10 Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan

Doktersehat-manfaat-ikan-tuna

DokterSehat.Com – Ikan adalah bahan makanan yang memiliki protein tinggi dan kandungan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu ikan yang memiliki kedua zat penting itu adalah ikan tuna. Pada umumnya, ikan tuna bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti steak atau shusi.

Berikut adalah manfaat ikan tuna yang berguna bagi tubuh, antara lain:

  • Mencegah kanker

Kandungan ikan tuna adalah silenium dan vitamin E yang bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker di pankreas dan beberapa organ yang memiliki saluran pencernaan seperti kerongkongan, laring, lambung, dan usus besar. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan tuna juga bisa membantu mencegah kanker payudara dan menekan risiko tertular leukimia.

baca juga: 7 Manfaat Makan Ikan Saat Hamil

  • Menjaga kesehatan mata

Manfaat ikan tuna yang jarang diketahui orang adalah kemampuannya menyehatkan mata. Dengan mengonsumsi ikan tuna segar secara teratur bisa mencegah risiko katarak diusia 50 tahun.

Degenerasi makula ini bisa menurunkan fungsi penglihatan dan sering dialami orang yang berusia diatas 50 tahun. Pasalnya, ikan tuna memiliki asam lemak omega-3 yang dapat melawan proses awal yang membentuk seorang terkena katarak.

  • Menyusutkan lemak dalam tubuh

Manfaat ikan tuna juga berguna bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.  Mengonsumsi tiga ons ikan tuna bisa menurunkan 110 kalori tiap hari. Guna mengontrol berat badan, Anda bisa mengganti daging berlemak dengan ikan tuna.

Penggantian ikan tuna sebagai sumber utama protein bisa secara efektif mengontrol berat badan Anda. Secara tak langsung, asupan yang ada dalam ikan tuna bisa menghemat ratusan kalori.

  • Mencegah depresi setelah melahirkan

Kandungan ikan tuna yaitu asam dokosaheksaenoat (DHA) sangat baik terutama mencegah wanita mengalami depresi setelah melahirkan (postpartum depression). Hanya saja, konsumsi DHA tersebut disarankan diperoleh langsung dari makanan, bukan dari suplemen. Ikan laut merupakan salah satu sumber yang kaya kandungan DHA.

  • Detoksifikasi

Manfaat ikan tuna yang tidak disangka adalah kemampuannya membersihkan tubuh dari bakteri atau senyawa yang bisa mengakibatkan seseorang jatuh sakit. Kandungan ikan tuna yang dipercaya mampu melawan penyakit itu adalah selenium.

  • Melindungi kesehatan jantung

Khasiat ikan tuna yang bisa didapatkan adalah menekan risiko penyakit kardiovaskular. Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya membantu mengurangi pembekuan darah, mencegah serangan jantung, dan stroke. Selain itu, manfaat ikan tuna lainnya juga mencegah peradangan dan perubahan kolesterol menjadi plak yang menyumbat arteri.

  • Memperbaiki penampilan kulit dan rambut

Diet rendah lemak sering kali memengaruhi kondisi kesehatan kulit dan rambut yang tampak kering. Asam lemak omega-3 pada ikan tuna dapat membantu menjaga kulit dan rambut tetap tampak sehat. Penelitian menemukan adanya kemungkinan perbaikan kondisi kulit pada penderita psoriasis dengan mengonsumsi asam lemak tersebut.

  • Melindungi kesehatan otak

Mengonsumsi ikan tuna secara teratur bisa mencegah penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer. Hal ini bisa terjadi, karena asam lemak omega-3 dapat mencegah peradangan dan selalu mengedarkan darah ke otak.

  • Menguatkan jaringan tulang dan mengatur pelepasan gula

Ikan tuna adalah sumber protein yang kaya mineral khususnya magnesium, selenium, dan fosfor. Ikan tuna jenis bluefin, memiliki kandungan magnesium sebanyak 64 gram per 100 gram tuna. Sedangkan dalam 85 gram tuna mengandung 185-265 mg phosphor, tergantung jenis ikan tuna yang dikonsumsi.

Magnesium membantu menjaga kesehatan saraf, otot, menjaga detak jantung tetap stabil, membantu menguatkan jaringan tulang, dan juga membantu mengatur pelepasan gula darah.

Sedangkan selenium berfungsi membantu menghasilkan zat antioksidan dalam tubuh yang berperan dalam mencegah pembentukan radikal bebas.

baca juga: Pengaruh Ikan pada Meningkatnya Libido Pria

  • Menjaga stamina tubuh

Manfaat ikan tuna yang terakhir adalah menjaga stamina tubuh. Perlu diketahui, vitamin B6 yang didapatkan dari ikan tuna memiliki banyak fungsi di dalam tubuh, seperti membantu hasilkan hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein yang berfungsi menangkap dan membawa oksigen dalam darah ke seluruh jaringan tubuh yang memerlukan oksigen. Tanpa adanya oksigen yang cukup di setiap jaringan maka fungsi jaringan tersebut akan terus menurun dan menimbulkan tubuh terasa lemas atau mudah lelah.

Selain itu, vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk menjaga fungsi sel otak dan sel-sel dalam sistem saraf. Vitamin B6 juga akan membantu tubuh membuat hormon serotonin dan norepineprin.

Nah, itulah beberapa manfaat ikan tuna yang bisa diperoleh oleh tubuh. Selamat mencoba.