Terbit: 20 November 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat gliserin atau glycerin biasanya sebagai bahan kosmetik untuk menghaluskan dan melembapkan kulit. Bahkan, senyawa ini dapat langsung Anda terapkan untuk mengatasi beberapa masalah kulit. Yuk simak informasi selengkapnya!

12 Manfaat Gliserin untuk Kulit, Cegah Jerawat hingga Bikin Awet Muda

Apa Itu Gliserin?

Gliserin adalah cairan tidak berwarna, tidak berbau, dan terasa manis, serta tidak beracun. Senyawa ini biasa terkandung dalam produk kecantikan dan perawatan kulit karena dapat menghaluskan dan melembapkan kulit. Beberapa produk dengan kandungan senyawa ini adalah lotion, krim, sabun, sampo, dan konditioner.

Senyawa alami yang juga disebut gliserol ini bisa terbuat dari lemak hewani atau minyak nabati, termasuk minyak sawit, kelapa atau minyak kedelai. Cairan ini juga terbuat secara sintetis dari propylene.

Struktur gliserol (C3H8O3) terdiri dari tiga molekul karbon, delapan molekul hidrogen, dan tiga molekul oksigen. Ini merupakan komponen penting dari trigliserida dan fosfolipid. Saat tubuh menggunakan lemak yang tersimpan sebagai sumber energi, gliserol dan asam lemak dilepaskan ke aliran darah.

Manfaat Gliserin untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Berkat manfaatnya sebagai penyembuhan yang sangat bagus untuk kulit, membuat gliserol mudah kita temukan dalam berbagai produk perawatan kulit. Ini karena memiliki humektan alami atau pelembap kulit, yang membuatnya mampu menjaga kulit tetap terhidrasi, lembut, dan kenyal. Cairan ini juga melindungi kulit dari paparan lingkungan yang berbahaya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Selengkapnya berikut ini manfaat gliserin untuk kecantikan kulit:

1. Antipenuaan

Glycerin atau gliserol adalah bahan utama dalam produk antipenuaan, karena memiliki sifat pelembap. Kurangnya kelembapan dapat memengaruhi aktivitas protease pada kulit yang menyebabkan kulit mengelupas dan mempercepat penuaan kulit.

Senyawa ini mampu menarik kelembapan dari lingkungan dan meningkatkan kadar air pada kulit dan ini membantu memperlambat proses penuaan.

2. Mencegah Jerawat

Manfaat gliserin sangat bagus dalam mengobati dan mencegah jerawat. Ini karena gliserol merupakan senyawa nonkomedogenik dan bebas minyak, sehingga menyumbat pori-pori penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, sifat pelembap dalam gliserol dapat mengurangi iritasi pada kulit.

3. Antiiritan

Gliserol merupakan bahan yang sangat lembut pada kulit karena senyawa ini terbuat dari zat nabati, yang banyak digunakan untuk mengobati iritasi kulit, ruam, dan gatal.

Sebuah penelitian pada tikus coba menemukan bahwa gliserol dapat mengatasi iritasi kulit akibat Sodium Lauryl Sulphate (SLS), merupakan bahan aktif dalam kebanyakan produk kecantikan. Gliserol juga memperbaiki pelindung alami kulit dengan sifat antiinflamasi.

Bahkan gliserol dapat meredakan iritasi akibat masalah kulit lainnya, seperti psoriasis dan eksim.

4. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dapat mengurangi kadar kolagen pada kulit dan menyebabkan kerusakan kulit secara signifikan. Sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa manfaat gliserin, bersama dengan senyawa lainnya, dapat menjaga tingkat elastisitas kulit dan membuatnya awet muda.

5. Membuat Kulit Lebih Halus

Fungsi gliserin dapat membuat kulit tampak lebih halus tanpa membuatnya terlihat berminyak. Gliserol adalah humektan yang dapat menarik kelembapan dari lingkungan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terasa halus. Jadi, cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering.

6. Mencegah Photoaging

Photoaging adalah penuaan akibat sering terpapar sinar ultraviolet (UV). Gliserol adalah senyawa yang terdapat dalam sebagian besar produk tabir surya karena membantu mencegah kerusakan parah akibat sinar UV. Mengaplikasikan tabir surya secara teratur juga memperbaiki warna kulit yang tidak merata akibat paparan sinar UV.

Meskipun bisa mendapatkan manfaatnya dari kebanyakan produk kecantikan yang mengandung gliserol Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai bahan terpisah untuk pengobatan. Jika ingin menghindari penggunaan bahan kimia lain pada kulit, gliserol adalah pilihan terbaik.

Baca Juga: 15 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami dan Medis

7. Mengobati Eksim dan Dermatitis Atopik

Mengingat sifat pelembap dan menghidrasi dari glycerin mampu membantu menenangkan kulit kering, ini dapat mengobati penyakit kulit seperti eksim dan dermatitis atopik. Hal ini telah didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa krim dengan kandungan senyawa ini mampu mengobati kedua penyakit kulit tersebut.

8. Pembersih Wajah

Mereka yang memiliki kulit berminyak cenderung mudah berjerawat. Menggunakan senyawa ini dapat membantu membersihkan wajah dari kotoran karena gliserol memiliki efek netral pada kulit. Anda dapat dengan mudah menggunakan produk berbahan gliserol untuk menjaga kebersihan kulit dan menghilangkan semua sisa kotoran tanpa membuat kulit terlalu kering dan elastis.

9. Mengangkat Kulit Mati

Fungsi gliserin dapat memecah protein dalam sel kulit mati dan mengangkatnya dari kulit. Cara ini membantu dalam pembentukan sel kulit baru, membuat kulit bersih dan sehat.

Meskipun ada banyak produk kecantikan yang mengklaim mengandung gliserol di dalamnya, sebaiknya menggunakan perawatan kecantikan gliserol buatan sendiri untuk menghindari penggunaan bahan kimia lain pada kulit.

10. Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak

Glycerin juga bisa Anda gunakan sebagai toner (cairan untuk mengangkat sisa kotoran pada kulit) untuk kulit berminyak. Ini tidak berminyak, dan karenanya, dapat menjaga kulit Anda kencang dan terhidrasi tanpa memicu produksi sebum yang berlebihan.

11. Membantu Pematangan Sel

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa fungsi gliserin mampu meremajakan kulit dengan meningkatkan pematangan sel kulit. Kulit dapat melepaskan banyak sel dan menghasilkan sel yang lebih muda untuk menggantikannya.

Lapisan atas kulit mengandung sel-sel dewasa yang menghasilkan lipid untuk membentuk pelindung pada kulit. Gliserol membantu sel-sel muda menjadi dewasa dan naik ke permukaan sebelum akhirnya terlepas. Jika proses ini terhenti, kulit akan terlihat kusam dan kering.

12. Mengobati Luka dan Mengendalikan Infeksi

Larutan dengan kandungan gliserol 85% memiliki efek bakterisidal dan antivirus yang membantu penyembuhan luka dengan cepat. Sebuah penelitian menemukan bahwa penggunaan cairan ini pada luka efektif mengurangi peradangan. Selain itu, produk berbasis gliserol juga ditemukan sebagai antimikroba.

Baca Juga: 10 Urutan Skincare Pagi yang Benar untuk Kulit Cantik dan Glowing

Cara Menggunakan Gliserin Langsung pada Kulit

Menurut penelitian ilmiah, penggunaannya benar-benar aman untuk wajah. Bahan kosmetik ini banyak digunakan pada beberapa krim dan pembersih wajah. Namun, gliserol dengan mudah menarik dan menyerap kelembapan, debu, dan polusi, yang mungkin dapat menyebabkan iritasi bagi sebagian orang.

Oleh karena itu, idealnya Anda harus mengencerkan gliserol mentah ke dalam air atau air mawar sebelum mengoleskannya pada wajah.

Efek Samping Gliserin

Penggunaanya aman dan efektif tanpa menimbulkan efek samping. Namun, rasa terbakar, menyengat, kemerahan atau iritasi mungkin dapat terjadi dari produk topikal apa pun. Jika salah satu dari gejala ini terus berlanjut atau menjadi lebih buruk, segera dapatkan pengobatan medis.

Meskipun jarang menyebabkan alergi, tetapi segera cari perawatan medis jika menunjukkan tanda-tanda reaksi alergi yang serius.

 

  1. Frothingham. 2019. Is Glycerin Good for Your Face and Skin?. https://www.healthline.com/health/glycerin-for-face. (Diakses pada 20 November 2020)
  2. Higuera, Valencia. 2020. Can You Use Glycerin to Whiten Your Skin?. https://www.healthline.com/health/glycerin-for-skin-whitening#is-it-safe. (Diakses pada 20 November 2020)
  3. Price, Annie. 2020. What Is Glycerin? Benefits, Uses and Side Effects for Skin Health. https://draxe.com/beauty/glycerin/. (Diakses pada 20 November 2020)
  4. Sinha, Ramona. 2019. 10 Amazing Benefits Of Glycerin For Oily Skin. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-glycerin-for-oily-skin/. (Diakses pada 20 November 2020)
  5. Trikha, Suparna. 2020. Glycerine For Skin Care: Amazing Benefits And Uses Of Glycerine. https://food.ndtv.com/beauty/glycerine-for-skin-care-amazing-benefits-and-uses-of-glycerine-1964575. (Diakses pada 20 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi