Terbit: 5 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Di Indonesia, rumput laut biasa dikonsumsi dalam bentuk campuran minuman atau dijadikan rumput laut kering yang sering kita konsumsi di makanan khas Asia Timur. Kita juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk agar-agar. Di balik rasanya yang nikmat, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika sering mengonsumsinya.

7 Manfaat Tak Terduga Hobi Makan Rumput Laut

Manfaat Tak Terduga dari Rumput Laut

Sebagaimana sayuran pada umumnya, rumput laut bisa memberikan banyak manfaat kesehatan karena memiliki nutrisi yang tinggi. Kadar kalorinya juga cenderung sangat rendah sehingga sering dijadikan makanan untuk diet.

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan jika sering makan rumput laut.

  1. Menjaga Berat Badan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, rumput laut sangatlah cocok untuk dikonsumsi mereka yang sedang dalam program diet, baik itu untuk menurunkan berat badan atau menjaganya tetap dalam angka yang ideal. Tak hanya karena rendah kalori, pakar kesehatan menyebut hal ini disebabkan oleh adanya fucoxanthin di dalamnya. Senyawa ini bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh dengan signifikan.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan serat alami di dalam rumput laut bernama alginate bisa mencegah penyerapan lemak di dalam usus hingga 75 persen sehingga bisa membantu menjaga berat badan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Baik bagi Proses Penyembuhan Luka

Rumput laut tinggi kandungan vitamin K yang baik bagi proses penyembuhan luka. Jika kita sedang terluka, sangat disarankan untuk mengonsumsinya agar lebih cepat sembuh.

Sebagai informasi, vitamin K bisa membuat trombosit melakukan tugasnya dalam membekukan darah di area yang terluka dengan lebih baik. Hal ini bisa mencegah terjadinya luka terbuka dimasuki bakteri penyebab infeksi sekaligus memberikan kesempatan bagi jaringan kulit agar segera memulihkan gigi.

  1. Baik bagi Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium di dalam rumput laut sangatlah tinggi. Sebagai contoh, rumput laut berjenis wakame ternyata memiliki kandungan 60 mg kalsium per porsinya. Jumlah ini sudah bisa mendukung kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Tak hanya itu, kandungan ini juga bisa meningaktkan fungsi sistem saraf dengan signifikan.

Jika kita mengalami alergi dengan susu sapi, konsumsi rumput laut dianggap bisa menggantikan asupan kalsium dari susu.

  1. Bisa Menyediakan Energi bagi Tubuh

Kandungan zat besi di dalam rumput laut sangatlah tinggi. Hal ini bisa mendukung penyediaan energi di dalam tubuh sekaligus mencegah datangnya anemia. Pakar kesehatan bahkan menyarankan penderita penyakit ini untuk rutin makan rumput laut yang memiliki 0,8 hingga 1,1 mg zat besi di setiap porsinya.

  1. Baik bagi Orang yang Menderita Diabetes atau Kolesterol Tinggi

Kandungan asam lemak omega 3 di dalam rumput laut sangat tinggi. Kandungan ini bisa memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah sekaligus menurunkan kolesterol jahat, penyebab utama berbagai jenis penyakit kardiovaskular dan komplikasi diabetes.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Meski masih menjadi perdebatan para ahli, ada penelitian yang menyebut risiko terkena kanker payudara semakin menurun jika kita rutin mengonsumsi rumput laut. Hal ini diduga akibat dari kemampuan nutrisi di dalam makanan sehat ini dalam mempengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin B12, vitamin B6, vitamin C dan berbagai macam mineral di dalam rumput laut yang bersifat antioksidan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan paparan buruk radikal bebas berbagai macam penyebab penyakit.

 

Sumber:

  1. Tremblay, Sylvie. 2018 What Are the Health Benefits of Eating Seaweed?. https://healthyeating.sfgate.com/health-benefits-eating-seaweed-6373.html. (Diakses pada 5 Januari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi