8 Manfaat Hobi Makan Pedas (No. 4 Tak Terduga)

pedas-doktersehat
Photo Source: Flickr/mstudioproduction

DokterSehat.Com– Masyarakat Indonesia dikenal luas sebagai penyuka makanan pedas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya varian sambal yang berasal dari berbagai penjuru Tanah Air. Tak hanya membuat sesi makan terasa lebih mantap, makanan pedas ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Apa sajakah manfaat sehat yang akan kita dapatkan jika sering mengonsumsinya?

Manfaat hobi makan pedas bagi kesehatan

Cabai, bahan utama yang membuat rasa masakan menjadi pedas ternyata telah dikenal luas sebagai obat anti peradangan selama berabad-abad. Selain itu, kandungan capsaisin di dalamnya juga telah terbukti mampu memberikan banyak sekali khasiat.

Berikut adalah berbagai khasiat yang bisa didapatkan jika kita hobi makan pedas.

  1. Menjaga berat badan tetap ideal

Kandungan capsaicin di dalam cabai ternyata bisa mempengaruhi sistem metabolisme tubuh, tepatnya dalam hal membuat lajunya menjadi lebih cepat. Hal ini ternyata berpengaruh besar pada proses pembakaran kalori yang lebih baik. Selain itu, capsaicin bisa membuat suhu tubuh menghangat dan meningkatkan denyut jantung. Hal ini juga akan berimbas pada semakin lancarnya sirkulasi darah dan membuat organ kardiovaskular menjadi semakin sehat.

  1. Baik bagi kesehatan jantung

Capsaicin ternyata juga bisa membuat jantung terjaga kondisinya. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mencegah penggumpalan atau pembekuan darah. Selain itu, kandungan ini juga bisa mencegah dampak buruk dari kolesterol jahat yang bisa merusak pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh adanya sifat anti peradangan yang mampu mencegah datangnya penyakit jantung.

  1. Baik bagi sirkulasi darah

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, capsaicin mampu membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hal ini bisa membuat risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi menurun dengan signifikan. Selain itu, kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam cabai yang tinggi mampu membuat pembuluh darah menjadi semakin kuat dan sehat.

  1. Memiliki sifat anti kanker

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa capsicin mampu menghambat perkembangan sel kanker dengan efektif. Hal ini berarti, rutin makan pedas bisa menurunkan risiko kanker dengan signifikan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya oleh American Cancer Society dan melibatkan lebih dari 228 ribu penderita kanker paru pada 2019 juga membuktikan bahwa capsaicin mampu menghentikan perkembangan kanker paru dengan efektif.

  1. Meningkatkan fungsi saluran pencernaan

Sirkulasi darah yang semakin lancar, termasuk di bagian organ pencernaan ternyata akan membuat lapisan mucus pada organ-organ ini menjadi semakin kuat. Kandungan capsaicin di dalamnya juga mampu membunuh berbagai bakteri penyebab gangguan pencernaan seperti H.pylori. Hal ini akan membuat fungsi saluran pencernaan semakin membaik.

  1. Membuat tidur lebih nyenyak

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menyebut kebiasaan makan pedas ternyata bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Badan pun akan terasa jauh lebih bugar akibat hal ini.

  1. Baik bagi saluran pernapasan

Makanan pedas bisa memberikan efek layaknya espektoran yang membuka saluran pernapasan. Hal ini tentu sangat baik bagi mereka yang menderita sinusitis atau asma. Selain itu, capsaicin juga bisa membuat tubuh berkeringat dan akhirnya meringankan gejala flu atau pilek yang sangat mengganggu.

  1. Baik bagi suasana hati

Kandungan di dalam cabai merah ternyata bisa merangsang produksi hormon endorphin dan serotonin, hormon yang bisa membantu membuat tubuh lebih nyaman, tenang, sekaligus mengatasi berbagai rasa nyeri. Hal ini akan berimbas pada suasana hati yang lebih baik sekaligus mencegah datangnya stres atau depresi.