5 Manfaat Delima untuk Kesehatan Seks dan Reproduksi Pria

doktersehat manfaat delima pada pria
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Delima memang tidak terlalu terkenal sebagai buah konsumsi di Indonesia. Buah ini lebih banyak digunakan untuk jus atau untuk pengobatan tradisional saja. Meski jarang dikonsumsi, delima merah atau pomegranate justru memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan pria.

Mengonsumsi delima secara rutin dalam bentuk buah atau dicampur dengan makanan akan membuat tubuh pria jadi semakin sehat. Selain itu, kemungkinan kehidupan seksual pria meningkat juga semakin besar. Berikut ulasan lengkap tentang manfaat buah delima untuk kesehatan pria.

  1. Meningkatkan libido dengan mudah

Dari penelitian yang dilakukan di Queen Margaret University in Edinburgh, ilmuwan menemukan fakta kalau buah delima merupakan afrodisiak alami dan aman. Mengonsumsi delima dalam jumlah tertentu bisa meningkatkan gairah seksual dari pria dengan cepat.

Dari penelitian ini juga ditemukan fakta kalau mengonsumsi satu gelas jus delima setiap hari salam 15 hari bisa menyebabkan pria mengalami kenaikan testosteron. Seperti yang kita pahami semuanya, testosteron merupakan salah satu pemicu naiknya libido pada pria dan meningkatkan kehidupan seksualnya. Kalau kadar hormon ini menurun seks pada pria juga akan menurun.

  1. Kualitas sperma meningkat

Dari sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal Clinical Nutrition tahun 2008 menemukan fakta kalau pria yang minum jus delima setiap hari memiliki kualitas sperma yang baik. Kualitas sperma yang dimaksud di sini adalah jumlah dari sperma yang ada per mililiter mani dan motilitas atau pergerakannya.

Pria yang mengonsumsi delima memiliki sperma yang jauh lebih sehat daripada pria yang tidak mengonsumsi jus delima. Selain meningkatkan kualitas dari sperma yang dihasilkan oleh pria, gairah seks pria juga meningkat sehingga frekuensi dan kualitas dari seks bisa meningkat signifikan.

  1. Mengatasi impotensi

Disfungsi ereksi adalah masalah yang cukup pelik pada pria. Mengalami gangguan ini bisa membuat pria jadi tidak nyaman dengan kehidupan seksualnya. Mereka bisa frustrasi sehingga tidak mau melakukannya lagi. Seks akan berjalan terhambat sehingga kemungkinan terjadi pembuahan juga semakin susah terjadi.

Impotensi bisa disebabkan oleh kondisi psikis dan fisik. Gangguan psikis bisa diatasi dengan konseling dan terapi. Sementara itu kondisi fisik bisa diatasi dengan pengobatan dan juga mengonsumsi delima sebagai obat herbal yang memiliki rasa nikmat.

Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 silam, pria yang rutin mengonsumsi delima dalam bentuk jua selama 4 minggu memiliki peningkatan kualitas seks. Ereksi jadi lebih baik sehingga pria jadi lebih percaya diri.

  1. Menurunkan risik kanker prostat

Seiring dengan berjalannya waktu dan pria menua, risiko terkena gangguan pada prostat semakin besar. Organ ini jadi membengkak dan menyebabkan risiko kanker semakin tinggi. Kalau pria tidak bisa mengatasi kondisi ini, kemungkinan sel karsinogenik tumbuh dan menyebabkan kanker semakin besar.

Salah satu cara untuk menurunkan risiko terkena kanker prostat adalah dengan mengonsumsi buah delima dalam bentuk apa pun. Anda bisa membuatnya menjadi jus atau langsung memakannya dengan salat sayur dan buah.

  1. Melancarkan aliran darah

Masalah yang sering membuat pria jadi susah bercinta adalah aliran darah yang tidak lancar dan stres. Mengonsumsi buah delima secara rutin akan menyebabkan aliran darah jadi lancar karena buah ini mengandung senyawa nitrat. Selain itu, kadar stres di dalam tubuh juga menurun perlahan-lahan.

Demikianlah ulasan tentang lima manfaat delima untuk kesehatan seks dan reproduksi pria. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan rujukan untuk hidup lebih sehat setiap hari.