Terbit: 8 Juli 2021 | Diperbarui: 9 Juli 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat garam Himalaya sangat bagus untuk kesehatan hingga kecantikan kulit. Ini berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Yuk, selengkapnya simak berbagai khasiat garam yang bisa Anda dapatkan!

13 Manfaat Garam Himalaya bagi Kesehatan, Detoksifikasi hingga Kecantikan Kulit

Apa Itu Garam Himalaya?

Garam Himalaya adalah garam yang secara kimiawi mirip dengan garam meja. Jenis garam yang berasal dari pegunungan Himalaya di Pakistan ini mengandung hingga 98 persen natrium klorida. Sisa garam terdiri dari trace mineral, seperti potasium, magnesium, dan kalsium. Ini yang membuat garam Himalaya berwarna merah muda atau pink. Mineral ini juga membuat garam Himalaya rasanya berbeda dari garam meja biasa.

Kandungan Nutrisi Garam Himalaya

Garam Himalaya memiliki lebih sedikit natrium per porsi daripada garam meja biasa. Dalam garam meja mengandung 2360 miligram natrium per sendok teh, sedangkan satu sendok teh garam merah muda Himalaya mengandung 1.680 miligram natrium.

Garam merah muda Himalaya mengandung sedikit mineral yang tidak dimiliki garam meja biasa. Berbagai manfaat garam Himalaya ini berkat beberapa kandungan nutrisi berikut:

  • Zinc
  • Besi
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium

Kandungan nutrisi ini bisa bervariasi tergantung di mana garam merah muda Himalaya bersumber. Lebih penting lagi, beberapa sampel garam merah muda Himalaya mengandung unsur-unsur yang berpotensi beracun seperti arsenik, merkuri, dan timbal.

Manfaat Garam Himalaya bagi Kesehatan

Garam Himalaya pink mengandung mineral yang tidak terdapat dalam garam meja, mineral ini hanya ada dalam jumlah yang sangat sedikit. Meski begitu, komposisi kimianya yang mirip membuat jenis garam ini memiliki banyak manfaat yang sama dengan garam biasa.

Berikut ini daftar manfaat garam Himalaya untuk kesehatan:

1. Detoksifikasi Tubuh

Kandungan mineral yang kaya dalam garam Himalaya dapat membantu detoksifikasi atau membuang racun di tubuh. Garam ini mengandung lebih dari 80 mineral dan elemen, seperti potasium, zat besi, dan kalsium. Semua mineral ini membantu proses detoksifikasi alami tubuh dan membantu membuang bakteri.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Garam meja sangat diproses dan mengandung lebih sedikit mineral dan lebih banyak natrium daripada garam Himalaya. Ketika Anda menukar garam meja dengan garam Himalaya, tubuh lebih mudah memprosesnya karena tidak memerlukan banyak air untuk membersihkan kelebihan natrium seperti jika mengonsumsi garam meja.

Ini adalah garam yang secara alami kaya akan yodium, yang ditambahkan oleh produsen makanan secara artifisial ke garam meja setelah memprosesnya. Berkat yodium alami, manfaat garam Himalaya sangat efektif membantu tubuh membentuk keseimbangan elektrolit. Ini membantu usus menyerap nutrisi dan menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

3. Membantu Menghidrasi Tubuh

Ingin menghidrasi tubuh setelah latihan yang kuat? Cobalah minum larutan dari garam laut dan air lemon.

Rata-rata tubuh orang dewasa terdiri dari 65 persen air. Jika tidak minum sekitar 1,8 liter air atau lebih dalam sehari. Jika kadar air di tubuh turun sedikitnya 2 persen, Anda akan merasa lelah.

Apa alasan garam laut dan air lemon bisa membantu menghidrasi tubuh? Minuman bekerja seperti yang dilakukan oleh minuman olahraga. Pada dasarnya saat kita berkeringat atau berolahraga, tubuh kehilangan mineral atau elektrolit. Minum air dengan sejumput garam Himalaya yang kaya mineral setelah berolahraga bisa membantu mendapatkannya kembali, sehingga meningkatkan energi dan hidrasi.

4. Meningkatkan Pencernaan

Berkat kandungan mineral yang tinggi, manfaat garam Himalaya bagi kesehatan dapat membantu menyeimbangkan kadar pH tubuh. Ketika kadar pH seimbang, tubuh Anda memiliki kekebalan yang lebih baik dan lebih mampu dalam memproses dan mencerna makanan.

5. Membuat Tidur Nyenyak

Seseorang cenderung bangun jam 3 pagi karena ini adalah salah satu waktu paling umum di malam hari bagi orang untuk bangun dan berjuang dengan tidur, dan ini ada kaitannya dengan asupan garam.

Antara pukul 2-4 pagi, reaksi biokimia yang terjadi karena hormon stres tingkat tinggi yang mengalir melalui sistem tubuh menyebabkan gangguan tidur dan mengganggu kemampuan Anda untuk tetap tidur.

Untuk membantu Anda tidur malam yang nyenyak, cobalah campurkan madu mentah dengan sejumput garam Himalaya dan masukkan ke dalam secangkir teh.

Baca Juga: 12 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

6. Memurnikan Udara

Manfaat garam Himalaya pink tidak hanya bisa Anda makan, tetapi bisa sebagai penggunaan luar. Praktisi medis holistik menghargai lampu garam Himalaya karena mampu memurnikan udara dalam ruangan, mengurangi alergi, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Bersifat higroskopis secara alami, garam Himalaya dapat menarik air ke permukaannya. Cahaya dari lampu Himalaya dapat menyebabkan air yang diserapnya cepat menguap. Jadi, meskipun ada beberapa penelitian tentang lampu garam Himalaya, masuk akal bahwa ini akan membantu mengurangi jamur dan alergi.

7. Meningkatkan Mood dan Ketenangan

Tidak hanya memurnikan udara, lampu garam Himalaya juga memancarkan antitesis yang bagus untuk semua perangkat (smartphone, tablet, tv, komputer, dan lainnya) yang cenderung kita lihat sebelum tidur.

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa paparkan dari cahaya biru, yang terpancar dari smartphone, komputer, dan tablet. Lampu garam Himalaya secara alami menghasilkan cahaya lembut dan hangat mirip dengan yang dihasilkan oleh lilin atau api unggun. Jadi, ini adalah lampu malam yang sempurna untuk kamar atau anak-anak.

Lampu garam Himalaya juga menghasilkan sedikit  ion negatif Рmolekul tidak berbau dan tidak berasa yang banyak kita temukan di lingkungan alami, seperti pegunungan dan pantai. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ion negatif dapat meningkatkan serotonin dan mengurangi gejala depresi.

8. Eksfoliator untuk Kulit Kering

Sebagai eksfoliator, manfaat garam Himalaya dapat membantu mengelupas kulit kering di musim dingin. Garam ini menjadi eksfoliator alami yang sangat bagus untuk kulit.

Untuk membuatnya, campurkan kristal garam dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian aplikasikan menggunakan waslap hangat atau mandi air hangat untuk membuat kulit yang lebih halus dan lembut.

9. Meredakan Eksim

Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, manfaat garam Himalaya pink bagus untuk berbagai kondisi kulit seperti eksim, tetapi ini mungkin juga bergantung pada sumbernya. National Eczema Association merekomendasikan untuk menambahkan secangkir garam Himalaya ke dalam bak air mandi untuk meredakan eksim.

10. Meredakan Nyeri dan Kram Otot

Mandi air garam Himalaya dan mineral adalah cara yang bagus untuk membantu meredakan nyeri atau kram otot. Sedangkan mineral memudahkan tubuh untuk menyerap magnesium dan mineral lainnya dalam garam, yang dapat memperkuat tulang dan jaringan ikat. Ini mungkin membantu meredakan rasa sakit.

Baca Juga: 7 Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan

11. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Tidak sedikit yang percaya bahwa terapi garam dengan menghirup udara dari larutan garam bermanfaat untuk kondisi pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronik (COPD).

Meskipun masih memerlukan lebih banyak penelitian tentang hal ini, para ilmuwan telah menemukan peningkatan yang signifikan secara statistik dalam kuesioner terhadap responden dengan COPD yang menggunakan inhaler garam kering.

12. Mengatur Gula Darah dan Keseimbangan Hormon

Menggunakan garam Himalaya setiap hari dapat memastikan aliran cairan yang tepat dalam tubuh. Keseimbangan mineral dan hormon yang baik dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

13. Meredakan Sakit Tenggorokan

Sejak dulu, berkumur dengan air garam mampu membantu meredakan sakit tenggorokan. Meskipun ini bukan obat yang memberi bantuan segera, air garam dapat membantu membunuh bakteri, melonggarkan lendir, dan mengurangi rasa sakit, di tenggorokan. Cobalah campurkan 1/2 sendok teh garam Himalaya merah muda yang telah Anda tumbuk halus dengan secangkir air hangat dan berkumur.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. 2017. 6 Wonderful Benefits of Himalayan Salt: The Purest Salt on Earth. https://food.ndtv.com/food-drinks/6-wonderful-benefits-of-himalayan-salt-the-purest-salt-on-earth-1683201 (Diakses pada 8 Juli 2021)
  2. Anonim. 2020. Himalayan Pink Salt: Are There Health Benefits?. https://www.webmd.com/diet/himalayan-pink-salt-health-benefits#1 (Diakses pada 8 Juli 2021)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. Incredible Benefits of Himalayan Salt. https://healthyhumanlife.com/blogs/news/benefits-of-himalayan-salt (Diakses pada 8 Juli 2021)
  4. Kloss, Kelsey. 2019. 6 Healing Ways to Use Himalayan Pink Salt for Your Body and Mind. https://www.prevention.com/health/a26718702/himalayan-pink-salt-benefits/ (Diakses pada 8 Juli 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi