Bukan Hanya Buahnya yang Enak, Daun Sukun Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan

manfaat-daun-sukun-doktersehat

DokterSehat.Com – Buah sukun adalah salah satu buah yang familiar di Indonesia. Santapan yang terbuat dari buah sukun memang sudah tidak diragunakan lagu kelezatannya. Tapi tahukan Anda bahwa daun sukun juga bisa diolah? Masyarakat percaya bahwa manfaat daun sukun sangat banyak untuk kesehatan.

Sukun (Artocarpus altilis) atau yang buahnya disebut breadfruit dalam Bahasa Inggirs umumnya dijadikan santapan dalam bentuk gorengan maupun kripik sukun. Sedangkan untuk mendapatkan manfaat tanaman sukun untuk kesehatan adalah dengan cara meminum rebusan daun sukun kering atau dengan mengonsumsi teh daun sukun.

Manfaat Daun Sukun

Daun sukun dipercaya memiliki berbagai kandungan senyawa yang dibutuhkan tubuh seperti polifenol, flavonoid, kalium, riboflavin, tanin, asam amino esensial, sitosterol, dan asetilkolin. Berkat berbagai kandungan yang ada di dalamnya, daun sukun dipercaya memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, hingga antioksidan.

Berdasarkan dengan kandungan yang dipercaya terdapat dalam daun sukun, berikut adalah beberapa manfaat daun sukun untuk kesehatan:

1. Mengatasi penyakit jantung

Manfaat daun sukun yang pertama adalah untuk mengatasi penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa kadungan flavonoid dan sitosterol dalam daun sukun secara signifikan dapat menjaga jantung dari berbagai kerusakan kardiovaslular.

2. Manurunkan kolesterol

Pada dasarnya ada banyak sekali penyebab kerusakan kardiovaskular, salah satunya bisa disebabkan oleh tingginya kada kolesterol jahat dalam darah. Mencegah naiknya kadar kolesterol dalam darah terkadang sulit untuk dilakukan, terutama jika kita kesulitan menjaga pola makan. Selian wajib menjaga pola makan, Anda juga bisa menggunakan daun sukun untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Mengobati penyakit ginjal

Manfaat daun sukun yang kedua adalah untuk mengatasi penyakit ginjal. Rebusan daun sukun bisa menjadi obat duretik yang bisa menjaga kerja ginjal. Sama halnya seperti untuk pencegahan penyakit kardiovaskular, kandungan flavonoid dan juag sitosterol juga masih memiliki peran dalam hal ini.

4. Mengatasi penyakit maag

Khasiat daun sukun selanjutnya adalah untuk saluran pencernaan. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit maag adalah penyakit saluran pencernaan yang paling umum ditemukan. Daun sukun dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit ini.

Kandungan kalium dalam daun sukun dipercaya dapat menetralkan asam lambung. Salain itu, efek antiinflamasinya juga dipercaya dapat mengatasi peradangan lambung tersebut.

5. Mengatasi penyakit asam urat

Khasiat daun sukun selanjutnya adalah untuk mengatasi asam urat. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi dan menyebabkan gejala seperti nyeri sendi, kemerahan pada sendi, hingga pembengkakan. Nyeri sendi akibat asam urat sering kali terjadi secara tiba-tiba. Mengonsumsi rebusan daun sukun kering atau teh daun sukun dipercaya daapt menurunkan gejala asam urat tersebut.

6. Menstabilkan kadar gula darah

Manfaat daun sukun selanjutnya adalah menurunkan gula darah. Kadar gula darah yang tinggi memang tidak dapat diremehkan karena bisa menjadi salah satu indikasi penyakit diabetes. Kandungan flavonoid yang ada dalam daun sukun dipercaya dapat dengan ampun menjaga kestabilan gula darah sehingga sangat baik untuk pencegahan diabetes.

7. Mengatasi penyakit liver

Hati adalah salah satu organ yang terpenting dalam tubuh. Jika terjadi gangguan fungsi hati, maka gangguan tersebut dapat memengaruhi kinerja organ lain dalam tubuh. Pola hidup tidak sehat seperti konsumsi alkohol dan merokok bisa menjadi salah satu penyebab utama dari gangguan fungsi hati. Konsumsi daun sukun bisa menjadi salah satu langkah mencegah peradangan yang menyebabkan rusaknya fungsi hati.

8. Mengatasi sakit gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai sebab, salah satunya adalah akibat adanya infeksi di mulut yang disebabkan bakteri. Khasiat daun sukun adalah untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi tersebut. Sifat antiinflamasi dan antibakteri dari rebusan daun sukun dapat berguna untuk menjaga kesehatan mulut.

9. Mengatasi penyakit tulang

Manfaat daun sukun selanjutnya adalah dipercaya dapat membantu penyembuhan penyakit tulang seperti osteoporosis (pengeroposan tulang) dan juga osteoarthritis (pengapuran sendi). Kedua penyakit ini terbilang sulit diobati sehingga daun sukun mungkin dapat membantu dalam hal meringankan gejalanya.

10. Mengatasi peradangan kulit

Bukan hanya ketika dikonsumsi, manfaat daun sukun ternyata juga bisa dirasakan langsung ketika diaplikasikan ke kulit. Daun sukun dipercaya dapat menjadi obat untuk eksim kering maupun eksim basah dan juga dapat dijadikan sebagai scrub alami. Caranya adalah dengan mencampurkan daun sukun yang telah dihancurkan dengan essential oil kemudian dibalurkan langsung ke kulit.

Banyak sekali bukan khasiat daun sukun untuk kesehatan? Tetapi perlu diingat bahwa masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun sukun sebagai obat ini. Penggunaan daun sukun sebagai obat selama ini bukan berdasarkan saran medis, sehingga harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Jika Anda mengalami efek samping dari konsumsi rebusan atau teh daun sukun, sebaiknya langsung hentikan penggunaannya. Ada baiknya juga berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan daun sukun, jika Anda sedang menjalani atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.