Terbit: 10 Desember 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada berbagai manfaat hula hoop untuk anak dan dewasa, terutama untuk menjaga kebugaran, kesehatan aerobik, dan keseimbangan tubuh. Ketahui apa saja khasiat hula hoop dan cara menggunakannya dalam pembahasan ini. 

12 Manfaat Hula Hoop bagi Tubuh, Efektif Mengecilkan Perut!

Manfaat Hula Hoop bagi Tubuh 

Hula hoop adalah permainan sekaligus jenis olahraga yang sudah terkenal sejak 60 tahun lalu. Kebanyakan anak-anak yang suka menggunakan hula hoop namun bermain hula hoop bisa juga menjadi jenis latihan yang menantang dan bermanfaat bagi kesehatan orang dewasa.

Berikut ini sekilas tentang manfaat hula hoop untuk diet dan kesehatan tubuh: 

1. Membakar Kalori 

Tahukah Anda bahwa bermain hula hoop sebanding dengan pembakaran kalori dengan latihan aerobik seperti dansa, salsa, atau belly dancing? Berdasarkan laporan, bermain hula hoop selama 30 menit dapat membakar kalori sebanyak 165 kalori pada wanita dan sekitar 200 kalori bagi pria. 

Nah, bila Anda sedang dalam program menurunkan berat badan, latihan hula hoop bisa menjadi salah satu opsi untuk cara membakar kalori yang mudah. Bermain hula hoop juga sangat menyenangkan jadi Anda akan selalu semangat berolahraga. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

2. Membakar Lemak Tubuh 

Menggunakan weighted hula hoop untuk olahraga secara rutin bisa membantu membakar lemak tubuh. Weighted hula hoop adalah jenis hula hoop yang lebih berat dan lebih besar sebagai salah satu alat fitnes untuk membakar lemak dan kalori yang efektif. 

Latihan hula hoop termasuk latihan pembakar kalori dan lemak terbaik setelah kickboxing dan boot camp. Menggunakan hula hoop dapat mengencangkan otot seluruh tubuh dan juga berefek baik bagi kebugaran seluruh tubuh.

3. Melatih Keseimbangan Tubuh 

Berdasarkan laporan dari American Council on Exercise, aktivitas fisik seperti hula hoop akan menjaga keseimbangan dan stabilitas tubuh. Bermain hula hoop membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik agar hula hoop tetap berputar di pinggan Anda. Gerakan memutar tersebut juga efektif untuk memperbaiki postur tubuh Anda, terutama membentuk area perut dan pinggul. 

4. Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Latihan kardiovaskular adalah jenis olahraga yang fokus untuk melatih jantung dan paru-paru, serta meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Contoh latihan kardiovaskular yang paling umum adalah bersepeda, lompat tali, lari, jogging, atau aerobik. Anda juga bisa bermain hula hoop sebagai alternatif latihan kardiovaskular. 

Manfaat latihan kardiovaskular untuk meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes dan stres. Latihan kardiovaskular secara rutin juga efektif untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. 

Baca Juga: 7 Olahraga Menurunkan Kolesterol (Mudah dan Efektif)

5. Melatih Otot Inti 

Manfaat hula hoop bagi tubuh dalam melatih otot inti. Menjaga keseimbangan gerakan atau putaran hula hoop membutuhkan kekuatan dan mobilitas otot inti yang berada di pinggul dan pinggang. Anda juga bisa menargetkan otot abs (perut), otot pinggul, dan otot obliques (perut samping) dengan latihan hula hoop secara teratur. 

6. Melatih Otot Bagian Bawah 

Selain fokus untuk melatih otot perut, pinggang, dan pinggul, menggunakan hula hoop juga dapat melatih otot-otot bagian bawah termasuk otot paha depan, paha belakang, betis, dan glutes. Pasalnya, Anda juga menggunakan otot bagian bawah untuk menjaga keseimbangan putaran hula hoop. Anda harus terus berjalan, bergerak, dan mengencangkan otot bagian bawah agar latihan tetap berjalan.

7. Mengontrol Kadar Kolesterol 

Latihan hula hoop termasuk dalam jenis aerobik yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi (kolesterol LDL). Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2019, sekelompok orang yang melakukan latihan hula hoop selama 6 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol LDL yang signifikan.

8. Mengurangi Lemak di Pinggang dan Pinggul 

Manfaat hula hoop untuk diet selanjutnya untuk mengurangi lemak di pinggang, pinggul, dan sekitar bagian perut. Berdasarkan sebuat studi pada tahun 2015, 13 wanita yang menggunakan hula hoop selama 6 minggu mengalami penurunan lemak di pinggang dan pinggul. 

Pinggang mereka lebih kecil beberapa sentimeter dari sebelumnya. Rata-rata wanita tersebut pinggangnya menjadi lebih kecil 3,4 cm dan pinggul jadi lebih kecil 1,4 cm. 

Berdasarkan studi kecil pada tahun 2015, hula hoop menjadi salah satu pilihan terbaik bila Anda ingin mengecilkan ukuran pinggang dan pinggul. Gerakan pada hula hoop akan membentuk pinggang Anda. 

9. Mengurangi Lemak Perut 

Secara keseluruhan, gerakan memutar hula hoop menargetkan pembakaran lemak di perut. Beberapa peneliti menyampaikan bahwa bermain hula hoop secara signifikan mengurangi sejumlah besar lemak di perut. Hasilnya mungkin akan lebih efektif bila Anda berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan sehat dalam jangka panjang. 

Baca Juga: 13 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan (Aman)

10. Mengatasi Stres 

Selain manfaat hula hoop bagi tubuh, bermain hula hoop juga baik untuk kesehatan mental. Tidak seperti olahraga lain, bermain hula hoop dapat menjadi alternatif hiburan yang menyenangkan untuk Anda. Anda juga bisa melakukannya sambil mendengarkan lagu up beat kesukaan Anda. 

Anda juga bisa berlatih bersama dengan teman-teman dan keluarga Anda. Walaupun bermain hula hoop terlihat agak sulit, namun latihan ini bisa sangat.

11. Meningkatkan Kesehatan Aerobik 

Latihan aerobik adalah semua jenis latihan untuk melatih pernapasan dan detak jantung. Hula hoop adalah salah satu jenis latihan kesehatan aerobik dengan manfaat sebagai berikut: 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
  • Meningkatkan fungsi otak. 
  • Melancarkan aliran darah. 
  • Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. 

12. Jenis Latihan yang Menyenangkan 

Manfaat hula hoop untuk anak untuk melatih mereka olahraga sejak kecil. Momen bermain hula hoop juga dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan anak sekaligus sangat menyehatkan. Latihan olahraga ini juga dapat meningkatkan suasana hati.

Itulah beberapa manfaat hula hoop untuk diet. Hula hoop juga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Semoga informasi ini bermanfaat! 

 

  1. Biswas, Charushila. 2019. Top 10 Hula Hoop Exercises And Their Benefits. https://www.stylecraze.com/articles/hula-hoop-exercises-and-their-benefits/. (Diakses pada 10 Desember 2020). 
  2. Laskowski, Edward R. M.D. 2020. Do weighted hula hoops provide a good workout, or are they just a gimmick?. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/expert-answers/weighted-hula-hoops/faq-20058073. (Diakses pada 10 Desember 2020). 
  3. Lindberg, Sara. 2019. Want a Fun Workout? 8 Reasons to Give Hula Hooping a Try. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/hula-hoop-benefits#1. (Diakses pada 10 Desember 2020). 
  4. Yetman, Daniel. 2020. 7 Reasons to Give a Weighted Hula Hoop a Whirl. https://www.healthline.com/health/weighted-hula-hoop. (Diakses pada 10 Desember 2020). 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi