Manfaat DHA dan ARA di Susu Formula

doktersehat-anak-kecil-minum-susu-gizi-nutrisi-bayi-balita

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda perhatikan salah satu keunggulan kandungan susu formula anak adalah mengandung DHA dan ARA. Kira-kira apakah manfaatnya?

DHA dan ARA atau docosahexaenoic acid dan arachinoid acid adalah salah satu bentuk turunan lemak jenis PUFA yang termasuk lemak baik. Seperti namanya, lemak DHA dan ARA memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak.

DHA dan ARA secara alami dapat diperoleh paling banyak dari minyak ikan. Selain itu alga, telur, beberapa jenis jamur dan ASI menjadi makanan yang memiliki kandungan DHA dan ARA cukup banyak.

Manfaat DHA dan ARA pada susu formula

Pada susu formula, khususnya untuk anak di atas usia dua tahun, DHA dan ARA ditambahkan dalam produk untuk mendukung asupan lemak baik untuk anak.

Beberapa studi memembuktikan bahwa DHA dan ARA mampu mendukung perkembangan otak anak khususnya pada dua tahun pertama kehidupannya. Selain itu penambahan DHA dan ARA pada susu formula akan menyediakan asupan lemak baik untuk bahan baku tumbuh kembang anak.

Manfaat DHA dan ARA saat hamil dan menyusui

DHA dan ARA memang baik untuk dikonsumsi, namun sebenarnya manfaat DHA dan ARA justru akan dirasakan secara maksimal jika diperoleh anak, khususnya pada usia dibawah 6 bulan, dari ASI.

Mengapa demikian?

Pembentukan otak dan fungsi penglihatan anak justru akan semakin terdukung pada masa awal kehamilan hingga pada bulan-bulan pertama kelahirannya. Asupan DHA dan ARA yang dikonsumsi cukup oleh ibu akan mendukung pembentukan dan perkembangan otak dan mata yang baik untuk anak mulai dari janin hingga masa awal kehamilan.

Pemenuhan kebutuhan DHA dan ARA ibu mulai dari masa kehamilan hingga masa menyusui, disebut oleh US Food and Administration lebih memberikan efek nyata bagi pembentukan organ vital anak.

Pemberian susu formula dengan DHA dan ARA tentu boleh-boleh saja karena tetap akan mendukung pembentukan otak anak pada masa pertumbuhannya.

Nah, kini Anda sudah tahu kan apa manfaat dari DHA dan ARA?