Apakah Habbatussauda Efektif Mengatasi Penyakit? Cek Penjelasannya di Sini

manfaat-habbatussauda-doktersehat

DokterSehat.Com – Jintam hitam atau biasa dikenal dengan habbatussauda adalah salah satu tanaman herbal yang cukup populer di seluruh dunia. Dalam bahasa latin habbatussauda disebut Nigella sativa, selain digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, sejumlah penelitian telah mengungkapkan manfaat habbatussauda untuk mengatasi berbagai penyakit.

Apa itu Habbatusauda?

Sebelum Anda mengetahui manfaat habbastussauda, perlu diketahui bahwa habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae. Habatussauda merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar dengan batangnya yang pendek kurang lebih setinggi 50 cm.

Karena terkenal mampu mengatasi berbagai penyakit, beberapa manfaat habbatussauda yang banyak digunakan masyarakat adalah mengatasi masalah ambeien, diare, konstipasi, hingga perut kembung.

Selain itu, habbatussauda juga kerap digunakan untuk menangani kondisi medis lain seperti asma, bronkitis, alergi, flu dan batuk. Bahkan, beberapa orang menggunakan habbatussauda untuk mengatasi penyakit yang lebih serius seperti kanker, menurunkan tekanan darah dan kolesterol atau meningkatkan sistem imunitas.

Salah satu kunci efektivitas habbatussauda atau jintam hitam sebagai obat herbal terletak pada 3 senyawa alami yaitu thymoquinone (TQ), thymohydroquinone (THQ) dan timol.

Thymoquinone merupakan senyawa kuat aktif yang terdapat di dalam biji jintan hitam. Senyawa ini dikatakan mempunyai efek antikanker. Selain itu, uji laboratorium menunjukkan bahwa thymoquinone dapat secara efektif menghambat pertumbuhan sel limfoma mieloid dan kanker darah.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

Salah satu kabar yang beredar mengatakan bahwa manfaat habbatussauda adalah kemampuanya mengatasi asma. Asma dapat menyebabkan penderita kesulitan bernapas, mengalami mengi hingga batuk-batuk.

Menurut sebuah penelitian, ekstrak jintan hitam ini apabila diminum dapat meredakan batuk dan mengi hingga meningkatkan fungsi paru-paru. Meski habbatussauda bermanfaat bagi penderita asma, obat herbal ini tidak seefektif teofilin dan salbutamol dalam penanganan penyakit asam.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan bahwa manfaat habbatussauda bisa digunakan oleh semua penderita asma.

Sedangkan, bagaimana manfaat habbatusauda untuk lambung? Pakar kesehatan mengungkapkan, penggunaan habbatussauda untuk asam lambung tidak banyak membantu karena gangguan asam lambung akan lebih baik jika menjaga cara diet yang teratur, serta menghindari makanan pedas dan asam.

Berikut adalah beberapa manfaat habbatussauda lainnya yang harus Anda tahu, di antaranya:

  1. Mengatasi gejala diabetes

Seperti dijelaskan sebelumnya, thymoquinone adalah senyawa aktif utama yang terkandung dalam habbatussauda. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa injeksi thymoquinone dalam dosis tinggi ke tikus mampu menghentikan perkembangan penyakit diabetes tipe 1.

Sementara itu, penelitian lain melaporkan bahwa ketika ekstrak habbatussauda dicampur dengan rempah herbal khas Timur Tengah lainnya seperti Gum asafoetida, Gum olybanum, dan Myrrh, efektif menurunkan kadar gula darah pada tikus karena efek penghambatan metabolisme glukosa di hati.

Senyawa dalam habbatussauda juga diketahui dapat memicu regenerasi parsial bertahap dari sel beta pankreas, menurunkan lonjakan glukosa serum dan meningkatkan konsentrasi serum insulin.

Bahkan beberapa penelitian lain mengungkapkan, habbatussauda dipercaya mampu meningkatkan toleransi glukosa seefisien metformin—salah satu obat diabetes tipe 2 yang paling sering diresepkan karena memiliki efek samping yang signifikan.

  1. Menjaga berat badan ideal

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa habbatussauda menjadi salah satu solusi alami dalam menurunkan berat badan. Sedangkan tinjauan dan meta-analisis lainnya mengungkapkan hal yang sama di mana suplemen habbatussauda telah terbukti menurunkan berat bedan.

  1. Melindungi kesehatan rambut dan kulit

Mengandung sejumlah vitamin A, B dan C bersama dengan mineral seperti seng, kalsium dan kalsium membuat manfaat habbatussauda dapat digunakan dalam menjaga kesehatan kulit. Sedangkan asam lemak esensial yang ada di dalamnya bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit sekaligus membantu melembapkan kulit.

Manfaat habbatussauda bagi rambut adalah mengatasi kerontokan akibat alopesia androgenik atau alopecia areata. Hal ini karena kandungan nigellone yang telah dibuktikan para ahli mampu bertindak sebagai antihistamin.

  1. Melawan kanker

Manfaat habbatussauda berikutnya adalah kemampuannya mengatasi kanker. Hal ini karena senyawa antioksidan etanol yang diketahui dapat menghambat keganasan sel kanker. Selain itu, kandungan etanol yang ditemukan menghasilkan sekitar 80 persen efek perlindungan terhadap stres oksidatif dalam tubuh.

Perlu diketahui, jika terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami stres oksidatif, sehingga memicu berbagai macam penyakit kronis dan berbagai kerusakan sel dalam tubuh.

  1. Meningkatkan fungsi hati

Senyawa thymoquinone yang terkandung dalam habbatussauda mampu melindungi hati dari kerusakan melalui mekanisme yang berbeda, termasuk penghambatan peroksidasi lipid yang dipicu oleh katalis besi, peningkatkan aktivitas quinone reduktase, tingkat glutathione, peningkatan kadar tiol total, katalase, superoksida dismutase dan glutathione transferase.

  1. Meringankan efek Alzheimer

Sebuah penelitian terhadap hewan membuktikan bahwa manfaat habbatussauda mampu meringankan efek penyakit Alzheimer. Penelitian lain menunjukkan bahwa habbatussauda dapat mengembalikan ingatan dan meningkatkan fokus.

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Karena kemampuannya meringankan efek Alzheimer, manfaat habbatussauda lanjutan adalah kemampuannya menghambat Acetylcholinesterase (AChE)—enzim yang memecah Asetilkolin dalam tubuh.

Asetilkolin sendiri merupakan salah satu senyawa paling penting yang diproduksi dalam tubuh karena memiliki peranan bagi fungsi memori otak, mencegah penyakit dari otak dan kelainan saraf.

  1. Mengatasi alergi

Manfaat habbatussauda berikutnya adalah kemampuannya mengatasi rhinitis alergi. Penyakit ini terjadi karena radang pada hidung akibat reaksi alergi. Gejalanya dapat terlihat dari hidung tersumbat, berair, bersin-bersin hingga membengkaknya saluran hidung.

Nah, itulah sejumlah manfaat habbatussauda yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, hal lain yang perlu diingat adalah semua manfaat habbatusauda untuk lambung, diabetes, kanker dan lain-lain belum didukung oleh bukti ilmiah yang kuat, sehingga masih diperlukan penelitian lanjutan yang lebih komprehensif.