Terbit: 12 November 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Tidak hanya buahnya, daun zaitun juga punya sejumlah manfaat penting bagi tubuh. Itulah mengapa, Anda juga sangat disarankan untuk turut memanfaatkan daun dari tanaman ‘ajaib’ ini guna membuat tubuh semakin sehat. Apa saja khasiat dari daun zaitun tersebut? Berikut informasi selengkapnya!

11 Manfaat Daun Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

Zaitun adalah tanaman berbuah yang merupakan anggota dari suku Oleaceae. Anda mungkin sudah cukup familiar dengan minyak zaitun yang tidak lain merupakan hasil esktraksi dari buah zaitun. Beberapa penelitian pun telah membuktikan jika minyak esktrak buah zaitun ini banyak manfaatnya bagi tubuh.

Namun, tahukah Anda jika khasiat yang hampir sama juga dimiliki oleh daunnya? Lantas, apa saja manfaat daun zaitun bagi tubuh?

1. Melindungi Otak dari Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Khasiat yang pertama dari daun zaitun adalah untuk menjaga kesehatan otak dan melindunginya dari penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson. Hal ini karena pada daun zaitun terkandung senyawa kimia alami yang bernama oleuropein.

Menurut sejumlah penelitian, oleuropein ini terbukti dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Kondisi ini diketahui memegang peranan penting dalam meningkatkan risiko kedua penyakit kognitif otak tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Membantu Mengobati Herpes

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari ekstrak daun zaitun yakni membantu mengobati penyakit herpes. Ya, daun zaitun mengandung zat-zat yang menurut penelitian memiliki sifat antimikroba. Zat-zat tersebut berperan penting dalam mencegah penyebaran infeksi herpes lebih lanjut.

Anda bisa mengoleskan minyak ekstrak daun zaitun pada area kulit yang mengalami herpes setiap hari. Akan tetapi, tetap imbangi dengan pengobatan medis guna memaksimalkan penyembuhan.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Anda yang menderita tekanan darah tinggi alias hipertensi juga dapat memanfaatkan esktrak daun zaitun guna mengatasi masalah kesehatan tersebut. Penelitian pada tahun 2011 mengungkapkan bahwasanya penggunaan 500 mg ekstrak daun zaitun sebanyak 2 kali dalam sehari selama 8 minggu efektif menurunkan tekanan darah.

Hal ini tentu saja menjadi cara yang lebih sehat dalam melawan kondisi kesehatan yang menjadi salah satu pemicu dari penyakit kardiovaskular yakni jantung dan stroke. Jadi, mulai sekarang Anda bisa menjadikan minyak ekstrak daun zaitun sebagai pengganti minyak masak biasa.

4. Menurunkan Kolesterol

Selain hipertensi, kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’ yang terlalu tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, terutama jantung. Nah, manfaat daun zaitun juga termasuk membantu menurunkan kolesterol ‘jahat’ tersebut.

Menurut sebuah penelitian yang rilis pada tahun 2015 silam, ekstrak daun zaitun terbukti dapat membuat kadar lemak LDL tetap normal. Sayangnya, penelitian ini masih menggunakan objek hewan sehingga belum dapat dipastikan apakah efek yang sama akan terjadi pada manusia.

5. Mengobati Diabetes Tipe 2

Khasiat lainnya yang tidak kalah penting dari daun ini adalah dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 alias diabetes mellitus. Hasil penelitian pada tahun 2013 menunjukkan jika mereka yang mengonsumsi ekstrak daun zaitun selama 12 minggu memiliki sensitivitas insulin dan respon pankreas yang lebih baik ketimbang kelompok lainnya yang tidak mengonsumsi daun tersebut.

Pasalnya, penurunan sensitivitas insulin dan respon pankreas menurut pakar medis memiliki peran dalam mengembangkan atau memperparah penyakit diabetes tipe 2 ini.

Baca Juga: 18 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Menurunkan Risiko Kanker

Sementara pada penelitian lainnya, diketahui jika mengonsumsi suplemen yang mengandung esktrak daun zaitun dapat menurunkan risiko kanker. Hal ini tidak lain karena pada daun tersebut terkandung senyawa yang bersifat antioksidan.

Kendati begitu, penelitian yang mengamini khasiat dari daun zaitun yang satu ini masih belum kuat. Perlu adanya penelitian lebih lanjut guna memastikannya.

7. Mengendalikan Berat Badan

Kandungan oleuropein pada daun zaitun juga dapat membantu mengendalikan berat badan. Sehingga, Anda yang tidak ingin kegemukan atau bahkan obesitas bisa memanfaatkan esktrak tanaman yang satu ini.

Penelitian pada tahun 2014 menemukan jika asupan oleuropein efektif untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan pada tikus yang mengonsumsi makanan tinggi lemak. Nah, lagi-lagi belum dapat dipastikan apakah efek yang sama juga berlaku bagi manusia.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi suplemen mengandung ekstrak daun ini guna menjaga agar berat badan tetap ideal.

8. Mencegah dan Mengatasi Peradangan

Oleuropein yang terkandung dalam daun ini menurut sejumlah penelitian lainnya terbukti dapat mencegah sekaligus mengatasi peradangan. Hal tersebut tidak lain karena zat-zat yang terkandung padanya juga memiliki sifat antiinflamasi.

9. Mengatasi Infeksi Virus

Pada daun zaitun terkandung senyawa-senyawa yang bersifat antimikroba dan antivirus. Jika tadi dijelaskan bahwa daun ini dapat mengatasi herpes yang notabene terjadi karena adanya infeksi virus, maka Anda juga perlu tahu kalau daun juga bisa mengatasi masalah kesehatan akibat infeksi virus lainnya seperti flu dan bahkan HIV/AIDS.

Memang, bukti ilmiah yang mendukung masih sangat sedikit. Meskipun demikian, sah-sah saja jika Anda ingin memanfaatkan daun ini sebagai ‘obat’ penunjang guna mengobati infeksi virus tersebut.

10. Mengobati Arthritis

Arthritis atau radang sendi adalah masalah kesehatan yang salah satunya dapat teratasi dengan memanfaatkan daun zaitun. Ini juga berkaitan dengan adanya kandungan zat antiinflamasi pada tanaman yang memiliki nama ilmiah Olea europaea.

11. Menambah Energi

Tubuh yang berenergi tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai aktivitas. Salah satu manfaat dari daun zaitun ini ternyata juga untuk menambah energi tubuh, lho.

Sebuah penelitian pada tahun 2016 yang lalu mengungkapkan jika tanaman ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan produksi hormon tiroid. Semua itu karena adanya kandungan asam oleanolik.

Efek Samping Daun Zaitun terhadap Tubuh

Oleh karena penelitian seputar daun ini masih sangat terbatas, maka perihal keamanan dan risiko efek samping penggunaannya juga masih belum terkonfirmasi secara pasti. Akan tetapi, ada sejumlah klaim jika konsumsi suplemen yang mengandung ekstrak daun zaitun dapat menimbulkan efek samping berupa:

  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Reaksi alergi.

 

  1. Alnuweiri, T. 2018. Olive Leaf Extract Is an Anti-Inflammatory Wonder You’re Probably Overlooking
    https://www.wellandgood.com/olive-leaf-extract-benefits/ (accessed on 12 November 2020)
  2. Cronkleton, E. 2018. Olive Leaf Extract: Dosage, Benefits, Side Effects, and More. https://www.healthline.com/health/olive-leaf-extract#otherbenefits (accessed on 12 November 2020)
  3. Kandola, A. 2019. Health benefits of olive leaf extract. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324878#_noHeaderPrefixedContent (accessed on 12 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi