Terbit: 28 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memasuki kehamilan trimester kedua atau ketiga, banyak ibu hamil yang mulai cemas menghadapi proses kelahiran. Salah satu yang ditakutkan adalah menghadapi rasa sakit saat proses persalinan. Pada sebagian ibu hamil, rasa sakit saat melahirkan dapat diatasi dengan metode hypnobirthing.

Manfaat Hypnobirthing, Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Hypnobirthing berasal dari kata “hypnos” dan “birthing“. Hypnobirthing dapat diartikan sebagai metode melahirkan dengan menghipnosis diri sendiri dengan teknik relaksasi tertentu. Metode hipnosis dipercaya dapat mengurangi ketakutan, kecemasan dan rasa sakit saat melahirkan.

Metode hypnobirthing didasarkan pada kekuatan sugesti. Ibu hamil banyak menggunakan rangsangan berupa musik, video, atau afirmasi kata-kata positif untuk menanamkan pikiran bahwa ia akan menjalani persalinan dengan tenang dan mudah. Selain itu pada kelas hypnobirthing umumnya akan diajarkan posisi tubuh saat persalinan dan kelahiran, teknik relaksasi dan pernapasan. Hipnosis bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan terapis, sesuai kebutuhan ibu hamil.

Beberapa manfaat melahirkan dengan hypnobirthing di antaranya memperlancar pasokan oksigen ke dalam tubuh, mengurangi stres dan ketakutan saat melahirkan, meningkatkan kesempatan bagi ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal dan memberikan kenyamanan dan relaksasi selama persalinan.

Manfaat lainnya dalam hypnobirthing antara lain adalah tidak bergantung pada obat-obatan apa pun seperti induksi persalinan atau pereda nyeri. Masa persalinan pun menjadi lebih pendek dan membantu pemulihan lebih cepat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Namun metode hypnobirthing bukannya tanpa kendala. Hypnobirthing sangat bergantung pada mentalitas seseorang, sehingga ada juga ibu hamil yang mengatakan bahwa proses hipnosis tidak berhasil.

Selain itu kelas hypnobirthing umumnya harus dilakukan bersama pasangan. Jika pasangan Anda berhalangan hadir, maka hal ini dapat mengganggu jadwal latihan hypnobirthing Anda. Pilihlah kelas hypnobirthing yang jadwalnya bisa Anda ikuti bersama pasangan. Sebaiknya konsultasikan juga dengan dokter kandungan jika Anda ingin melakukan persalinan dengan metode ini.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi