10 Manfaat Gelatin untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

manfaat-gelatin-doktersehat

DokterSehat.Com – Protein tersedia dalam berbagai macam bentuk. Salah satunya adalah gelatin yang berasal dari ekstrak kolagen yang berasal dari tulang hewan. Gelatin mudah diolah dan dapat menjadi campuran berbagai jenis makanan. Manfaat gelatin untuk tubuh juga sangat banyak. Berikut adalah manfaatnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan!

Apa Itu Gelatin?

Sebagian dari Anda tentunya masih bertanya-tanya apa itu gelatin dan dari mana datangnya gelatin. Sebelum mengetahui manfaatnya, perlu diketahui gelatin adalah senyawa turunan protein yang didapatkan dengan cara mengekstrak kolagen yang berasal dari tulang hewan seperti sapi atau ikan, namun yang lebih umum adalah sapi.

Bisa dikatakan bahwa gelatin adalah bentuk kolagen yang telat dimasak atau diolah dan berubah menjadi zat yang tidak memiliki warna atau rasa. Umumnya gelatin ditemukan dalam bentuk bubuk dan bisa diolah menjadi bahan makanan yang biasanya menjadi campuran pudding atau sup. Selain itu gelatin juga banyak dijadikan sebagai bahan campuran kosmetik dan juga obat.

Gelatin memiliki sifat larut dalam air panas, tidak seperti kolagen. Meskipun begitu, keduanya memiliki kandungan asam amino yang sama sehingga gelatin kurang lebih memiliki manfaat yang sama seperti kolagen. Perlu diketahui juga bahwa kolagen merupakan salah satu protein utama yang menyusun tubuh, jumlahnya mencapai 25-30%. Kebanyakan kolagen ditemukan di tulang, tulang rawan, dan di kulit.

Manfaat Gelatin

Kolagen merupakan protein yang sangat dibutuhkan untuk tubuh dan gelatin merupakan bentuk lain dari kolagen. Karena keduanya memiliki kandungan yang sama, tentu manfaatnya juga tidak akan jauh berbeda. Berikut adalah berbagai manfaat gelatin untuk tubuh!

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat gelatin yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kolagen adalah salah satu komponen penting pembangun tulang sehingga konsumsi gelatin dapat membantu menutrisi tulang.

Gelatin dapat mencegah penyakit seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang yang biasa terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Selain itu, gelatin tentunya juga dapat memelihara kesehatan gigi dan mencegah masalah gusi dan kerusakan gigi lainnya.

2. Menjaga kesehatan sendi

Manfaat gelatin yang kedua adalah untuk menjaga kesehatan sendi. Selain menyusun tulang, kolagen juga ditemukan dalam tulang rawan yang ada pada persendian. Ketika tulang rawan mengalami aus, radang sendi juga akan muncul. Selain memelihara sendi, gelatin juga dipercaya dapat mengatasi gelaja pada radang sendi atau osteoarthritis.

3. Mengatasi insomnia

Gelatin memiliki kandungan berbagai asam amino. Salah satu kandungan asam amino utama dalam gelatin adalah glycine. Asam amono satu ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang.  Hal ini lah yang menyebabkan gelatin dipercaya dapat mengatasi insomnia dan membuat seseorang tidur lebih nyenyak.

4. Mengurangi kecemasan

Selain meningkatkan kualitas tidur, manfaat gelatin lainnya adalah dapat mengurangi kecemasan. Kandungan berbagai asam amino dalam gelatin mampu memberi efek menenangkan pada sistem saraf sehingga gaelatin digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi gejala kecemasan.

5.Menjaga sistem pencernaan

Manfaat gelatin yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah dapat memelihara sistem pencernan. Kandungan glycine dalam gelatin memiliki efek antiinflamasi dan dapat menurunkan peradangan pada saluran pencernaan. Selain itu, gelatin juga mampu untuk menormalkan kadar asam lambung sehingga penyarapan protein dan nutrisi lainnya dapat berjalan dengan normal.

6. Mempercepat pemulihan cedera

Melakukan latihan atau olahraga berat dapat menyababkan cedera. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan gelatin. Seperti yang sudah disebutkan selebelumnya, gelatin memiliki sifat antiperadangan. Selian itu, gelatin memiliki pengaruh besar terhadap pemeliharan sendi dan tulang. Tidak heran jika gelatin juga dapat memulihkan cedera dengan lebih cepat.

7. Menurunkan berat badan

Gelatin juga terkenal mampu untuk membantu menurunkan berat badan. Sama seperti protein pada umumnya, gelatin dicerna lebih lama dari pencernaan sehingga dapat membantu kenyang lebih lama. Hal ini lah yang membuat gelatin cocok untuk dijadikan diet untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, konsumsi gelatin juga dipercaya dapat menurunkan keinginan untuk konsumsi gula, sehingga gelatin dikalim mampu untuk mengongtrol kada gula darah.

8. Meningkatkan sistem imun

Gelatin juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Manfaat gelatin satu ini didapatkan dari fungsi gelatin untuk memelihara sistem pencernaan. Sistem imunitas ternyata sangat dipengaruhi oleh sistem pencernaan. Hampir 80% sel imunitas bekerja dengan efektif dalam sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan tidak terjaga imunitas seseorang juga akan menurun atau sebaliknya.

9. Memperbaiki kualitas kuku dan rambut

Selain berbagai manfaat untuk kesehatan, terdapat juga beberapa manfaat gelatin untuk kecantikan. Salah satunya adalah memperbaiki kualitas kuku dan rambut. Gelatin dapat memperbaiki kuku dan rambut yang rusak dan dapat mempercepat pertumbuhan keduanya.

10. Memelihara kulit

Manfaat gelatin untuk kecantikan selanjutnya adalah memelihara kulit. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa kolagen ditemukan dalam jumlah banyak di kulit. Kolagen merupakan protein yang menjaga kekencangan dna juga elistisitas kulit. Penggunaan gelatin untuk kulit diklaim mampu untuk mengatasi masalah seperti penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit.

Penggunaan Gelatin

Cara mendapatkan manfaat gelatin yang paling umum adalah dengan cara menggunakannya sebagai bahan makanan. Gelatin dapat diolah menjadi campuran pudding, sup, smoothies, atau permen. Gelatin juga tersedia dalam bentuk obat maupun suplemen. Jika ingin menggunakan gelatin sebagai pengobatan, maka sebaiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter dan gunakanlah sesuai dengan aturan pakainya.

Selain itu, dalam dunia kecantikan, terdapat juga masker gelatin yang terkenal dapat mengatasi masalah komedo. Namun jika ingin mendapatkan manfaat gelatin untuk kulit, maka akan lebih baik jika mengonsumsinya langsung, karena tidak diketahui efektivitas penyerapannya jika diaplikasikan langsung pada kulit.

Penggunaan gelatin dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang. Hentikan penggunannya jika muncul reaksi alergi. Sebaiknya konsumsi gelatin secukupnya dan tidak berlebihan. Jangan lupa juga menjaga asupan nutrisi lainnya seperti karbohidrat dan lemak yang juga dibutuhkan oleh tubuh.