7 Manfaat Hidup Sehat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

DokterSehat.Com – Setiap orang tentunya ingin menjalani kehidupan yang sehat. Sayangnya keinginan tersebut terkadang tidak dibarengi dengan usaha untuk mewujudkannya. Agar lebih semangat mewujudkannya, simak manfaat hidup sehat berikut ini!

Manfaat Hidup Sehat

Setiap orang tentunya disarankan untuk dapat menjalani pola hidup sehat. Mengapa pola hidup sehat menjadi hal yang sangat penting? Ternyata, ini dia manfaat hidup sehat yang bisa Anda dapatkan jika konsisten menjalaninya!

1. Menjaga stamina

Pernahkan Anda merasa mudah lelah ketika sedang menjalani aktivitas sehari-hari? Hal ini mungkin menandakan bahwa Anda memiliki stamina yang kurang baik. Salah satu manfaat hidup sehat adalah stamina tubuh yang dapat tepat terjaga. Mengonsumsi makanan bergizi dengan pola makan yang baik terbukti dapat meningkatkan stamina seseorang.

Selain itu, latihan atau olahraga secara rutin akan cenderung membuat seseorang menjadi tidak mudah lelah saat harus menjalani banyak aktivitas dalam kesehariannya. Semakin jarang berolahraga, umumnya seseorang dapat menjadi lebih mudah lelah.

2. Menjaga berat tubuh ideal

Mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan juga merupakan salah satu manfaat gaya hidup sehat. Menjaga berat tubuh ideal tidak hanya penting untuk penampilan saja, tapi juga untuk kesehatan. Seseorang yang memiliki berat tubuh ideal biasanya tidak mudah terserang penyakit dibandingkan dengan yang mengalami obesitas.

Selain tidak mengalami kelebihan berat badan, seseorang juga tentunya tidak seharunya mengalami kekurangan berat badan. Sama halnya seperti seseorang yang mengalami obesitas, kekurangan berat badan juga membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

3. Terhindar berbagai penyakit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gaya hidup sehat bisa membawa kita pada berat tubuh ideal yang tidak rentan terhadap penyakit. Terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, osteoporosis, dan banyak penyakit lainnya merupakan manfaat hidup sehat dan bersih untuk jangka panjang.

Selain sebagai pencegahan jangka panjang, gaya hidup sehat juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Jika sistem imun terjaga, maka tubuh dapat terlindungi dari berbagai patogen yang dapat menyerangnya. Gaya hidup sehat juga sangat dibutuhkan untuk proses penyembuhan jika kita terserang berbagai penyakit.

4. Mencegah cedera

Cedera dapat terjadi ketika kita melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Selain karena tubuh menjadi tidak rentan, pola hidup sehat juga mengharuskan Anda lebih berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas. Contohnya seperti menerapkan cara duduk yang baik, menggunakan peralatan yang aman ketika berolahraga, atau sekedar memerhatikan cara mengangkat beban yang baik.

Ya, hal kecil seperti itu juga merupakan bagian dari pola hidup yang sehat yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk keselamatan dan kesehatan tubuh Anda.

5. Baik untuk kesehatan mental

Selain memilki banyak manfaat untuk fisik, terdapat juga manfaat hidup sehat untuk kesehatan mental. Gaya hidup sehat dapat memperbaiki sauna hati seseorang dan menghindarkannya dari depresi, serta meningkatkan memori di otak. Gaya hidup sehat mengharuskan kita untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang tentunya baik untuk kesehatan fisik dan mental kita.

Selain itu, olahraga secar rutin juga sangat baik untuk meningkatkan mood. Ketika berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa memicu perasaan senang dan bahagia.

6. Mengajarkan hidup sehat untuk generasi selanjutnya

Manfaat hidup sehat selanjutnya adalah untuk mengajarkan pola hidup sehat kepada generasi selanjutnya. Suatu generasi akan cenderung mengikuti pola hidup generasi sebelumnya. Jika orang tua tidak menerapkan pola hidup sehat, maka akan sangat kecil kemungkinan anak cucunya dapat menerapkan pola hidup sehat.

Mengajarkan gaya hidup sehat pada anak sangatlah penting karena manfaat hidup sehat tidak hanya disarakan dalam jangka pendek tetapi juga jangan panjang. Jika tidak menerapkan pola hidup sehat di usia muda, Anda mungkin akan menyesal di kemudian hari.

7. Panjang umur

Panjang umur juga merupakan manfaat hidup sehat yang tidak boleh dilewatkan. Gaya hidup sehat dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit berbahaya yang sangat berpotensi menjadi penyebab kematian. Maka dai itu, harapan hidup orang yang menerapkan pola hidup sehat dapat lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menerapkannya.

Cara Menjalani Hidup Sehat

Bagaimana cara mendapatkan manfaat gaya hidup sehat? Caranya tentu saja dengan menerapkannya mulai saat ini juga. Tidak ada alasan untuk menunda hidup sehat jika Anda menyayangi diri Anda. Lalu, bagaimana cara menerapkan hidup sehat? Sebelumnya sudah disinggung tentang pola makan sehat dan olahraga rutin sebagai wujud dari pola hidup sehat. Berikut adalah penjelasan selengkapnya tentang cara menjalani gaya hidup sehat!

1. Menjaga pola makan

Pola makan yang sehat tidak hanya memerhatikan apa saja yang Anda makan, tapi juga jumlah serta cara pengolahannya. Makanan yang baik untuk tubuh adalah makanan dengan gizi dan jumlah kalori yang seimbang setiap harinya. Makanan seperti junk food, tinggi lemak jahat, dan tinggu gula juga sebaiknya dihindari.

2. Olahraga rutin

Olahraga harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan. Idealnya olahraga dilakukan selama 30 menit per hari dan dilakukan selama 5 hari dalam seminggu. Jenis olahraga yang dilakukan dapat menyesuaikan dengan kemampuan tubuh setiap individu.

3. Menjaga kebersihan

Jika ingin mendapatkan manfaat hidup sehat dan bersih, maka kita harus dapat menjaga kebersihan dengan baik. Menjaga kebersihan bukan hanya dengan cara rajin membersihkan diri atau menjaga kebersihan benda yang kita gunakan, tapi juga dengan menjaga kebersihan lingkungan kita.

4. Tidur cukup

Tidur yang cukup juga merupakan kunci dari hidup yang sehat. Kebiasaan begadang atau bahkan tidur terlalu lama akan memberikan reaksi negatif pada tubuh. Waktu ideal untuk tidur bagi orang dewasa adalah sekitar 6-8 jam.