9 Manfaat Granola bagi Kesehatan, Apa Saja Penyakit yang Bisa Dicegah?

pengertian-granola-adalah-doktersehat

DokterSehat.Com – Seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan membuat semakin banyak orang yang menerapkan pola diet sehat. Salah satu bentuk pola diet sehat tersebut nampak pada menu sarapan berupa granola. Tahukah Anda bahwa granola adalah menu sarapan yang memiliki segudang manfaat.

Yuk, baca terus untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai granola. Simaklah informasi tentang apa itu granola, manfaat granola yang begitu banyak dan berperan penting bagi kesehatan, dan cara asyik menikmati granola yang sehat dan lezat.

Apa itu granola?

Mungkin Anda telah sering mendengar granola belakangan ini. Orang-orang di sekitar Anda atau informasi di tempat lain yang Anda lihat sedang memperbincangkan tentang granola sebagai menu sarapan yang sehat. Akan tetapi, apakah Anda tahu apa itu granola?

Granola adalah jenis makanan yang umumnya terbuat dari beberapa campuran gandum, buah kering, kacang-kacangan. Beberapa campuran bahan pembuat granola tersebut akan dikukus bersama madu dan sedikit minyak agar menjadi renyah setelah dipanggang.

Hasil dari panggangan tersebut akan menghasilkan granola yang lezat dan menyehatkan. Granola pun bisa dibawa ke mana saja secara praktis. Apabila Anda membutuhkan camilan yang memiliki cukup kandungan energi tetapi lezat dan sehat maka pilihlah granola.

Granola pun tidak hanya bisa dijadikan sebagai menu sarapan sehat dan lezat melainkan bisa juga sebagai camilan lezat dan sehat yang praktis di bawa pada saat melakukan perjalanan.

Kandungan gizi granola

Anda telah mengetahui bahwa granola adalah jenis makanan sangat bergizi. Manfaat yang ada di dalam granola memiliki kaitan yang erat dengan kandungan gizi granola. Granola mengandung banyak zat gizi penting yaitu seperti vitamin, mineral, dan serat.

Kandungan serat yang dimiliki oleh granola cukup tinggi. Setiap 100 gram granola mengandung sekitar 30% serat dari kecukupan serat yang dibutuhkan tubuh. Adaoun beberapa vitamin yang terdapat di dalam granola adalah yaitu vitamin E, vitamin K, vitamin C, dan beberapa vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks yang ada di dalam granola adalah seperti tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, asam folat, dan asam pantotenat. Selain itu, kandungan zat gizi mikro berupa mineral juga terdapat di dalam granola.

Kandungan mineral yang dikandung oleh granola adalah natrium, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Beberapa zat gizi makro yaitu karbohidrat, protein, dan lemak sudah pasti ada di dalam setiap potongan granola.

Manfaat granola bagi kesehatan

Kandunga gizi yang begitu kaya membuat granola memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat granola adalah manfaat memiliki variasi yang beragam. Granola memiliki beberapa variasi manfaat mulai dari terkait dengan metabolisme tubuh, kebutuhan tubuh, diet, kehamilan, dan pencegahan beberapa penyakit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat granola bagi kesehatan:

1. Memperbaiki sistem pencernaan

Granola memiliki manfaat yang sangat dekat dengan sistem pencernaan. Kandungan serat yang banyak dimiliki oleh granola adalah penyebab granola bisa memperbaiki sistem pencernaan. Setiap makanan berserat memang akan berdampak pada sistem pencernaan yang akan semakin membaik.

Serat yang ada di dalam granola terdiri dari dua jenis yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat tidak larut yang dikandung oleh granola akan membuat tinja menjadi lebih mudah melewati saluran pencernaan hingga siap dibuang keluar. Serat larut memiliki manfaat untuk memberikan nutrisi bagi bakteri probiotik (menguntungkan) yang hidup di usus.

2. Meningkatkan energi

Manfaat lain dari granola adalah untuk meningkatkan energi. Inilah mengapa para atlet gemar mengonsumsi granola. Hal ini dikarenakan kandungan energi granola seimbang dengan aktivitas fisik mereka. Granola pun juga cocok bagi Anda yang membutuhkan makanan dengan energi tinggi sekalipun bukan seorang atlit.

3. Mengandung protein nabati tinggi

Bahan-bahan yang menjadi komposisi granola merupakan bahan-bahan yang bersumber dari tanaman atau bersifat nabati. Perpaduan kacang-kacangan dan gandum membuat granola memiliki kandungan protein tinggi walau tidak lengkap. Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi protein hewani.

4. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun mengandung energi dan protein yang tinggi, granola tidak membuat Anda gemuk bahkan sebaliknya. Manfaat granola ternyata bisa untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat larut dan tidak larut yang ada di dalam granola.

Granola adalah makanan yang sangat kaya serat sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan dan menahan rasa lapar. Fakta granola ini membuat granola bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan yang berlebih.

5. Mendukung kehamilan yang sehat

Granola juga bisa menjadi makanan sehat bagi ibu hamil yang baik untuk kesehatan janin dan menjaga kehamilan tetap sehat. Pada umumnya, ibu hamil memiliki nafsu makan yang labil dan belum tentang masalah ngidam. Tentunya hal ini bisa membuat ibu hamil tidak tercukupi asupan gizinya.

Dengan mengonsumsi granola yang menggugah selera, ibu hamil pun bisa mendapatkanya banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menunjang kehamilan dan kondisi janinnya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks terutama asam folat yang ada di dalam granola pun sangat penting bagi janin.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat selanjutnya dari granola adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dan vitamin E yang tinggi pada granola. Vitamin C dan vitamin E merupakan vitamin antioksidan.

Kedua jenis vitamin antioksidan tersebut bisa menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kehadiran serat larut pada granola yang mendukung bakteri probiotik juga turut berkontribusi terhadap peningkatan sistem kekebaan tubuh.

7. Menurunkan kolesterol

Granola juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Komposisi oat yang merupakan salah satu bahan pembuat granola mengandung serat larut yang cukup tinggi. Serat larut akan secara aktif menyerap kolesterol dan mengeluarkannya melalui tinja.

Akan tetapi, pastikan bahwa granola yang Anda makan tidak mengandung lemak buatan karena hal ini malah akan meningkatkan kolesterol. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat granola rumahan yang akan dijelaskan pada penjelasan di bawah.

8. Mengatur tekanan darah

Tekanan darah yang terkontrol dan normal merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Granola bisa membantu Anda untuk mengatur tekanan darah agar tetap normal dan stabil. Kandungan mineral seperti kalium berdampak pada tekanan darah. Hal ini juga berkontribusi terhadap pelebaran pembuluh darah.

9.  Mengatasi beberapa kondisi medis

Tahukah Anda bahwa manfaat lain dari granola adalah untuk mencegah dan mengatasi beberapa kondisi medis dan penyakit. Apabila Anda sedang menderita anemia defisiensi besi maka mengonsumsi granola bisa menjadi sebuah solusi alami.

Selain itu, kondisi medis berupa migrain juga bisa diatasi dengan mengonsumsi granola. Manfaat granola yang bisa mengatasi migren ini disebabkan oleh kandungan magnesium pada granola yang bisa mengurangi kejang otot di area kepala. Manfaat granola lainnya juga bisa untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Cara asyik menikmati granola

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati granola. Granola bisa disajikan bersama yogurt, madu, sereal, susu cair, dan aneka buah seperti pisang, kiwi, stroberi, blueberi, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menyajikan granola dalam bentuk bar atau dicetak seperti cupcake atau muffin. Cara penyajian seperti ini sangat cocok untuk disantap di rumah dan saat sedang di dalam perjalanan.