DokterSehat.Com – DHA atau Docosahexaenoic Acid adalah salah satu nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan bahan aktif ini sangat baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan juga anak. Itulah kenapa wanita hamil disarankan mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung DHA setiap hari.

manfaat-DHA-doktersehat

Apakah DHA hanya dikhususkan untuk ibu hamil atau bayi yang baru lahir saja atau masih balita? Jawabannya adalah tidak, ada banyak sekali manfaat dari DHA yang bisa didapatkan oleh siapa saja termasuk Anda. Berikut ulasan tentang sumber dari DHA dan manfaatnya untuk tubuh secara menyeluruh.

Makanan yang menjadi sumber DHA

Makanan dengan kandungan DHA biasanya mengandung omega-3. Kalau Anda ingin mendapatkan manfaat dari nutrisi ini ada baiknya mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

  • Ikan laut berlemak sehat. Anda bisa mengonsumsi makarel, salmon, atau ikan sarden dengan takaran yang tepat. Beberapa jenis ikan hasil tangkapan liar kadang mengandung cemaran logam, jadi selalu batasi, misal mengonsumsinya sebanyak 2 kali dalam seminggu.
  • Salah satu seafood bercangkang ini memiliki banyak sekali kandungan DHA yang baik untuk tubuh. Dalam satu kali konsumsi Anda bisa menghabiskan sekitar 100 gram dalam keadaan mentah atau dimasak.
  • Kaviar adalah salah satu makanan yang sangat mahal karena dihasilkan dari ikan yang dirawat dengan sempurna. Kandungan dari telur berwarna hitam ini adalah omega-3 yang tentu di dalamnya ada DHA, kolin, dan omega-6.
  • Biji rami atau flaxseed. Biji dari tanaman rami ini bisa digunakan untuk menyuplai omega-3 yang cukup besar di tubuh. Bahan ini juga mudah didapatkan meski pengolahan harus dilakukan dengan benar seperti disangrai dahulu agar kandungan sianidanya hilang.
  • Kacang kedelai. Sebagai salah satu kacang yang paling banyak diolah menjadi makanan seperti tempe dan tahu, kacang ini memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya DHA saja, kandungan proteinnya juga cukup tinggi.

Manfaat DHA untuk tubuh

DHA memiliki cukup banyak manfaat untuk semua orang. Nah, mengenai manfaat apa saja yang bisa didapatkan, Anda bisa menyimak beberapa poin di bawah ini dengan saksama.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Salah satu manfaat banyak mengonsumsi ikan laut seperti salmon atau tiram adalah memiliki jantung yang sehat. Dengan memiliki jantung yang sehat, tubuh bisa bekerja dengan maksimal dan komplikasi yang sangat berbahaya tidak terjadi. Ikan laut baik dikonsumsi karena mengandung DHA dan EPA yang jumlahnya cukup banyak.

DHA dan EPA yang terkandung di dalam ikan laut bisa menurunkan angka trigliserida yang buruk untuk kesehatan pembuluh darah dan sistem kardiovaskular. Selain itu, dengan mengonsumsi makanan jenis ini angka total dari kolesterol akan turun khususnya LDL yang dikenal bisa menyebabkan pengendapan di pembuluh darah.

  1. Risiko bayi lahir prematur lebih kecil

Wanita yang hamil berisiko mengalami kelahiran prematur kalau di dalam tubuhnya tidak terdapat beberapa nutrisi yang cukup seperti DHA. Dari penelitian yang dilakukan di Amerika dan Australia, mengonsumsi sekitar 600-800 mg DHA setiap hari bisa menyebabkan risiko persalinan prematur jadi turun 40-60 persen.

  1. Meningkatkan kondisi ADHD atau hiperaktif

Anak atau orang dewasa dengan kondisi ADHD atau hiperaktif biasanya susah berkonsentrasi dengan baik. Saat melakukan sesuatu mereka selalu terganggu untuk melakukan hal lainnya. Nah, dari penelitian yang dilakukan, seseorang dengan kondisi ADHD biasanya memiliki kandungan DHA yang rendah di dalam darahnya.

Karena kadar DHA di darah rendah, beberapa fungsi dari otak tidak bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu suplementasi DHA harus diberikan kepada mereka yang mengalami ADHD. Pemberian suplemen DHA secara berkala ternyata bisa meningkatkan kebiasaan, atensi, dan konsentrasinya.

  1. Mengatasi inflamasi pada tubuh

Mengonsumsi makanan dengan kandungan DHA yang kaya bisa menurunkan risiko inflamasi di dalam tubuh. Inflamasi bisa menyebabkan masalah kalau terjadi di sekitar jantung, pembuluh darah, dan persendian. Oleh karena itu konsumsi suplemen DHA atau mengonsumsi 2 porsi ikan laut selama seminggu.

  1. Memperbaiki otot setelah olahraga

Setelah olahraga yang intens seperti angkat beban, tubuh akan mengalami masalah yang cukup besar, yaitu nyeri. Kalau Anda ingin menurunkan rasa nyeri yang dialami, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan DHA atau suplemen. Dengan konsumsi itu, nyeri bisa turun hingga 23 persen dan otot cepat sembuh.

  1. Melambatkan dan mencegah munculnya Alzheimer

Salah satu manfaat dari DHA adalah menjaga fungsi dari otak dengan baik. Apalagi kalau makanan yang dikonsumsi juga mengandung omega-3. Peluang Terjadi penurunan demensia hingga kondisi Alzheimer akan besar sehingga masa tua tidak akan dialami dengan kepikunan.

Hingga saat peneliti belum tahu kenapa DHA bisa menurunkan risiko Alzheimer pada orang yang sudah tua. Meski demikian, bukti penurunan bisa terlihat dengan jelas, apalagi kalau suplemen dikonsumsi sejak dini.

  1. Menjaga tekanan darah

Mengonsumsi makanan yang mengandung DHA bisa membuat tekanan darah menjadi lebih normal. Tekanan darah bisa tinggi karena ada beberapa bagian pembuluh darah menyempit. Dengan asupan DHA yang cukup banyak, penyempitan bisa diatasi dengan mudah.

Memiliki pembuluh darah yang selalu normal akan mencegah terjadi masalah pada kardiovaskular. Oleh karena itu, usaha mengonsumsi makanan dengan kandungan DHA begitu memasuki usia rawan seperti 30 tahun ke atas. Kelak saat sudah dewasa tidak akan terjadi masalah dengan tubuh.

DHA atau Docosahexaenoic Acid terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Kalau Anda ingin memanfaatkan DHA secara maksimal, konsumsi beberapa makanan yang direkomendasikan di atas. Variasikan setiap hari dengan jenis nutrisi lain agar tubuh terpenuhi gizinya setiap hari.