7 Manfaat Kesehatan Tak Terduga Mendengarkan Musik

musik-doktersehat
Photo Source: Flickr/mseckington

DokterSehat.Com– Mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Banyak orang yang bahkan mengaku bisa kembali bersemangat atau mengalami perbaikan suasana hati setelah melakukannya. Tak harus mendengarkannya secara langsung di konser atau acara musik lainnya, mendengarkannya lewat earphone juga sudah bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Berbagai Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika mendengarkan musik.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa Menjadi Ajang Pelepasan Emosi

Musik bisa menjadi media untuk membersihkan atau melepaskan emosi. Banyak pakar kesehatan yang menyebut mendengarkan musik yang kita sukai bisa membantu melepaskan emosi negatif, suasana hati yang tidak baik, rasa sakit, hingga frustasi.

Jika kita bisa menangis, berteriak, atau setidaknya mampu menghela napas panjang saat mendengarkannya, maka hal ini menandakan bahwa musik memang telah memberikan manfaat kesehatan.

Karena alasan ini pulalah karaoke di kota-kota besar cenderung laris. Bernanyi di karaoke disebut-sebut bisa membantu menghilangkan emosi atau stres akibat bekerja atau hal-hal lainnya.

  1. Bisa Membuat Kita Bernostalgia

Musik bisa membuat kita seperti bernostalgia dengan masa lalu. Tak hanya alunan musiknya, lirik dari musik yang kita dengarkan juga bisa membawa berbagai kenangan yang bisa membuat suasana hati kita membaik dan munculnya suasana hangat. Jika kita sedang mengalami hari yang berat atau suasana hati yang buruk, tak ada salahnya mendengarkan musik demi membuatnya kembali membaik.

  1. Bisa Menularkan Emosi

Dalam banyak kasus, musik atau lagu memiliki emosinya tersendiri. Sebagai contoh, ada lagu yang membuat kita menjadi lebih bersemangat, atau ada lagu yang sepertinya sangat cocok untuk didengarkan saat sedang sedih atau putus asa. Hal ini disebabkan oleh kemampuan musik dalam menularkan emosi.

Jika kita membutuhkan semangat atau mengembalikan fokus untuk melakukan berbagai macam hal, cobalah untuk mendengarkan musik yang bisa memberikan manfaat ini. Hal ini tentu akan membantu kita beraktivitas dengan lebih baik.

  1. Bisa Memberikan Imajinasi Bagi Mental Kita

Jika kita mampu memahami lirik yang disediakan oleh lagu yang kia dengar, maka hal ini akan membuat kita berimajinasi. Pakar kesehatan menyebut hal ini sangatlah baik bagi kesehatan mental kita karena tanpa disadari, berimajinasi juga bisa membantu melepaskan emosi yang selama ini terpendam. Kita juga akan merasakan kepuasan mental yang jauh lebih baik sehingga akan membuat kondisi kesehatan psikis kita meningkat.

  1. Bisa Dijadikan Teman Untuk Berolahraga

Senam atau yoga bisa dilakukan dengan musik tertentu. Alunan musiknya bisa menambah semangat kita untuk melakukan berbagai macam gerakan. Hal ini tentu akan membuat olahraga dilakukan dengan maksimal dan kita akan mendapatkan manfaat kesehatan yang jauh lebih baik.

  1. Bisa Membuat Pasangan Lebih Berbahagia

Banyak pasangan yang memiliki hubungan yang lebih baik karena mau mendengarkan musik bersama-sama. Hal ini disebabkan oleh adanya sensasi senang dan bahagia saat mendengarkannya. Tak ada salahnya kita melakukan berbagai aktivitas bersama dengan pasangan atau anggota keluarga lainnya dengan mendengarkan musik demi mempererat hubungan.

  1. Bisa Mewakili Perasaan Kita

Saat sedang sedih atau terpuruk, tak ada salahnya mendengarkan musik yang mendayu-dayu. Meski terkesan membuat kita seperti semakin bersedih, hal ini sebenarnya bisa membuat kita melepaskan emosi dan akhirnya membantu kita memperbaiki suasana hati dengan lebih baik.

 

Sumber:

  1. 2019. 7 Alasan Dengarkan Musik Ciptakan Perasaan Positif. cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191001174103-255-435812/7-alasan-dengarkan-musik-ciptakan-perasaan-positif.(Diakses pada 7 Oktober 2019).