Ini 3 Manfaat Minyak Almond, Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

Manfaat-minyak-almond-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/HealthAlicousNett - HealthAliciousNess.com

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mencoba mengonsumsi minyak almond? Meskipun tidak setenar minyak nabati lainnya, namun ternyata manfaat minyak almond juga tak kalah super, lho!

Almond sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein nabati dan fitonutrien yang tinggi menjadikan minyak almond sebagai salah satu produk olahan nabati yang patut dipertimbangkan.

doktersehat-kacang-almond-diet

Kandungan gizi utama minyak almond

Manfaat minyak almond terkenal dalam berbagai bidang, mulai dari kesehatan, berat badan hingga kecantikan.

Khasiat minyak almond ini tak bisa lepas dari berbagai kandungan gizi utama pada minyak almond, yaitu:

1. Tinggi kandungan lemak baik

Sebagai sumber lemak, kandungan lemak tak jenuh pada minyak almond termasuk berada pada angka yang cukup tinggi lho. Dalam 2-3 sendok makan minyak almond terdapat 9,4 gram lemak baik atau setara dengan 70% kandungan lemak baik.

2. Sumber vitamin E yang tinggi

Vitamin E pada 2-3 sendok minyak almond mampu memenuhi 26% kebutuhan vitamin E harian. Angka ini tentu termasuk cukup tinggi dan membuat minyak almond dilirik untuk berbagai produk kecantikan kulit dan rambut.

doktersehat-kebaikan-almond

3. Kaya akan fitoestrol

Fitoesterol pada minyak almond adalah sebesar 35,9 miligram, kandungan fitoesterol pada produk minyak baik untuk mendukung kesehatan tubuh secara umum karena membuat asupan lemak dalam tubuh lebih padat akan zat yang bermanfaat.

Manfaat Minyak Almond untuk Kesehatan

Nah, kombinasi ketiga kandungan minyak almond di atas akan memberikan manfaat pada tubuh berupa menormalkan kadar dalam darah hingga menurunkan berat badan.

Untuk lebih jelasnya, ini dia beberapa khasiat minyak almond untuk tubuh:

1. Mengontrol kadar lemak dan gula dalam darah

Manfaat minyak almond yang utama bila dikonsumsi secara rutin adalah dapat mengontrol kadar gula dan lemak dalam darah. Hal ini dapat terjadi karena minyak almond memiliki kandungan lemak baik yang tinggi.

Asupan lemak baik yang tinggi akan membuat kadar kolesterol baik atau HDL, dalam darah menjadi semakin meningkat. Lebih lanjut, kondisi ini akan sangat baik untuk tubuh karena mampu memberikan manfaat berupa pencegahan terjadinya penyakit jantung.

doktersehat-kolesterol-jantung-saluran

Sedangkan khasiat minyak almond dalam mengontrol gula darah, juga tak lepas dari kandungan lemak baik yang tinggi pada minyak almond.

Penggunaan minyak almond sebagai bagian dari konsumsi sehari-hari terbukti membuat gula darah lebih terjaga. Hal ini membuat minyak almond bisa menjadi pilihan yang baik sebagai minyak pilihan untuk mencegah diabetes dan mengontrol kadar gula pada penderita diabetes.

2. Menurunkan berat badan

Wah, manfaat minyak almond yang satu ini tentu membuat banyak orang tertarik, ya. Jika Anda sedang bingung mencari jenis minyak apa yang tepat untuk diet, maka minyak almond adalah jawabannya.

Penggunaan minyak almond sebagai minyak harian akan memberikan manfaat berupa peningkatan rasa kenyang. Hal ini tentu sangat baik untuk diet karena nafsu makan bisa ditekan dan pola makan selama diet bisa lebih kita atur.

3. Mencegah kanker

Khasiat minyak almond unggul dalam pencegahan kanker karena kandungan fitoesterolnya yang tinggi. Kandungan antioksidan dari vitamin E yang juga tinggi pada minyak almond membuatnya semakin ampuh dalam menjalankan fungsi pencegahan penyakit kanker.

Kombinasi kandungan fitoesterol dan antioksidan yang tinggi ini membuat tubuh mampu melawan dan menekan kandungan radikal bebas sebagai salah satu penyebab utama kanker.

Nah, itu dia manfaat dari konsumsi minyak almond. Bagaimana, tertarikkah Anda untuk menggunakan minyak almond sebagai konsumsi minyak harian?