10 Manfaat Makan Keju Tiap Hari, No. 9 Bikin Wanita Tergiur!

keju-doktersehat_145092925

DokterSehat.Com– Sebagian besar orang menganggap bahwa keju adalah makanan nikmat yang cocok digunakan untuk berbagai jenis makanan, namun tak jarang pula ada yang menganggap bahwa keju adalah makanan yang cenderung tinggi lemak, sehingga dihindari para pelaku diet. Padahal manfaat keju sangat bagus.

Manfaat makan keju secara rutin akan sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda, lho! Sebelum tahu manfaatnya, yuk simak apa saja kandungan dalam beberapa jenis keju yang sering kita temui.

Kandungan Keju

Manfaat makan keju kerap dilupakan karena keju seakan sudah khas dengan rasanya yang gurih dan nikmat saat dikonsumsi. Seperti yang kita tahu, keju adalah makanan olahan dari susu, yang menjadi alternatif sumber protein hewani yang cukup praktis dikonsumsi.

Berbagai jenis keju, mulai dari keju cheddar hingga mozarella yang memiliki cita rasa dan terkstur yang berbeda, yang membuat keju semakin digemari.

Meskipun terdapat berbagai jenis keju, kandungan gizi yang ada pada keju sebagian besar adalah sama, yaitu protein, kalsium, dan mineral lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan nutrisi keju sangat bervariasi dari beberapa jenis keju.

1. Keju cheddar (1 ons)

  • 120 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 10 gram lemak
  • 7 gram Protein
  • 200 mg kalsium
  • 190 mg natrium

2. Mozzarella (1 ons)

  • 85 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 6 gram lemak
  • 6 gram protein
  • 143 mg kalsium
  • 138 mg natrium

3. Brie (1 ounce)

  • 100 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 9 gram lemak
  • 5 gram protein
  • 150 mg kalsium
  • 170 mg natrium

Catatan: Satu ons keju seukuran kubus 1 inci. Semua keju di atas adalah versi full-fat.

Manfaat Makan Keju bagi Tubuh

Untuk tahu lebih jelasnya, yuk sama-sama kita simak, apa saja sih manfaat rutin mengonsumsi keju? Berikut manfaat makan keju yang bisa Anda dapatkan:

1. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Dibandingkan jenis lemak trans pada makanan kemasan, lemak jenuh alami dari bahan makanan, termasuk yang ada pada keju sebagai olahan susu, merupakan lemak yang lebih memberikan manfaat untuk tubuh.

Lemak jenuh alami akan cenderung memberikan manfaat berupa peningkatan kadar kolesterol baik dalam tubuh, ketimbang lemak trans yang justru akan menurunkan kadar lemak baik dalam tubuh.

Manfaat makan keju tiap hari secara rutin dalam porsi yang tepat akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ini dibuktikan pula oleh penelitian yang melibatkan lebih dari 130 orang dewasa yang mengonsumsi keju selama lebih dari 10 minggu, hasilnya, konsumsi keju tidak serta merta menyebabkan tubuh mengalami kenaikan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kandungan lemak jenuh pada keju juga dinilai sehat untuk memenuhi kebutuhan lemak harian pada anak-anak.

2. Membantu kontrol hormon insulin dalam tubuh

Manfaat keju terbukti dapat mengontrol kadar hormon insulin lebih baik, karena kandungan lemak yang terbentuk pada proses fermentasi keju, yaitu trans palmitoleic acid. Hal ini tentu sangat bermanfaat mengingat hormon insulin merupakan hormon yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Jika hormon insulin lebih terkontrol, maka resistensi insulin, mampu ditekan lebih baik sehingga risiko terjadinya diabetes bisa dikurangi.

Kondisi ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health yang menyebutkan bahwa keju sebagai bahan makanan olahan dari susu, yang memiliki substansi alami pembentuk asam lemak yang jitu mengontrol kadar hormon insulin dalam tubuh.

3. Baik untuk kesehatan gigi

Sama seperti susu, manfaat keju bagi tubuh dapat membantu menyehatkan tulang dan gigi, berkat kandunga gizi dalam keju. Akan tetapi, rutin makan keju telah terbukti mampu melindungi gigi dari kerusakan lebih baik. Hal ini disebabkan keju memiliki kandungan yang bersifat antikariogenik, yang akan efektif mencegah terjadinya gigi berlubang.

Sifat inilah yang mampu menekan terjadinya gigi berlubang. Jadi, manfaat keju tentu sangat penting untuk kesehatan gigi.

4. Mencegah kanker

Salah satu khasiat keju yang jarang diketahui adalah dapat mencegah kanker. Keju mengandung asam linoleat terkonjugasi dan Sphingolipid yang memainkan fungsi sangat penting dalam pencegahan kanker. Keju juga mengandung Vitamin B yang menjaga fungsi tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

5. Menjaga berat badan seimbang

Keju memiliki banyak lemak alami yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Beberapa keju memiliki kandungan rendah lemak yang berguna untuk menjaga berat badan Anda seimbang. Manfaat makan keju juga membantu menambah berat badan, berat otot, dan kepadatan tulang. Keju mengandung lemak, kalsium, protein, vitamin dan mineral yang membuat otot dan tulang kuat bersama dengan metabolisme yang seimbang.

6. Menguatkan tulang

Keju adalah sumber kalsium dan Vitamin B yang sangat kaya. Oleh karena itu, sangat baik untuk kesehatan tulang orang tua, anak-anak dan ibu hamil dan menyusui untuk memperkuat tulang. Vitamin B yang ditemukan dalam

Manfaat keju dapat menyerap dan mendistribusikan kalsium dalam tubuh berkat vitamin B yang ditemukan dalam keju.

7. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis biasanya disebabkan karena kekurangan kalsium. Keju adalah cara alami terbaik untuk meningkatkan kesehatan tulang untuk mencegah osteoporosis. Keju mengandung protein, kalsium, dan asupan vitamin dan mineral yang tinggi yang dapat mengobati osteoporosis.

8. Tekanan darah ringgi

Sodium dan kolesterol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Keju mengandung natrium yang tergantung pada jumlah garam yang dicampur dalam susu. Keju rendah sodium juga tersedia yang mengurangi penyakit jantung. Manfaat makan keju tiap hari dapat mengurangi tekanan darah tinggi berkat kandungan vitamin B dalam keju.

9. Bikin kulit berkilau

Kulit sehat diinginkan oleh setiap orang, terutama kaum perempuan. Khasiat keju dapat membantu kulit Anda bercahaya. Ini berkat kandungan keju seperti Vitamin B yang membantu metabolisme sel dan pertumbuhan sel, dan menjadikan kulit Anda bercahaya dan juga membantu menghilangkan noda di kulit. Menarik bukan?

Manfaat keju juga berguna untuk menjaga kulit tetap kenyal, sehat dan bercahaya. Jadi, sekarang Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan keju di setiap makanan Anda.

10. Melancarkan kehamilan

Khasiat keju dapat melancarkan kehamilan karena kandungan kalsium dalam keju sangat baik untuk wanita hamil. Ini membantu merangsang kontraksi selama persalinan. andungan tersebut juga berguna dalam menghasilkan ASI yang tepat untuk memberi makan bayi.

Nah, itulah manfaat makan keju yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk tambahkan keju pada setiap makanan sarapan Anda, Teman Sehat!