15 Manfaat Hubungan Intim bagi Kesehatan (No. 9 Tak Disangka)

manfaat-hubungan-intim-doktersehat

DokterSehat.Com – Siapa yang tidak suka seks? Di samping fungsinya untuk menghasilkan keturunan, berhubungan intim jadi cara terbaik untuk menjaga keharmonisan rumah tangga Anda dan pasangan. Tak hanya itu, nikmatnya melakukan hubungan intim juga membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun psikis. Lantas, apa saja manfaat hubungan intim?

15 Manfaat Hubungan Intim bagi Kesehatan

Bercinta dengan pasangan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun psikis Anda jika dilakukan secara rutin. Berikut ini manfaat hubungan intim yang WAJIB Anda ketahui.

1. Menghambat Penuaan

Manfaat hubungan intim yang pertama adalah menghambat proses penuaan. Fakta ini disampaikan oleh dr. David Weeks, ahli psikologi dari Royal Edinburgh Hospital, Inggris. Menurutnya, pria maupun wanita yang rutin bercinta memiliki wajah yang terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

Efek wajah jadi awet muda ini disebut-sebut terkait dengan proses pelepasan endorfin dan hormon HGH sehabis berhubungan badan yang mana hal tersebut efektif memperbaiki kesehatan kulit, termasuk menghilangkan keriput dan mengencangkan kulit.

2. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Peneliti dari Oxford University, UK mengungkapkan bahwasanya hubungan seks berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi otak, tak terkecuali menjaga daya ingat. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa pada saat hubungan intim berlangsung, otak aktif memproduksi sel-sel baru dalam jumlah yang banyak.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wilkes University, Pennsylvania, AS menghasilkan fakta jika frekuensi hubungan badan 1-2 kali dalam seminggu efektif meningkatkan kualitas antibodi.

Hal ini lantas juga diamini oleh pakar seks dr. Yvone Fulbright, Ph.D yang mengatakan jika orang yang rutin melakukan hubungan intim lebih jarang sakit ketimbang mereka yang jarang melakukannya.

Kendati begitu, jangan serta merta hanya mengandalkan manfaat hubungan intim untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Imbangi juga dengan aktivitas sehat lainnya seperti olahraga dan rajin mengonsumsi makanan bergizi.

4. Membakar Kalori

Sama halnya seperti berolahraga, berhubungan seks adalah kegiatan yang dapat membakar kalori. Bahkan, menurut direktur medis di klinik The Rocking Chair, New Jersey, AS, dr. Naomi Greenbalt, hubungan intim mampu membakar 250 kalori.

Seks tentu saja menjadi cara sehat dan nikmat tiada dua untuk Anda membakar kalori. Bagaimana, manfat hubungan intim yang satu ini pastinya jadi kabar baik buat Anda yang mengidam-idamkan tubuh ideal, bukan?

5. Meredakan Nyeri pada Tubuh

Tubuh Anda sering mengalami nyeri? Selain mengonsumsi suplemen atau obat penghilang rasa nyeri, berhubungan intim ternyata juga bisa jadi solusi jitu untuk mengurangi nyeri, lho.

Manfaat hubungan intim untuk meredakan nyeri ini didapat karena pada saat Anda mengalami orgasme, aliran darah akan terstimulasi sehingga mampu mengurangi rasa nyeri, seperti nyeri pada saat menstruasi.

Ini diperkuat dengan pernyataan dari spesialis kandungan di Amerika Serikat, dr. Alyse Kelly-Jones, bahwa orgasme efektif dalam memperkokoh otot panggul karena aliran darah ke area tersebut lancar dan menyebabkan kram mereda.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Saat Anda dan pasangan mencapai klimaks alias orgasme, tubuh akan melepaskan hormon yang dinamakan prolaktin. Efek dari terlepasnya prolaktin ini adalah perasaan rileks dan kantuk. Anda berdua dijamin akan tidur dengan sangat nyenyak pasca bercinta.

7. Meningkatkan Gairah Seksual (Libido)

Gairah seksual yang mengalami peningkatan adalah manfaat hubungan intim lainnya yang bisa Anda rasakan. Sejumlah penelitian mengungkapkan jika frekuensi hubungan seksual 2 kali dalam seminggu dan konsisten mampu meningkatkan hasrat seksual, pun menambah volume cairan pelumas yang keluar dari vagina.

8. Mood Booster

Endorfin adalah senyawa kimia yang dikeluarkan tubuh saat sedang melakukan hubungan badan. Keluarnya endorfin dari dalam tubuh akan memengaruhi suasana hati Anda menjadi lebih baik. Segala kepenatan, emosi, dan perasaan negatif lainnya sekejap hilang saat endorfin ini dilepaskan.

Selain endorfin, ada juga hormon oksitosin atau dikenal sebagai ‘hormon cinta’ yang sama-sama memberikan efek menyenangkan dan mampu mempererat chemistry di antara Anda berdua. Hormon ini keluar saat tubuh menerima rangsangan seksual, seperti rangsangan pada puting susu dan beberapa bagian sensitif tubuh lainnya.

Sudah jelas bahwa bercinta adalah mood booster terbaik yang bisa Anda lakukan, bukan? Tubuh dan pikiran yang lelah sehabis pulang kantor atau aktivitas lainnya seketika sirna saat Anda dan pasangan memadu kasih di atas ranjang.

9. Mencegah Serangan Jantung

Sudah nikmat tiada dua, manfaat hubungan intim juga tidak main-main, lho. Ya, siapa sangka bahwa rutin melakukan hubungan badan dengan pasangan efektif dalam mencegah serangan jantung di kemudian hari.

Ini karena seks dapat mencegah terjadinya penumpukan zat homosistein. Sebagai informasi, homosistein yang menumpuk lama-kelamaan dapat menyebabkan pembekuan darah di area jantung. Darah yang membeku tersebut sudah pasti meningkatkan risiko serangan jantung secara tiba-tiba.

10. Mengatasi Stres

Stres yang memuncak tentu saja akan mengganggu kehidupan kita. Slah satu cara menghilangkan stres yang bisa Anda lakukan adalah dengan bercinta. Manfaat berhubungan intim untuk meredakan stres dikarenakan saat Anda tengah memadu kasih dengan pasangan tercinta, tubuh akan melepaskan dopamin dan endorfin yang memberikan efek lega, puas, dan bahagia tak terkira, terutama saat mencapai orgasme.

Berhubungan intim juga mampu meningkatkan suasana hati dan menurunkan kadar stres yang diterima tubuh melalui otak.

11. Meningkatkan Kesuburan

Khusus bagi Anda para pria, aktivitas seksual yang rutin bersama pasangan turut berperan dalam meningkatkan kualitas sperma, lho. Tak hanya itu, manfaat berhubungan intim juga untuk menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus haid pada wanita, yang mana hal ini juga baik untuk kesuburan.

12. Memperpanjang Usia

Sebuah studi yang dilakukan di negeri Kangguru, Australia menemukan fakta bahwa orang yang setidaknya mengalami orgasme 3 kali seminggu memiliki harapan hidup 50 persen lebih tinggi ketimbang mereka yang hanya orgasme sebanyak 1 kali dalam sebulan.

Ingin mendapatkan manfaat berhubungan intim untuk memperpanjang umur? Rajin-rajinlah berhubungan badan dengan pasangan Anda, ya!

13. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat hubungan intim juga bisa menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Skotlandia. Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwa pria dan wanita yang rutin melakukan hubungan seksual memiliki tekanan darah yang stabil dibandingkan mereka yang jarang berhubungan badan.

14. Memperkuat Tulang

Hubungan intim yang teratur dapat meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Dengan begitu, potensi penipisan tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis bisa diatasi.

Demikian pula dengan pria. Berhubungan badan efektif dalam meningkatkan hormon testosteron. Kadar hormon testosteron yang mencukupi tentu membuat tulang tidak rentan terhadap penyakit sepreti osteoporosis.

15. Menghindari Kanker Prostat

Sekali lagi untuk Anda para pria. Melakukan hubungan intim secara rutin memberikan manfaat jangka panjang yakni terhindar dari kanker prostat. Sebuah penelitian di Nottingham University menemukan fakta bahwa pria yang aktif berhubungan seks memiliki risiko terkena kanker prostat yang sangat kecil. Jangan sia-siakan manfaat seks yang satu ini, ya.

Manfaat hubungan Intim Banyak, Terapkan Seks Sehat dan Imbangi dengan Nutrisi

Manfaat bercinta secara intens ada banyak. Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan perilaku seks yang aman dan sehat. Selain itu, imbangi juga aktivitas seksual Anda tersebut dengan konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan jauhi kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol. Jadi, sudah siap bercinta dengan istri maupun suami Anda malam ini? Semoga menyenangkan!