11 Manfaat Gula Merah yang Baik bagi Kesehatan

manfaat-gula-merah-doktersehat

DokterSehat.Com – Gula merah atau gula jawa adalah pemanis alami yang cukup populer di Indonesia. Pemanis alami yang terbuat dari nira pohon kelapa ini sering kali digunakan di berbagai macam camilan atau minuman. Dibalik rasanya yang manis, tahukah Anda manfaat gula merah yang baik bagi kesehatan tubuh?

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Manfaat Gula Merah

Sebelum Anda mendapatkan penjelasan mengenai manfaat gula merah, terdapat hal lain yang juga harus perhatikan yaitu kandungan apa saja yang terdapat di gula merah. Beberapa kandungan yang terdapat di gula merah di antaranya: zat besi, kalium, vitamin C, magnesium, dan fosfor.

Manfaat gula merah yang bisa didapatkan tubuh karena gula merah memberikan sejumlah kecil fitonutrien, seperti polifenol, flavonoid dan antosianidin, dan antioksidan. Zat-zat fitonutrien tersebut dapat membuat tubuh lebih bertenaga, melawan sel kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, gula merah memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, yaitu sekitar 54. Sementara indeks glikemik terbilang tinggi saat berada di angka 70. Sejumlah makanan dengan indeks glikemik rendah antara lain: pisang, mangga, kurma, stroberi, buncis, jeruk, kacang merah dan kacang kedelai.

Selain memiliki nilai indeks glikemik yang rendah, gula merah kelapa juga mengandung sejumlah zat gizi yang tidak terdapat di dalam gula putih. Gula merah mengandung sejumah vitamin dan asam amino, sehingga gula merah lebih bermanfaat dan aman jika dibandingkan dengan gula pasir.

Berikut adalah beberapa manfaat gula merah atau manfaat gula jawa yang berguna untuk tubuh Anda, di antaranya:

1. Melancarkan haid

Manfaat gula merah yang pertama adalah melancarkan siklus menstruasi. Bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur tidak adalah salahnya untuk mendapatkan manfaat gula jawa. Gula merah dipercaya memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga membuat siklus haid normal. Bahkan, gula merah juga dipercaya mampu meredakan kram saat menstruasi datang.

2. Mencegah anemia

Gula merah memiliki kandungan yang kaya zat besi dan folat. Kedua kandungan tersebut ampuh dalam mencegah terjadinya anemia. Manfaat gula merah lanjutannya adalah mempertahankan kadar normal sel darah merah. Sering kali, gula merah dijadikan obat alami untuk mencegah anemia.

3. Mengatasi flu dan batuk

Gula merah juga sangat kaya akan antioksidan yang bisa membuat tubuh semakin kebal terhadap radikal bebas. Pada akhirnya, manfaat gula merah yang bisa dirasakan adalah sebagai terapi penyembuhan flu, batuk, dan demam.

4. Menurunkan berat badan

Dengan kadar potasium yang tinggi, manfaat gula jawa yang bisa didapatkan adalah meningkatkan proses metabolisme, membantu mengeluarkan racun dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi gula merah dengan jumlah terkontrol hal itu dipercaya dapat menurunkan berat badan Anda.

5. Melawan radikal bebas

Manfaat gula merah lainnya adalah kemampuannya melawan efek radikal bebas. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama selenium yang membantu mencegah berbagai efek radikal bebas

Selain itu, antioksidan yang dimiliki gula merah juga dapat mengurangi sejumlah tanda penuaan. Campuran gula merah dengan teh hangat dipercaya akan mengobati migrain dan sakit kepala.

6. Mengatasi kelelahan

Mengandung folat dan zat besi dalam jumlah yang tinggi, manfaat gula jawa yang bisa dirasakan adalah mencegah kelelahan dan juga rasa lemas yang merupakan gejala umum dari anemia.

7. Meningkatkan jumlah hemoglobin

Manfaat gula jawa yang penting lainnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah hemoglobin. Jika kedua hal itu terjaga dalam kondisi baik penyakit yang disebabkan oleh gangguan darah bisa dihindari.

8. Mencegah gangguan sistem saraf

Manfaat gula merah selanjutnya adalah membantu kelancaran fungsi sistem saraf. Selain itu, gula merah juga membantu mencegah masalah utama yang terkait dengan sistem saraf.

9. Meningkatkan fungsi pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami sembelit, sepertinya Anda bisa mendapatkan manfaat gula jawa. Mengonsumsi gula merah akan meningkatkan sistem pencernaan pada tubuh dan membantu fungsinya agar tetap optimal.

10. Mencegah masalah pernapasan

Manfaat gula merah yang satu ini berguna bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pernapasan. Oleh karenanya, konsumsi gula merah secara teratur dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti bronkitis dan asma. Selain itu, gula merah juga mengandung sifat tertentu yang membantu dalam mengatur suhu.

11. Menjadi sumber energi

Manfaat gula jawa yang terakhir adalah kemampuannya meningkatkan energi. Gula jawa adalah adalah makanan karbohidrat kompleks yang akan memberikan energi ke tubuh untuk waktu yang lebih lama, namun hal itu tidak akan membuat kadar gula darah naik.

Nah, itulah beberapa manfaat gula merah yang bisa Anda dapatkan. Meski gula merah sedikit lebih bermanfaat daripada gula biasa, hal penting yang harus diperhatikan adalah Anda harus mengonsumsinya dalam batas wajar.

Oleh karena itu, penderita diabetes tipe 2 harus memperlakukannya sama seperti gula lain dan menggunakannya dengan bijak, karena gula merah masih mungkin menaikkan kadar glukosa darah–meskipun gula merah memiliki kadar indeks glikemik yang lebih rendah.

Makanan atau minuman yang memiliki kadar indeks glikemik tinggi menyebabkan gula dalam darah melonjak, di mana hal ini bisa menyebabkan munculnya penyakit lain. Lonjakan gula darah yang spontan ini dapat menyebabkan tingkat insulin mengalami lonjakan dalam waktu singkat juga, dan ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi penderita diabetes.

Meski gula merah tergolong aman dikonsumsi penderita diabetes. Bukan berarti gula merah lantas dapat dikonsumsi dengan bebas. Hal ini karena kandungan kalori pada gula merah hampir setara dengan gula putih, yaitu sekitar 4 gram karbohidrat dan 16 kalori per sendok teh.