13 Manfaat Edamame, Bisa Turunkan Berat Badan!

manfaat-edamame-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda yang suka bersantap di restoran Jepang mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis kacang kedelai yang satu ini. Kacang edamame adalah salah satu kudapan wajib bagi masyarakat Jepang. Di balik fungsinya yang hanya sebagai kudapan, ternyata manfaat edamame untuk kesehatan sangat besar, lho. Cari tahu informasinya berikut ini!

Apa Itu Edamame?

Edamame adalah salah satu jenis kacang kedelai. Kacang edamame dikenal juga sebagai kacang kedelai Jepang. Meskipun begitu, faktanya kacang ini berasal dari Tiongkok. Edamame umumnya dikonsumsi sebagai kudapan.

Menemukan kacang edamame tidaklah sulit. Selain di restoran Jepang, Anda juga bisa mendapatkan edamame di pasar maupun supermarket. Manfaat kacang edamame bagi tubuh sangat beragam. Hal ini karena kacang mungil tersebut punya segudang kandungan gizi yang memang diperlukan tubuh agar senantiasa sehat.

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Kacang edamame atau kedelai Jepang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsinya secara rutin merupakan langkah tepat agar tubuh senantiasa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Berikut ini manfaat edamame yang harus Anda ketahui.

1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kacang edamame memiliki kandungan zat senyawa isoflavin, yang mana zat ini diklaim mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah atau mengurangi resiko terjadinya serangan kanker, utamanya kanker payudara dan kanker prostat.

2. Membuat Tulang Menjadi Lebih Padat

Edamame juga bermanfaat untuk membuat tulang menjadi lebih padat. Manfaat edamame yang satu ini disebabkan oleh adanya kandungan gizi yang dibutuhkan tulang, seperti kalsium, zat besi, asam folat, dan magnesium.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang dimiliki oleh edamame juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Jika begitu, tentu ini jadi kabar baik baik Anda yang tengah mengalami masalah pencernaan, pun sedang menjalani program diet.

Selain itu, kacang edamame adalah kacang yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Mengonsumsinya akan menimbulkan efek kenyang yang lebih lama, sehingga porsi makan Anda bisa lebih terkontrol.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang wajib diwaspadai oleh karena serangannya yang acap kali datang tiba-tiba. Guna mencegah agar jantung Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi kacang edamame.

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 ditengarai menjadi salah satu faktor kunci mengapa manfaat kacang edamame sangat besar dalam mencegah penyakit jantung tersebut, di samping adanya kandungan antioksidan dengan konsentrasi tinggi yang mampu mengurai lemak menumpuk penyebab terjadinya serangan jantung. Hal ini sudah diakui pula oleh Food and Drug Association (FDA).

5. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau daah tinggi juga bisa dicegah jika Anda secara rutin mengonsumsi kacang edamame. Sama seperti poin sebelumnya, manfaat edamame ini juga dihasilkan dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Jadi, Anda yang memiliki hipertensi, alangkah baiknya jika memasukkan juga kacang kedelai edamame ke dalam daftar menu sehat sehari-hari, ya!

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ketika berbicara mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh, maka tubuh memerlukan asupan vitamin B dan vitamin C yang cukup. Nah, Anda bisa menemukan kedua vitamin tersebut di dalam kandungan kacang edamame.

Berkaitan dengan kondisi cuaca yang tidak bagus akhir-akhir ini, maka baiknya perkuat daya tahan tubuh dengan mengambil manfaat edamame yang satu ini.

7. Sumber Protein Nabati

Jika dibandingkan dengan jenis kacang kedelai lainnya, kacang edamame memiliki kandungan protein yang paling tinggi, yakni 36% lebih banyak dari jenis kedelai lain. Makanan yang mengandung protein tentu saja memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bukan? Selain itu, manfaat kacang edamame ini dikarenakan kandungan lemak yang rendah sehingga aman dari resiko meningkatnya kadar kolesterol.

Studi yang dirilis oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health mengungkapkan bahwasanya konsumsi 47-gram protein kacang kedelai edemame mampu menurunkan kadar kolesterol sebesar 9,3 persen dan LDL atau kolesterol jahat sebanyak 12,9 persen.

8. Memproses Pembekuan Darah dengan Lebih Cepat

Penyebab sukarnya luka cepat kering saat habis terjatuh atau hal lainnya yang menimbulkan luka adalah ketidakmampuan tubuh untuk memproses pembekuan darah dengan cepat. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan vitamin K. Nah, sering-seringlah mengonsumsi edamame karena kacang ini memiliki kandungan vitamin K yang berguna untuk mempercepat proses pembekuan darah.

9. Menurunkan Berat Badan

Kacang edamame memiliki kandungan protein tinggi dan lemak jenuh yang rendah. Selain itu, tingkat kalorinya juga rendah serta kandungan karbohidratnya cukup kompleks. Hal ini menghasilkan manfaat edamame untuk diet. Anda yang kini tengah berjuang menurunkan berat badan bisa mencoba untuk mengonsumsinya secara rutin mulai saat ini.

10. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Ternyata, manfaat kacang edamame untuk kulit juga ada, lho! Anda yang ingin kulitnya tetap lembap, kenyal dan tidak keriput tentunya wajib mengonsumsi edamame secara rutin. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena kacang edamame diperkaya dengan vitamin A dan E yang memang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit dan mencegah kulit terkena breakout yang ditandai dengan rasa gatal dan kulit mengelupas.

Selain untuk kulit, vitamin E pada edamame juga berfungsi untuk menyuburkan rambut, pun menghambat pemutihan rambut.

11. Mencegah Radikal Bebas

‘Kecil-kecil cabe rawit’. Ungkapan tersebut agaknya pas untuk menggambarkan besarnya manfaat edamame bagi kesehatan tubuh. Bagaimana tidak? Bahkan serangan radikal bebas sekalipun bisa dicegah dengan kacang kedelai Jepang ini.

Dilansir dari Organic Facts, kandungan vitamin C pada edamame disebut-sebut berperan aktif dalam melindungi tubuh, utamanya kulit, dari dampak buruk radikal bebas.

12. Memperpanjang Umur

Salah satu kandungan antioksidan di dalam kacang edamame berupa daidzein ditengarai menghasilkan manfaat edamame dalam memperpanjang umur. Benarkah demikian? Tentunya jika Anda juga mengimbanginya dengan asupan gizi dan aktivitas sehat lainnya seperti berolahraga, ya! Selain itu, berkonsultasi dengan dokter terkait juga baiknya dilakukan agar informasinya lebih jelas.

13. Mencegah Peradangan

Dalam kaitannya mencegah dan mengatasi masalah peradangan pada tubuh, maka peran zat anti-inflamasi menjadi sangat penting. Kacang edamame bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin mengatasi peradangan yang mungkin kini tengah diderita oleh karena ‘kacang ‘ajaib’ ini punya kandungan zat tersebut di dalamnya.

Berapa Banyak Konsumsi Kacang Edamame yang Ideal untuk Tubuh Sehat?

Tidak ada hitungan pasti soal berapa banyak konsumsi kacang edamame yang dianjurkan agar manfaat edamame untuk kesehatan ini benar-benar terasa. Alangkah baiknya jika Anda konsultasikan hal ini kepada dokter terkait. Jangan lupa juga untuk tetap mengimbanginya dengan asupan gizi lainnya dan olahraga teratur serta menjaga pola makan. Semoga bermanfaat!