluran napas.

Selain itu, ion negatif juga terbukti dapat meningkatkan fungsi silia (rambu-rambut halus yang ada di dalam saluran pernapasan) sehingga dapat melindungi paru-paru dari iritasi termasuk peradangan. Karena itulah, ion negatif dipercaya dapat menurunkan berbagai gangguan pernapasan seperti batuk, flu dan asma.

Penelitian Krueger itu diperkuat oleh penelitian profesor Tomoo Ryusi dari Tokyo Metropolitan University. Ia mengatakan manfaat ion negatif adalah mengubah asam laktat (penyebab nyeri otot) menjadi zat yang tidak berbahaya berbentuk air dan ion laktat dan dipercaya mampu membunuh bakteri E.Coli.

Sementara itu, ion positif cenderung berdampak negatif terhadap kesehatan. Ia dapat mendorong ketidakseimbangan kimiawi tubuh manusia sehingga dapat mengganggu kesehatan. Keracunan ion positif bahkan bisa memicu produksi hormon serotonin (zat kimia yang diproduksi oleh otak) berlebihan, zat ini dapat menimbulkan kecemasan, hiperaktif, dan masalah tidur.

Hal lain yang juga harus Anda ketahui adalah, beberapa penelitian mengungkapkan penyebab utama sindrom gedung sakit atau sick building syndrome (SBS) tidak ada hubungannya dengan pencemaran dan infeksi kuman, virus, jamur dan parasit, melainkan karena perbandingan antara jumlah ion negatif dan ion positif dalam udara yang tidak seimbang.

Secara normal udara yang sehat dan segar kandungan ion negatif dan ion positif yang ideal minimal adalah dengan perbandingan 5 positif dan 4 negatif. Penyebab SBS adalah akibat perbandingan ion negatif dan ion positif yang terbalik, sehingga terjadi keracunan ion positif. Bangunan rumah dan gedung yang sehat dan ideal antara tanah terbuka (tidak disemen atau aspal) dengan perbandingan 3:2.

Pada zaman sekarang, perumahan-perumahan modern dan bangunan-bangunan perkantoran sangat jauh dari ion negatif. Komputer, cahaya lampu, sistem ventilasi udara, dan bahan-bahan bangunan yang modern mengandung banyak sekali ion positif.

Di bawah ini adalah tingkat konsentrasi ion negatif pada lingkungan:

  • Air terjun= 95.000–450.000
  • Pegunungan & hutan sejuk= 50.000–100.000
  • Hamparan rumput hijau= 5.000–50.000
  • Perkotaan= 100–2.000
  • Ruangan perkantoran= 40–100
  • Ruangan ber-AC = 0–20

Ion negatif dibentuk oleh alam melalui kerja sama antara air, udara, sinar matahari, dan radiasi bumi. Ion negatif paling banyak ditemukan pada berbagai tempat alami, terutama di daerah yang berdekatan dengan air yang bergerak (sungai, laut, air terjun).

Menurut Asian Medical Journal, jumlah ion negatif dalam udara ( per 1 cc udara ) adalah sebagai-berikut :

  • 1.000 – 2.000: baik untuk kesehatan.
  • 5.000 – 50.000: meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh.
  • 100.000 – 500.000: membantu tubuh dalam penyembuhan sendiri.

Karena ion negatif adalah sekumpulan atom oksigen yang mengandung sebuah elektron ekstra. Ion negatif dapat membantu membersihkan udara rumah Anda dari berbagai alergen seperti debu, virus, serbuk sari, hingga bakeri.

Penggunaan Benda-Benda yang Mengandung Ion Negatif

Secara alamiah, ion negatif bisa didapatkan dengan mudah karena keberadaannya selalu ada lingkungan sekitar. Secara alamiah juga tubuh membutuhkan ion negatif untuk menjaga kadar serotonin.

Namun, karena tingginya tingkat polusi udara, hal itu bisa menyebabkan konsentrasi ion negatif di daerah perkotaan sangat sedikit. Guna mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan ioniser untuk meningkatkan ion negatif di lingkungan sekitar Anda.

Selain penggunaan ioniser, penggunaan benda yang mengandung ion negatif seperti gelang atau kalung yang banyak beredar, umumnya bekerja dengan cara memengaruhi ion-ion di dalam cairan tubuh.

Perlu diketahui, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan dan di dalamnya terkandung elektronik bermuatan listrik. Ion natrium dan kalium yang ada pada tubuh bermuatan listrik positif, sedangkan ion klorida dan fosfat bermuatan negatif.

Dengan menggunakan kalung dan gelang yang mengandung ion negatif, hal itu akan menyebabkan perubahan keseimbangan ion di dalam tubuh. Kondisi inilah yang dipercaya sebagai sesuatu yang baik untuk kesehatan. Perubahan ini akan membuat sel yang tidur menjadi ‘bangun’ layaknya orang yang berolahraga sehingga membuat tubuh lebih aktif.

Namun, perubahan ini hanya bersifat sementara karena tubuh akan kembali berusaha mencari keseimbangan baru. Berikut adalah manfaat ion negatif yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

  1. Ion negatif meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  2. Ion negatif memperbaiki sirkulasi darah & menguatkan sistem kerja jantung.
  3. Ion negatif memperbaiki kualitas tidur.
  4. Ion negatif melegakan sakit yang berhubungan alergi & pernapasan.
  5. Ion negatif sebagai antipolutan dan sterilisator.
  6. Ion negatif mengurangi stres dan kelelahan.
  7. Ion negatif dapat meningkatkan aliran oksigen ke otak, sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan energi dan mengurangi kantuk.
  8. Ion negatif juga dapat menghilangkan kuman di udara serta partikel penyebab iritasi udara, hingga dapat mengurangi gejala iritasi saluran napas.
  9. Ion negatif diperkirakan dapat mengurangi dan mengeliminasi alergen dari udara, namun penelitian belum menunjukkan hasil yang positif untuk hal ini.

Kesimpulannya, fungsi ion negatif ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari kuman, bakteri, dan virus. Manfaat ion negatif lainnya adalah akan meningkatkan sistem aliran darah, menurunkan stres, menjaga stamina tubuh dan yang utama membuat tubuh lebih rileks.