10 Manfaat Gambir untuk Pria dan Wanita (Tak Disangka)

manfaat-gambir-doktersehat

DokterSehat.Com – Berbicara mengenai obat herbal, ada banyak sekali jenis tanaman yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Salah satu tanaman obat yang yang tidak boleh dilewatkan adalah daun gambir. Tanaman merambat ini punya segudang manfaat, mulai dari manfaat gambir untuk pria, manfaat gambir untuk wanita, hingga manfaat gambir untuk wajah.

Apa Itu Gambir?

Gambir adalah salah satu jenis obat tradisional hasil ekstraksi tanaman gambir (Uncaria Gambir Roxb).

Proses ekstraksi tanaman gambir (daun dan ranting) sampai menjadi obat terbagi ke dalam 5 (lima) tahap, yakni perebusan, pengendapan, penirisan, pencetakan, dan diakhiri dengan pengeringan.

Gambir banyak tumbuh di wilayah Sumatera, dan sudah sejak lama dipercaya masyarakat dapat mengatasi pelbagai masalah kesehatan, pun merawat dan meningkatkan stamina tubuh. Manfaat gambir untuk kesehatan ini tidak lepas dari sejumlah kandungan zat yang ada di dalamnya yang bersifat antioksidan dan antibakteri.

Manfaat Gambir untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tidak se-familiar tanaman herbal lainnya, siapa sangka jika ternyata gambir punya banyak manfaat tak terduga bagi kesehatan tubuh. Anda yang tengah mencari alternatif obat herbal, sudah selayaknya mempertimbangkan gambir sebagai daftar obat herbal yang akan dikonsumsi, melihat manfaat tanaman gambir yang beragam.

1. Mengatasi Plak Gigi

Plak gigi adalah salah satu masalah kesehatan gigi yang disebabkan oleh bakteri Streptococus Mutans. Adanya kandungan senyawa tanin yang bersifat sebagai antibakteri lantas menjadikan gambir efektif mengatasi masalah plak gigi ini.

2. Mengatasi Penyakit Lambung

Gambir juga bisa berfungsi sebagai obat sakit lambung. Guna mendapatkan khasiat gambir untuk lambung, campurkan ekstrak gambir dengan segelas air hangat dan madu, kemudian minum secara rutin 2 kali sehari sampai sakit lambung hilang.

3. Mengobati Diare

Selain larutan oralit, para penderita diare juga disarankan mengonsumsi ekstrak tanaman gambir. Kandungan pada gambir dinilai dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membasmi bakteri yang memicu terjadinya diare.

4. Mengobati Luka

Saat kulit Anda terluka, gambir bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Adanya zat antibakteri membantu gambir dalam menangkal infeksi bakteri sehingga luka bisa cepat mengering.

Taburkan bubuk ekstrak gambir pada bagian kulit yang terluka, kemudian biarkan sampai mengering. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

5. Mencegah Kanker Kulit

Tim peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dilansir dari Okezone, menemukan fakta bahwa gambir efektif dalam mencegah berkembangnya sel kanker kulit. Manfaat gambir untuk kesehatan yang satu ini dikarenakan kandungan katekin yang sangat tinggi.

Itu sebabnya, banyak produk tabir surya yang memasukkan tanaman gambir menjadi salah satu komposisinya. Sebagaimana diketahui, kanker kulit kerap disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV).

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang tidak mudah terserang penyakit pastinya memiliki sistem kekebalan tubuh (imun) yang baik. Guna meningkatkan kinerja sistem imun, maka diperlukan asupan zat antioksidan yang akan membantu menangkal serangan mikroorganisme penyebab penyakit.

Gambir adalah solusi terbaik oleh karena tanaman ini mengandung zat antikosidan (katekin) yang tinggi, hampir mencapai 90 persen.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Bahkan, kandungan katekin yang sangat tinggi pada ekstrak tanaman gambir disebut-sebut dapat meminimalisir atau mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti serangan jantung, pun mencegah Anda dari kelebihan berat badan (obesitas), dan berperan penting dalam pembentukan kolagen.

Manfaat Gambir untuk Pria, Wanita, dan Wajah

Lebih jauh, manfaat gambir untuk kesehatan dapat digolongkan ke dalam 3 (tiga) jenis manfaat, yakni manfaat gambir untuk pria, manfaat gambir untuk wanita, dan manfaat gambir untuk wajah.

1. Manfaat Gambir untuk Pria

Bagi Anda para pria, gambir diklaim memiliki sejumlah khasiat untuk meningkatkan stamina dan keperkasaan di atas ranjang, lho. Berikut ini beberapa manfaat gambir untuk pria yang perlu Anda ketahui.

  • Mengatasi Lemah Syahwat

Dari sekian banyak obat herbal untuk mengatasi lemah syahwat pada pria, gambir adalah salah satu yang dipercaya paling efektif mengobati masalah seksual yang satu ini. Tidak percaya? Coba saja buktikan sendiri.

  • Meningkatkan Durasi Hubungan Intim

Hubungan suami-istri yang harmonis salah satunya dipengaruhi oleh pengalaman bercinta yang memuaskan, di mana durasi berhubungan badan juga jadi faktor utama.

Jika selama ini Anda dan pasangan memiliki durasi bercinta yang kurang lama, maka mengonsumsi gambir diklaim dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga Anda jadi bisa lebih tahan lama di atas ranjang.

  • Mengobati Ejakulasi Dini

Salah satu masalah besar terkait seksualitas pria adalah ejakulasi dini. Kondisi ini tentu saja tidak bagus, baik secara mental maupun fisik Anda. Selain rasa percaya diri yang menurun, risiko renggangnya hubungan Anda dan pasangan juga semakin tinggi akibat ejakulasi dini.

Selain berobat ke dokter dan mengonsumsi obat ejakulasi dini, Anda juga bisa memanfaatkan gambir untuk mengobati ejakulasi dini yang diderita. Ya, manfaat gambir untuk pria juga termasuk mengatasi ejakulasi dini sehingga layak untuk dicoba dan dibuktikan khasiatnya.

2. Manfaat Gambir untuk Wanita

Sementara untuk kaum hawa, gambir memiliki sejumlah khasiat terkait kesehatan organ kewanitaan Anda. Manfaat gambir untuk wanita meliputi:

  • Mengatasi Keputihan

Keputihan adalah masalah yang kerap dialami oleh wanita. Nah, guna mengatasi keputihan, Anda disarankan untuk mengonsumsi ekstrak gambir. Kandungan senyawa tanin yang bersifat sebagai astrigen ditengarai menghasilkan manfaat gambir untuk kesehatan organ wanita yang satu ini karena dapat mengusir kuman dan bakteri penyebab keputihan

  • Mencegah Penuaan Dini

Wanita mana yang tidak ingin terlihat awet muda? Salah satu cara merawat kulit agar terlihat awet muda adalah dengan mengonsumsi ekstrak tanaman gambir. Kandungan katekin yang bersifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi efektif untuk mencegah kulit mengalami penuaan dini.

3. Manfaat Gambir untuk Wajah

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang memerlukan perhatian khusus agar senantiasa terlihat bersih dan indah. Tak disangka, ternyata gambir juga bermanfaat untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah Anda. Manfaat gambir untuk wajah yaitu:

  • Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah ‘noda’ pada wajah yang tentunya akan mengurangi estetika wajah. Salah satu cara menghilangkan jerawat dengan mudah adalah menggunakan masker gambir. Oleskan pasta dari bubuk gambir ke seluruh area wajah, lalu biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih dan sabun.

  • Mengatasi Flek Hitam dan Keriput

Salah satu tanda penuaan kulit adalah kemunculan flek hitam dan keriput pada wajah. Dengan menggunakan masker dari ekstrak gambir yang mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi, kulit wajah dipercaya akan kembali kencang dan segar bebas flek.

Sama seperti saat hendak menghilangkan jerawat, oleskan pasta gambir pada area wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Kandungan Zat Gambir

Gambir diperkaya oleh sejumlah zat atau senyawa kimia bersifat antioksidan dan antibakteri yang efektif untuk mengobati macam-macam penyakit, juga merawat kesehatan tubuh. Dua zat utama yang menghasilkan manfaat gambir untuk kesehatan yakni:

1. Katekin

Katekin adalah metabolit sekunder yang termasuk ke dalam golongan flavonoid. Senyawa katekin bersifat sebagai polifenol antioksidan dan antitumor. Selain pada gambir, katekin dapat ditemukan pada sejumlah jenis sayuran dan buah-buahan.

2. Tanin

Selain katekin, kandungan utama pada tanaman obat gambir adalah tanin. Tanin adalah senyawa kimia yang termasuk dalam golongan polifenol. Tanin (asam catechutannat) yang juga ditemukan pada daun teh, akasia, kosambi, pinang, dan kulit manggis ini bersifat sebagai antiseptik, astrigen, dan antibakteri.

Tanin pada tanaman gambir lantas terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:

  • Dihidro tanin
  • Okso tanin

Bagaimana, beragam sekali manfaat tanaman gambir untuk kesehatan tubuh Anda, bukan? Kandungan gambir pun sangat beragam untuk dijadikan alternatif pilihan obat herbal. Semoga bermanfaat!

Sumber:

Nasution, Suci Rachmawati. Pengaruh Perawatan Masker Gambir Terhadap Perawatan Kulit Wajah Berjerawat. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/viewFile/7208/5655  [Diakses pada 10 April 2019)