9 Manfaat Green Coffee yang Ternyata Penting bagi Tubuh

manfaat-green-coffee-untuk-diet-doktersehat

DokterSehat.Com – Green coffee kini semakin banyak dilirik. Selain karena rasanya yang menarik, green coffee terkenal akan manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama untuk diet. Yuk, simak beberapa manfaat green coffee yang telah tersebar luas. Temukan juga apakah menurunkan berat badan adalah salah satu manfaat kopi hijau?

Apa itu green coffee?

Green coffee adalah kopi yang berwarna hijau atau biasa juga disebut kopi hijau. Warna hijau dari green coffee tersebut disebabkan biji kopi belum melewati proses pemanggangan.

Biji kopi yang belum dipanggang akan berwarna hijau, sedangkan pada kopi biasa (kopi hitam) bijinya hitam karena sudah dipanggang. Warna seduhan kopi akan mengikuti warna bijinya. Ketika Anda membuat kopi dari biji kopi hijau, maka akan menghasilkan kopi hijau.

Manfaat green coffee untuk diet dan kesehatan

Beberapa manfaat green coffee telah tersebar luas di kalangan masyarakat tertentu. Apa sajakah yang menjadi manfaat kopi hijau? Benarkah salah satu manfaat green coffee dapat menurunkan berat badan? Simak jawabannya di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat green coffee bagi kesehatan:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi perlu berhati-hati karena tekanan darah tinggi bisa memicu stroke dan masalah kardiovaskular lainnya. Apabila Anda menderita hipertensi maka mengonsumsi kopi hijau bisa menjadi solusi alami.

Hal ini dikarenakan manfaat green coffee dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan asam klorogenat yang ada di dalam kopi hijau mampu membuat tekanan darah menjadi lebih rendah secara berangsur.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Tidak hanya mampu menurunkan tekanan darah tinggi saja, green coffee juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Adanya asam klorogenat di dalam kopi hijau bisa mengurangi kadar kolesterol LDL di dalam tubuh.

Kadar kolesterol LDL yang berkurang akan membuat jantung dan pembuluh darah Anda lebih sehat. Ini juga berarti risiko Anda terhadap penyakit jantung dan penyakit terkait kolesterol lainnya akan berkurang.

3. Makanan antioksidan

Green coffee mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan di dalam kopi hijau memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh. Berbagai radikal bebas akan mampu dihalau masuk ke dalam sel-sel tubuh.

Dengan begitu, penyakit kanker yang mengintai bisa dicegah. Manfaat green coffee melalui kandungan antioksidannya juga bisa memperlambat penuaan dini. Hal ini tentunya baik dan sangat disukai oleh kaum hawa karena bisa membuat awet muda.

4. Mencegah diabetes

Manfaat kopi hijau juga bisa mencegah terjadinya penyakit diabetes. Mengapa bisa terjadi demikian? Ada zat di dalam green coffee yang bisa menurunkan kadar gula darah. Ketika kadar gula darah berhasil diturunkan, maka kadar gula darah tetap normal.

Tubuh yang memiliki kadar glukosa normal cenderung akan terhindar dari penyakit diabetes. Anda perlu ingat bahwa sebaiknya tidak mencampur kopi hijau dengan banyak gula karena akan mengurangi manfaat green coffee dalam hal ini.

Baca Juga: 8 Efek Samping Green Coffee (Kopi Hijau), Ternyata Berbahaya!

5. Menurunkan berat badan

Manfaat kopi hijau memang bisa menurunkan berat badan. Berat badan bisa berkurang jika mengonsumsi green coffee secara teratur. Kandungan asam klorogenat dapat membakar lemak. Ini membuat lemak-lemak tubuh menjadi berkurang.

Selain itu, green coffee juga bisa menekan rasa lapar sehingga membuat diri tidak sering mengonsumsi makanan. Program penurunan berat badan akan lebih baik jika Anda memadukan kegiatan olahraga bersama pola diet yang sehat.

6. Meningkatkan kognitif

Tidak hanya asam klorogenat yang ada di dalam green coffee. Ada zat bermanfaat lainnya di dalam kopi hijau, yaitu kafein. Kafein memiliki manfaat yang baik untuk kognitif asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

Mengonsumsi green coffee sering kali membuat pikiran lebih konsentrasi untuk bekerja. Hal ini dikarenakan kandungan kafein di dalam green coffee bisa meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Anda perlu tahu bahwa tidak semua orang dapat merasakan manfaat green coffee yang satu ini. Ada orang-orang tertentu yang malah akan merasakan pusing atau sakit kepala karena kandungan kafein di dalam kopi hijau.

7. Memperbaiki mood

Manfaat kopi hijau tidak hanya baik untuk kemampuan kognitif. Kandungan kafein pada green coffee dapat memperbaiki suasana hati Anda. Banyak orang akan merasakan tenang dan rileks setelah minum green coffee.

Jadi, jangan heran bila banyak orang yang sering minum kopi saat hendak bekerja. Daya kognitif yang meningkat dan suasana hati yang baik merupakan perpaduan yang cocok dan bisa mendukung produktivitas.

8. Meningkatkan metabolisme tubuh

Green coffee juga memiliki manfaat lain yang baik bagi metabolisme tubuh. Pengonsumsian kopi hijau dengan dosis yang tepat akan membantu peningkatan metabolisme tubuh.

Berbagai metabolisme zat gizi seperti metabolisme karbohidrat, glukosa, protein, lemak, vitamin, mineral, dan lainnya akan menjadi lebih baik. Hal ini tentunya akan berdampak pada derajat kesehatan tubuh.

9. Menjaga kelembapan kulit

Kulit tubuh akan menjadi lebih indah dan cantik jika Anda mengonsumsi green coffee. Pasalnya, green coffee tidak hanya mengandung antioksidan saja yang mampu menjaga elastisitas kulit dan mencegah sel-sel kulit dari stres oksidatif.

Green coffee juga mengandung beberapa jenis senyawa asam lemak. Senyawa-senyawa asam lemak tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembap cederung lebih sehat dan indah.

Anda telah mengetahui beberapa manfaat green coffee. Apakah Anda ingin mencoba membuktikannya? Sebelum Anda membuktikan manfaat kopi hijau, sebaiknya Anda memastikan telah menelaah dan mempertimbangkan efek sampingnya juga.