Terbit: 23 Juni 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Ada beragam manfaat hazelnut bagi kesehatan. Jenis kacang ini umum digunakan dalam berbagai hidangan kuliner dan camilan lezat. Selain enak, hazelnut juga kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting bagi tubuh. Ketahui kandungan nutrisi hazelnut dan manfaatnya bagi kesehatan.

11 Manfaat Hazelnut bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

Kandungan Nutrisi Hazelnut

  • 176 Kalori
  • 4,2 gram Protein
  • 4,7 gram Karbohidrat
  • 2,7 gram Serat
  • 17 gram Total lemak
  • Vitamin E 21% dari rekomendasi harian
  • Thiamin 12% dari rekomendasi harian
  • Magnesium 12% dari rekomendasi harian
  • Tembaga 24% dari rekomendasi harian
  • Mangan 87% dari rekomendasi harian

Hazelnut juga mengandung:

  • 0% kolesterol
  • 4,7 miligram zat besi
  • 2,45 miligram zinc
  • 133 mikrogram asam folat
  • 1,8 miligram niasin
  • 0,918 miligram asam pantotenat
  • 0,563 miligram Pyridoxine
  • 0,113 miligram Riboflavin
  • 0,643 miligram Thiamin
  • 20 IU vitamin A
  • 6,3 miligram Vitamin C
  • 15 miligram Vitamin E
  • 14,2 mikrogram Vitamin K

Kacang hazelnut juga kaya akan omega 6 dan omega 9, namun hazelnut juga mengandung asam fitat yang dapat mengurangi penyerapan mineral. Meskipun demikian, secara keseluruhan hazelnut adalah kacang rendah kalori dan nutrisi lengkap yang menyehatkan.

Manfaat Kacang Hazelnut bagi Kesehatan

Hazelnut adalah kacang yang berasal dari pohon Corylus yang banyak tumbuh di Amerika, Spanyol, Italia, dan Turki. Hazelnut memiliki rasa manis dan gurih yang biasanya diolah dengan cara dipanggang, digoreng, dimakan mentah, atau dicampur dengan hidangan lainnya.

Kacang ini pun populer di seluruh dunia sebagai camilan sehat. Berikut ini manfaat kacang hazelnut bagi kesehatan:

1. Kaya Antioksidan

Kacang hazelnut adalah salah satu sumber antioksidan fenolik yang tinggi. Manfaat antioksidan adalah untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat memicu penuaan dini, penyakit jantung, dan gangguan fungsi tubuh lainnya.

Berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan paling tinggi ada di kulit kacang hazelnut namun kadarnya akan berkurang setelah proses pengolahan. Maka dari itu, lebih disarankan untuk mengonsumi kacang hazelnut utuh tanpa dikupas.

2. Mengurangi Efek Inflamasi

Hazelnut mengandung konsentrasi lemak sehat yang kemudian dikaitkan dengan sebagai efek antiinflamasi. Berdasarkan studi, mengonsumsi 40 gram hazelnut setiap hari dapat mengurangi respon peradangan pada orang sehat.

Kacang hazelnut juga dapat memengaruhi respon peradangan pada kondisi kolesterol, obesitas, dan sindrom metabolik. Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut dibutuhkan dan makan kacang hazelnut saja tidak cukup untuk mengurangi respon peradangan namun harus diimbangi dengan kontrol kalori, asupan nutrisi seimbang, dan pola makan sehat.

Baca Juga: Kacang Lentil: 7 Manfaat dan Kandungan Gizinya

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, dan hazelnut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Kacang hazelnut mengandung asam lemak utama yaitu asam oleat yang memiliki efek baik pada sensitivitas insulin.

Berdasarkan penelitian, asam oleat dapat membantu mengurangi gula darah puasa dan insulin. Asam oleat juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada 11 penderita diabetes tipe 2.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat kacang hazelnut selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko kanker. Hazelnut mengandung berbagai vitamin, mineral, dan juga antioksidan yang dikaitkan dengan sifat antikanker.  Penelitian lain yang dilakukan pada hewan juga menunjukan adanya potensi efek antikanker pada ekstrak kacang hazelnut.

Berdasarkan penelitian, kacang hazelnut antioksidan jenis proanthocyanidins. Fungsi proanthocyanidins adalah untuk melindungi tubuh dari stres oksidatif. Selain itu, hazelnut juga kaya akan vitamin E yang juga berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kanker.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan lemak sehat pada hazelnut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang kemudian juga berdampak positif pada kesehatan jantung. Selain itu, kandungan vitamin E, serat, kalium, dan magnesium juga dapat menormalkan tekanan darah yang dikaitkan juga dengan peningkatan kesehatan jantung.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Setiap 28 gram hazelnut mengandung 2,7 gram serat. Fungsi serat adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan termasuk mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Anda dapat konsumsi hazelnut untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

7. Mengatasi Kerusakan Sel

Kacang hazelnut mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan adalah senyawa penting yang berguna untuk melindungi kerusakan sel atau oksidasi sel. Antioksidan dapat membantu mengurangi kerusakan sel dari radikal bebas, yaitu pemicu kanker dan penyakit kronis lainnya.

8. Mengontrol Kolesterol

Manfaat kacang hazelnut selanjutnya adalah untuk mengurangi kolesterol. Berdasarkan penelitian pada tahun 2013, kandungan hazelnut dapat mengurangi jenis kolesterol lipoprotein yaitu jenis kolesterol jahat yang berpotensi meningkatkan penyakit jantung.

Baca Juga: 12 Manfaat Kacang Macadamia, Baik untuk Jantung hingga Tulang

9. Menurunkan Berat Badan

Beberapa pihak mengkhawatirkan bahwa konsumsi kacang-kacangan tinggi protein dapat menambah berat badan, namun kacang hazelnut tidak menambah berat badan dan dikategorikan sebagai cemilan sehat. Sementara penelitian tentang hubungan antara makan kacang dan penurunan berat badan masih dibutuhkan.

10. Mengatasi Penuaan Dini

Salah satu manfaat hazelnut yang jarang diketahui adalah untuk mengatasi penuaan dini. Hazelnut mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit. Kombinasi vitamin tersebut dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus pada kulit.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin E alami pada hazelnut membantu menjaga kesehatan kulit termasuk untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Kandungan vitamin A dan vitamin C juga dapat membantu menjaga kulit dari paparan sinar UV yang menyebabkan berbagai gangguan kulit.

Efek Samping Kacang Hazelnut

Pada dasarnya, tidak ada efek samping kacang hazelnut bagi kesehatan kecuali bila Anda memiliki alergi kacang. Orang dengan alergi kacang tidak boleh mengonsumsi jenis kacang apapun walaupun hanya sedikit.

Itulah pembahasan lengkap tentang manfaat hazelnut. Kacang hazelnut mengandung nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa penting untuk mendukung kesehatan. Anda dapat mengonsumsinya dengan berbagai olahan untuk manfaat kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Semeco, Arlene MS, RD. 2018. 7 Ways Hazelnuts Benefit Your Health. https://www.healthline.com/nutrition/hazelnut-benefits. (Diakses pada 23 Juni 2020).
  2. Burgess, Lana. 2018. What are the health benefits of hazelnuts?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323807.  (Diakses pada 23 Juni 2020).
  3. Shrikant, Nithya. 2019. 30 Wonderful Benefits Of Hazelnuts For Skin, Hair And Health. https://www.stylecraze.com/articles/wonderful-benefits-of-hazelnuts-for-skin-hair-and-health/.  (Diakses pada 23 Juni 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi