Terbit: 29 September 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Beberapa manfaat honeycomb yang dipercaya seperti mencegah infeksi, meningkatkan sistem imun, menambah energi, dll. Ketahui apakah honeycomb aman dikonsumsi dan apa manfaatnya bagi kesehatan.

8 Manfaat Honeycomb bagi Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Apa Itu Honeycomb?

Honeycomb adalah sarang lebah madu yang berbentuk heksagonal. Sarang tersebut dibuat alami dari lilin lebah untuk menyimpan madu dan serbuk sari. Madu yang terdapat di sarang lebah mengandung bee pollen, propolis, dan royal jelly yang lebih banyak dan terkonsentrasi.

Honeycomb atau madu mentah bisa dimakan langsung namun madu ini berbeda dengan madu komersial yang dijual di pasaran karena tidak dipasteurisasi atau disaring. Madu mentah lebih bertekstur dan dapat dikunyah seperti permen karet. Beberapa pihak berpendapat bahwa honeycomb lebih Menyebarkan dari madu yang sudah diolah.

Kandungan Honeycomb

Honeycomb mengandung semua komponen lengkap madu yaitu bee pollen, propolis, dan royal jelly. Madu mentah juga kaya akan nutrisi dan vitamin lainnya, seperti:

  • Antioksidan
  • Glukosa oksidase
  • Sifat antibakteri
  • Sifat antimikroba
  • Efek penyembuh luka
  • Karbohidrat
  • Rendah kalori
  • Asam amino
  • Niacin
  • Riboflavin
  • Asam pantotenat
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Mangan
  • Kalium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin E

Sarang madu mentah mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang luar biasa. Ada banyak manfaat kesehatan dari madu mentah yang tidak diolah ini.

Manfaat Honeycomb bagi Kesehatan

Sekarang ini, banyak orang yang mengonsumsi honeycomb karena tren. Selain enak, ada banyak juga manfaat kesehatan dari sarang madu mentah ini.

1. Mencegah Infeksi

Honeycomb memiliki efek antibakteri dan antimikroba untuk mencegah infeksi. Sebuah penelitian pada tabung reaksi membuktikan bahwa beeswax (ekstra lilin) pada sarang madu mentah memiliki potensi untuk mencegah infeksi jamur Staphylococcus aureus, Candida albicans, Salmonella enterica, dan E. coli.

Honeycomb juga diperkirakan dapat melindungi usus dari parasit Giardia lamblia yang menyebabkan infeksi usus. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam sarang madu mentah juga dapat meningkatkan sistem imun untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Baca Juga: 23 Manfaat Madu, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker!

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat honeycomb selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian, beeswax (ekstra lilin) mengandung asam lemak rantai panjang yang dapat membantu menurunkan hingga 29% kadar kolesterol jahat (LDL) yang memicu penyakit jantung.

Honeycomb juga mengandung antioksidan untuk melancarkan aliran darah sehingga mengurangi risiko pembekuan darah jangka panjang yang memicu penyakit jantung dan stroke. Selain itu, menganti alternatif gula dengan madu dapat membantu menurunkan kadar trigliserida hingga 19% yang kemudian dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Alternatif Gula untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus mengontrol asupan gula setiap hari untuk agar gula darah tidak melonjak. Mereka tidak boleh makan makanan manis namun honeycomb dinilai bisa menjadi alternatif gula yang lebih baik dan aman untuk penderita diabetes.

Sarang madu mentah juga memiliki rasa yang lebih manis dari gula tebu biasa namun lebih menyehatkan. Konsumsi honeycomb juga meningkatkan gula darah tidak sebanyak gula rafinasi. Walaupun demikian, tetap perhatikan kadar gula darah dan insulin Anda sebelum mencoba honeycomb.

4. Menjaga Kesehatan Liver

Sebuah penelitian menyampaikan hasil studi dalam 24 minggu terkait hubungan honeycomb dan kesehatan liver, hasilnya kelompok yang diberi honeycomb mengalami penurunan gejala nyeri perut, kembung, dan mual. Fungsi liver juga meningkat hingga 28%. Walaupun demikian, tidak diketahui dosis honeycomb yang dibutuhkan. Penelitian lebih spesifik pada manusia juga masih dibutuhkan untuk mengetahui manfaat honeycomb lebih lanjut.

5. Meredakan Batuk

Banyak obat batuk yang mengandung madu, bukan hanya penambah rasa manis alami namun juga kandungan vitamin C dan antioksidan. Beberapa penelitian bahkan menunjukan bila madu memiliki potensi yang sama atau bahkan lebih ampuh dari obat batuk bebas dalam mengatasi batuk khususnya untuk anak-anak.

Cara mengatasi batuk secara alami adalah dengan satu teh sendok madu mentah dan susu. Jangan minum atau makan apapun setelah minum madu tersebut, biarkan madu melapisi tenggorokan Anda dari dahak. Sarang madu mentah dapat mengurangi keparahan dan frekuensi batuk di malam hari.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat honeycomb selanjutnya adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Sarang madu mentah kaya akan vitamin C dan antioksidan jenis polifenol untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel. Kandungan nektar bunga dan probiotik dari royal jelly yang berasal dari sarang madu mentah juga dapat meningkatkan imunitas secara alami dan efektif.

7. Mengatasi Diare

Sebuah penelitian pernah dilakukan pada 150 anak yang menderita gastroenteritis akut (infeksi usus dengan gejala diare, muntah, dan demam), anak-anak yang diberi sarang madu mentah dengan rehidrasi oral mengalami gejala diare yang membaik. Bila mengalami gejala diare ringan, Anda dapat makan sarang madu mentah namun jangan terlalu banyak karena kelebihan gula malah akan memperburuk gejala diare dan sakit perut.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Honeycomb mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel. Kekuatan senyawa antioksidan juga dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Sarang madu mentah juga memiliki efek antiinflamasi untuk membantu menjaga bagian otak bernama hipokampus, berfungsi untuk menjaga memori otak.

Baca Juga: 10 Manfaat Madu Manuka bagi Kesehatan (Lengkap)

Cara Mengonsumsi Honeycomb

Anda dapat membeli sarang madu mentah di toko makanan sehat, supermarket, atau pasar. Pilih honeycomb dengan warna madu lebih gelap karena itu berarti lebih kaya akan vitamin dan antioksidan. Simpan honeycomb dalam suhu ruangan. Semakin lama disimpan akan semakin membentuk tekstur kristal.

Anda dapat konsumsi sarang madu mentah secara langsung atau dijadikan pendamping makanan lainnya. Biasanya, orang juga suka menambahkan madu mentah di atas oatmeal, yogurt, salad, jus, atau buah-buahan.

Peringatan dan Efek Samping Honeycomb

Anda sudah mengetahui beberapa manfaat honeycomb bagi kesehatan, namun ada beberapa efek samping dan peringatan yang harus diperhatikan. Honeycomb atau sarang madu mentah aman dikonsumsi langsung, namun ada risiko paparan spora C. botulinum karena tidak dipetruasi.

Konsumsi honeycomb terlalu banyak akan menyebabkan sakit perut. Anda juga berhati-hati akan risiko alergi racun lebah atau serbuk sari. Honeycomb juga mengandung rasa manis walaupun tidak sebahaya gula rafinasi. Sebaiknya, konsumsi sewajarnya saja agar mendapat manfaat kesehatan tanpa efek samping.  

  1. Berry, Jennifer. 2019. What are the health benefits of raw honey?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324997. (Diakses pada 29 September 2020). 
  2. Pass The Honey. 2020. 10 BENEFITS OF EATING RAW HONEYCOMB. https://passthehoney.com/blogs/the-buzz/10-benefits-of-eating-raw-honeycomb. (Diakses pada 29 September 2020). 
  3. Petre, Alina, MS, RD (NL). 2019. Can You Eat Honeycomb? Benefits, Uses, and Dangers. https://www.healthline.com/nutrition/raw-honeycomb. (Diakses pada 29 September 2020). 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi