Terbit: 18 Mei 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter


Ada banyak manfaat habbatussauda untuk kesehatan. Perlu diketahui bahwa habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae. Habbatussauda merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar dengan batangnya yang pendek kurang lebih setinggi 50 sentimeter. Selengkapnya simak kandungan habbatussauda hingga manfaatnya bagi kesehatan di bawah ini!

manfaat-habbatussauda-doktersehat

Kandungan Nutrisi Habbatussauda

Sebelum mengetahui beragam manfaat habbatussauda untuk kesehatan, berikut ini adalah berbagai kandungan habbatussauda:

  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lipid
  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Natrium
  • Sodium
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Alkaloid
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Tanin
  • Asam amino
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang, berikut adalah sejumlah manfaat habbatussauda yang sangat bagus untuk kesehatan:

1. Mengatasi Gejala Diabetes

Beberapa praktisi pengobatan tradisional telah menggunakan habbatussauda untuk mengurangi gejala diabetes, seperti gula darah tinggi dan resistensi insulin pada diabetes tipe 2.

Beberapa analisis besar pada ribuan orang menyatakan bahwa habbatussauda mungkin merupakan obat alami pelengkap yang baik untuk menjaga kadar glukosa tetap terkendali, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Ini dapat membantu menurunkan glukosa darah dan lipid darah, mungkin dengan manfaat jangka panjang.

Senyawa dalam habbatussauda juga diketahui dapat memicu regenerasi parsial bertahap dari sel beta pankreas, menurunkan lonjakan glukosa serum dan meningkatkan konsentrasi serum insulin.

Bahkan beberapa penelitian lain mengungkapkan, manfaat habbatussauda dipercaya mampu meningkatkan toleransi glukosa seefisien metformin—salah satu obat diabetes tipe 2 yang paling sering diresepkan karena memiliki efek samping yang signifikan.

2. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa habbatussauda adalah salah satu solusi alami dalam menurunkan berat badan. Begitupun tinjauan dan meta-analisis lainnya mengungkapkan hal yang sama di mana suplemen habbatussauda telah terbukti menurunkan berat badan.

Mengonsumsi lemak sehat seperti asam linoleat dan asam oleat yang ada dalam minyak habbatussauda, Anda dapat merangsang metabolisme, mengakses energi yang dapat digunakan dengan lebih cepat dan mengurangi pengendapan lemak. Ini dapat meningkatkan pembakaran lemak pasif dan meningkatkan energi, membantu menjadi lebih aktif, dan mengurangi berat badan lebih banyak.

3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Mengandung sejumlah vitamin A, B, dan C bersama dengan mineral seperti zinc dan kalsium membuat manfaat habbatussauda dapat digunakan dalam menjaga kesehatan kulit.

Sedangkan asam lemak esensial yang ada di dalamnya bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit sekaligus membantu melembapkan kulit. Efek antimikroba dan antiinflamasi dari minyak habbatussauda juga dapat mengatasi jerawat.

Sementara untuk rambut, habbatussauda dapat mengatasi kerontokan akibat alopesia androgenik atau alopesia areata. Hal ini karena kandungan nigellone yang telah dibuktikan para ahli mampu bertindak sebagai antihistamin.

4. Mencegah Kanker

Khasiat habbatussauda berikutnya adalah kemampuannya menangkal kanker. Hal ini karena senyawa antioksidan yang diketahui dapat menghambat keganasan sel kanker. Selain itu, kandungan etanol yang ditemukan di dalamnya menghasilkan sekitar 80 persen efek perlindungan terhadap stres oksidatif dalam tubuh.

Perlu diketahui, jika terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami stres oksidatif, sehingga memicu berbagai macam penyakit kronis dan berbagai kerusakan sel dalam tubuh.

5. Meningkatkan Fungsi Hati

Hati adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Hampir setiap racun diproses melalui hati, sedangkan empedu dari hati adalah kunci untuk mencerna lemak, menjaga pikiran dan tubuh bahagia dan sehat.

Mereka yang telah menjalani perawatan fungsi hati yang buruk karena efek samping obat, konsumsi alkohol, atau penyakit, menggunakan minyak habbatussauda bisa sangat mempercepat proses pengobatan.

Manfaat habbatussauda sangat bagus untuk kesehatan hati karena senyawa thymoquinone yang terkandung di dalamnya mampu melindungi hati dari kerusakan melalui mekanisme yang berbeda, termasuk penghambatan peroksidasi lipid yang dipicu oleh katalis zat besi, meningkatkan aktivitas quinone reduktase, glutathione, kadar thiol total, katalase, superoxide dismutase dan glutathione transferase.

6. Mengatasi Asma

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda bersama dengan obat-obatan asma dapat meredakan batuk, mengi, dan fungsi paru-paru pada beberapa penderita asma.

Tetapi tampaknya hanya bekerja pada orang dengan fungsi paru-paru yang sangat rendah sebelum perawatan. Itu tampaknya tidak bekerja sebaik obat-obatan seperti theophilin atau salbutamol.

7. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Berkat kemampuannya meringankan efek Alzheimer, manfaat habbatussauda memiliki kemampuan dalam menghambat Acetylcholinesterase (AChE)—enzim yang memecah asetilkolin dalam tubuh.

Asetilkolin sendiri merupakan salah satu senyawa paling penting yang diproduksi dalam tubuh karena memiliki peranan bagi fungsi memori otak, mencegah penyakit dari otak, dan kelainan saraf.

8. Mengatasi Kejang

Senyawa dalam minyak habbatussauda yang disebut thymoquinone dapat mengurangi kejang pada anak-anak dengan epilepsi dalam penelitian percontohan dari 22 anak-anak.

Thymoquinone juga memiliki efek antikejang yang telah diujikan pada tikus. Para ilmuwan berspekulasi ini dapat mengurangi kejang dengan meningkatkan GABA di otak. Namun, tentang khasiatnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

9. Mengobati Radang Sendi

Manfaat habbatussauda dalam bentuk minyak dapat membantu mengobati rheumatoid arthritis atau radang sendi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Investigasi Imunologis pada 2016.

Dalam penelitian ini, sebanyak 43 wanita yang mengalami rheumatoid arthritis ringan hingga sedang mengonsumsi kapsul minyak habbatussauda atau plasebo setiap hari untuk satu bulan. Hasilnya menunjukkan bahwa khasiat habbatussauda dapat mengurangi gejala radang sendi.

10. Rhinitis Alergi

Minyak habbatussauda memiliki harapan untuk mengatasi alergi. Dalam sebuah penelitian di tahun 2011 yang diterbitkan dalam American Journal of Otolaryngology, bahwa minyak habbatussauda dapat mengurangi gejala alergi seperti hidung tersumbat, gatal-gatal, pilek, dan bersin setelah dua minggu menjalani pengobatan dengan habbatussauda.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menggunakan minyak habbatussauda yang dicampur madu dan air hangat dapat memiliki lebih dari satu manfaat. Terlepas dari yang sudah disebutkan, khasiat habbatussauda juga dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh  jika dikonsumsi setiap hari.

Bila Anda menambahkan minyak habbatussauda dalam air mendidih dan menghirup uapnya, cara ini juga dapat mengurangi hidung tersumbat, untuk membantu mereka yang menderita sinusitis.

12. Mengatasi Infertilitas Pria

Dalam satu penelitian terhadap 68 pria infertil, asupan harian minyak habbatussauda sebanyak 5 ml (1 sendok teh) selama dua bulan dapat meningkatkan kualitas sperma tanpa efek samping.

Berdasarkan penelitian pada tikus diabetes, habbatussauda bisa meningkatkan testosteron. Ini juga meningkatkan kualitas dan motilitas sperma dalam penelitian tikus lain, mungkin dikarenakan aktivitas antioksidannya. Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian.

13. Mengatasi Peradangan

Habbatussauda adalah biji yang memiliki sifat antiinflamasi untuk kesehatan tubuh. Beberapa penelitian yang sangat kecil (sekitar 4 dan 1 pasien) yang menyarankan bahwa minyak habbatussauda dapat membantu peradangan seperti radang sendi karena memiliki potensi anti-inflamasi yang dikaitkan dengan bahan aktif seperti thymoquinone, dalam sebuah penelitian pada hewan.

Menurut penelitian, minyak esensial biji jintan hitam mengurangi peradangan dan rasa sakit pada tikus. Khasiat  habbatussauda mungkin juga bisa mengurangi peradangan otak autoimun pada tikus dengan multiple sclerosis.

14. Hepatitis C

Khasiat habbatussauda dapat memperbaiki gejala dan mengurangi jumlah virus pada pasien hepatitis C dalam penelitian terhadap 30 orang. Sedangkan dalam penelitian lain dari 75 pasien dengan hepatitis C, biji habbatussauda saja (500 miligram) atau dikombinasikan dengan jahe (500 miligram) memiliki efek baik yang serupa.

Penelitian ini masih memerlukan uji klinis skala besar untuk mengeksplorasi pengobatan biji habbatussauda pada penderita hepatitis C dan infeksi virus lainnya.

15. Mengatasi Infeksi

Sebagai pengobatan tradisional, kebanyakan orang mengoleskan minyak habbatussauda adalah ke kulit untuk mencegah infeksi dan menghilangkan rasa sakit.

Khasiat habbatussauda ini telah diteliti untuk memerangi berbagai bakteri, virus, dan parasit, tetapi sebagian besar penelitian dilakukan pada hewan, mikroorganisme, atau sel. Oleh karena itu, manfaat yang diklaim ini masih memerlukan lebih banyak penelitian.

Cara Mengonsumsi Habbatussauda

Jika Anda ingin mencoba pengobatan alami menggunakan biji atau minyak dari habbatussauda untuk mengatasi penyakit, ada beberapa cara mengonsumsinya.

Berikut ini beberapa cara mengonsumsi habbatussauda:

  • Biji habbatussauda di sangrai dan ditaburkan di atas roti.
  • Biji yang telah disangrai bisa ditaburkan di atas bagel atau biskuit.
  • Biji bisa ditambahkan ke dalam sup dan tumisan.
  • Menghaluskan biji dan mencampurkannya ke dalam bumbu masakan.

Anda bisa mendapatkan habbatussauda dalam bentuk biji utuh atau minyak di sebagian besar toko kesehatan dan apotek. Minyak ini dikemas dalam kapsul untuk konsumsi sehari-hari atau dijual sebagai minyak yang bisa dioleskan ke kulit dan rambut.

Berapa banyak konsumsi harian habbatussauda? Saat ini, tidak ada rekomendasi harian khusus berapa banyak minyak habbatussauda yang dionsumsi untuk kesehatan. Menambahkannya ke dalam makanan dan produk untuk kulit adalah cara paling aman untuk menggunakan minyak habbatussauda.

Jika menggunakan habbatussauda dalam produk dengan kemasan, ikuti dosis yang disarankan dan cara mengonsumsi habbatussauda. Biasanya, asupan harian sekitar satu hingga dua sendok teh. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mulai menggunakannya.

 

  1. Axe, Josh. 2020. 9 Proven Black Seed Oil Benefits that Boost Your Health. https://draxe.com/nutrition/black-seed-oil-benefits/. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  2. Aleksic, Ana. 2020. 16 Benefits of Black Seed Oil (Nigella sativa). https://selfhacked.com/blog/black-cumin-seed-nigella-sativa-top-scientific-benefits/. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  3. Al-Mamun, Mohammad dan Nurul A. 2019. Major nutritional compositions of black cumin seeds-cultivated in Bangladesh and the physicochemical characteristics of its oil. https://www.researchgate.net/publication/330106433_Major_nutritional_compositions_of_black_cumin_seeds-cultivated_in_Bangladesh_and_the_physicochemical_characteristics_of_its_oil. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  4. Chakraborty, Priya. 2018. 10 Incredible Health Benefits Of Kalonji (Nigella Seeds). https://food.ndtv.com/food-drinks/10-incredible-health-benefits-of-nigella-seeds-kalonji-1456233. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  5. Gál, Kat. 2018. Benefits of black seed oil. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322948. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  6. Moore, Shelley. Tanpa Tahun. Nutritional Value of Black Seed. https://www.livestrong.com/article/325309-nutritional-value-of-black-seed/. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  7. Nall, Rachel. 2017. The Health and Beauty Benefits of Black Seed Oil. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/black-seed-oil-benefits#health-benefits. (Diakses pada 18 Mei 2020)



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi