Terbit: 22 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Belakangan ini ikan dori tengah menjadi pembicaraan banyak orang karena manfaat ikan Dori yang begitu luar biasa. Ikan Dori adalah jenis ikan yang termasuk layak dikonsumsi karena rasanya yang lezat, seperti ikan lainnya, yakni tuna, salmon, bandeng, dan sebagainya. 

8 Manfaat Ikan Dori dan Kandungan Gizinya (No. 7 Jangan Dilewatkan!)

Apa Itu Ikan Dori?

Bagi penikmat film animasi, mungkin sudah tahu dengan jenis ikan yang ada dalam film Finding Dory. Ikan Dori adalah ikan laut pesisir, yang memiliki tubuh bulat, bersisik halus, tubuh berwarna biru dan garis hitam, sirip ekor berwarna kuning, dan duri panjang pada sirip punggung.

Ikan yang memiliki nama ilmiah Zeus faber ini memiliki segudang nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh, terutama untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Lantas, apa saja kandungan ikan Dori ? Apa saja khasiat ikan Dori? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kandungan Ikan Dori yang Menyehatkan

Ikan Dori adalah jenis makanan yang bisa dijadikan lauk dan memiliki gizi yang melimpah, sehingga ikan ini semakin digemari sebagai pilihan favorit yang menyehatkan. 

Berikut sejumlah kandungan ikan Dori yang menyehatkan tubuh:

  • Omega 3
  • Yodium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Taurin
  • Selenium
  • Flourida
  • DHA (docosahexaenoic acid)
  • EPA (eicosapentaenoic acid)

Omega 3 selalu terkandung dalam berbagai jenis ikan. Kandungan ini memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti manfaat omega 3 dalam bentuk minyak ikan yang membantu menyehatkan mata.

Baca Juga: Ketahui 15 Manfaat Ikan bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Dori Untuk Kesehatan

Ikan Dori merupakan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai hidangan dan makanan, mulai dari lauk hingga makanan ringan. Selain lezat, ikan ini memiliki banyak manfaat, yang paling terkenal adalah kandungan omega 3 yang membuat otak manusia cerdas. Selain itu, apa saja manfaat kesehatan dari ikan Dori?

Berikut sejumlah khasiat ikan dori yang bisa Anda dapatkan:

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Seperti yang sudah diketahui, banyak mengonsumsi ikan memang sangat baik bagi kemampuan otak. Sebab, ikan ini kaya akan zat besi dan omega 3 yang bisa membantu pertumbuhan sel-sel otak. Untuk itu, semakin rutin mengonsumsinya, reproduksi sel pun semakin membaik yang pada akhirnya dapat meningkatkan kecerdasan otak, terutama pada anak.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan DHA dan EPA tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan bayi, ada manfaat lainnya dari kedua kandungan tersebut, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

Manfaat ikan dori adalah berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, sama halnya dengan manfaat kesehatan dari minyak ikan krill.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Anda memiliki masalah kesehatan jantung? Tampaknya Anda perlu mengenali khasiat ikan Dori, terutama bagi jantung. Ikan tersebut dapat menyehatkan jantung Anda, berkat berbagai kandungan vitamin, mineral, dan juga protein di dalamnya.

Jadi, bagi siapa saja yang rajin mengonsumsi ikan Dori, kesehatan jantung pun akan terjaga, sehingga Anda bisa menikmati hidup dengan baik.

4. Menguatkan Otot

Bagi Anda yang merasa memiliki otot lemah dan mudah sekali pegal, ada baiknya sesering mungkin mengonsumsi ikan Dori. Sebab, ikan ini bisa memberikan kontribusi dalam menjaga sel serta jaringan otot. Selain itu, vitamin yang dikandungnya juga bisa mengembalikan otot yang sobek akibat latihan keras.

Ikan dori adalah salah satu ikan yang memiliki banyak manfaat luar biasa. Ikan Dori karena kandungan berbagai zat atau vitamin, untuk dapat berkontribusi pada manfaat otot, yaitu otot yang sehat.

Baca Juga: 10 Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan

5. Menjaga Kesehatan Mata

Selain baik untuk meningkatkan kekuatan otot, ternyata khasiat ikan Dori juga ampuh dalam menjaga kesehatan mata. Sebab, ikan yang naik daun ini memiliki kandungan vitamin A, mineral, dan protein, yang tentunya akan menjaga kesehatan mata dari dalam. 

  1. Menyehatkan Pencernaan

Kesehatan pencernaan dalam tubuh kita adalah salah satu hal terpenting yang harus kita jaga, karena ini sebagai penyerapan nutrisi untuk tubuh. Oleh karena itu, perlu mengonsumsi berbagai makanan yang dapat menjaga sistem pencernaan kita. Salah satu makanan yang memiliki manfaat yang dimaksud adalah ikan Dori.

Ikan ini mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya berfungsi sebagai sistem pencernaan yang sehat. Jika sistem pencernaan lancar, maka kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan tubuh yang ringan.

7. Meningkatkan Kecantikan Kulit

Manfaat ikan Dori yang satu ini pasti tidak ingin dilewatkan oleh para wanita, karena berkaitan dengan kecantikan kulit, yang mana dapat meningkatkan penampilan dan percaya diri. 

Mengonsumsi ikan ini secara rutin dipercaya bisa membuat kulit menjadi halus, segar, dan lebih lembap, sehingga terlihat lebih muda. Ini dikarenakan kandungan omega 3 untuk merangsang sel dan hormon yang akan menjaga kulit dari radiasi ataupun radikal bebas.

8. Mengurangi Peradangan

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak, omega 3 juga berfungsi mengurangi produksi partikel inflamasi dalam tubuh yang berpotensi merusak kulit. Tentu khasiatnya dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan pada tubuh Anda.

Bila merasa tidak enak badan atau badan terasa nyeri, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan ikan ini dalam menu makan harian.

Jenis Ikan Dori

Sebenarnya Dori memiliki beberapa jenis, di antaranya:

  • John Dory

Dori jenis ini memiliki nama lain: silver dory, mirror dory, royal dory, yang dianggap sebagai ikan paling favorit. Menurut legenda, ikan ini ditangkap oleh St. Peter.

John Dory memiliki tanda khusus pada tubuhnya dalam bentuk salib terbalik di dalam lingkaran. Tetapi tidak memiliki karakteristik mata besar menonjol dari jenis lainnya. Ia hidup terutama di sepanjang perairan selatan Australia.

  • Oreo Dory

Nama lainnya: smooth atau black oreo Dory, adalah salah satu ikan laut dalam lainnya. Ia juga berhabitat di perairan pantai Australia.

Biasanya ikan jenis ini diproduksi dengan bentuk fillet beku dalam jumlah besar yang diimpor dari Selandia Baru. Oreo Dory memiliki daging berwarna putih pekat dengan aroma ringan dan lembut.

Bagaimana Cara Mengolah Ikan Dori?

Ikan ini dapat direbus, dikukus, diasap, digoreng, dipanggang dan bahkan dimasak dalam slow cooker.

Ikan dori dapat dijadikan campuran salad, risotto, pasta, atau bahkan sebagai camilan sehat. Selain itu, cocok dipadukan dengan makanan laut lainnya, atau dengan campuran berbagai bumbu, seperti seledri sampai tomat. Kaldu dari ikan ini juga sangat kaya dan aromatik.

Dori sangat dihargai oleh para master masakan Italia dan Prancis. Sementara di Rusia, hidangan bernama sunflower fillet dengan saus dill atau bawang putih dengan kentang panggang menjadi santapan yang sangat populer.

Untuk menyesuaikan lidah orang Indonesia, mungkin Anda bisa mengkreasikan dengan berbagai bumbu khas Nusantara, seperti ikan bakar dabu-dabu, ikan bakar colo-colo, atau gulai ikan. Hmm…, terdengar lezat bukan?

 –

Nah , itu dia manfaat ikan Dori bagi kesehatan tubuh, kandungan nutrisi ikan, hingga rekomendasi olahan ikan. Selamat menikmati manfaatnya, Teman Sehat!

 

 

  1. Anonim. Dori fish – Benefits and Harms, Recipes with Photos. https://espressomio.ru/en/blyuda-iz-ryby/dory-fish-good-and-bad-dory-fish-benefit-and-harm-recipes-with-photos/. (Diakses 22 Januari 2020).
  2. Hilalarsa. 2018. 12 Incredible Health Benefits of Dory Fish for Body. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fish/health-benefits-of-dory-fish. (Diakses 22 Januari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi