Terbit: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita diabetes tipe 2 sangat disarankan untuk sering mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan serat. Dengan melakukannya, maka bakteri di dalam usus bisa berubah menjadi lebih sehat.

doktersehat-sehat-makanan-oatmeal-jantung-aple-stetoskop-serat

Dikutip dari New Scientist, Liping Zhao dan rekan-rekannya yang berasal dari Shanghai Jiao Tong University, Tiongkok membandingkan dua jenis diet yang dilakukan oleh dua kelompok penderita diabetes selama lebih dari 12 minggu. Kelompok pertama berisi 16 orang yang mengonsumsi diet rendah lemak dan rendah karbo.

Sementara itu, kelompok lainnya mengonsumsi diet tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran, dan gandum utuh. Kedua kelompok juga meminum obat acarbose yang bisa membuat perut mencerna makanan lebih lambat dari biasanya.

Di akhir penelitian, 89 persen partisipan yang mengonsumsi diet tinggi serat mampu mengendalikan kadar gula darah dengan lebih efektif. Sementara itu, hanya 50 persen partisipan dengan diet rendah karbo dan rendah lemak yang mampu mengendalikan kadar gulanya dengan lebih baik.

Zhao menyebutkan bahwa kelompok yang rutin mengonsumsi diet serat tinggi juga cenderung lebih baik dalam menurunkan berat badannya dan memiliki kondisi lipid darah yang lebih baik.

Para peneliti kemudian mengecek kondisi bakteri di dalam usus, khususnya yang memproduksi asam lemak rantai pendek pada usus yang sangat penting bagi kesehatan pencernaan.

Hasilnya adalah, kelompok yang mengonsumsi diet serat tinggi mampu mengubah tatanan bakteri sehat di dalam usus yang bisa meningkatkan produksi insulin sekaligus menurunkan kadar gula darah dengan signifikan.

Hanya saja, Oluf Pedersen dari University of Copenhagen, Denmark, menyebutkan bahwa hasil penelitian ini sepertinya tidak bisa diaplikasikan pada seluruh penderita diabetes mengingat mereka tidak selalu diberi resep obat acarbose. Namun, Pedersen menganggap diet serat tinggi ini memang bisa bermanfaat bagi semua orang, termasuk penderita diabetes.

Sobat Sehat punya anggota keluarga dengan diabetes tidak? Jika iya, sarankan saja untuk menerapkan diet serat tinggi, ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi