10 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan, Lebih Baik dari Sirih Hijau?

manfaat-daun-sirih-doktersehat

DokterSehat.Com – Manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Tetapi tahukan Anda bahwa terdapat daun sirih merah? Manfaat sirih merah ternyata tidak kalah dan bahkan lebih banyak dari manfaat sirih hijau Yuk, kenali daun sirih merah berikut khasiat daun sirih merah berikut ini!

Perbedaan Daun Sirih Merah dan Daun Sirih Hijau

Daun sirih merah dan daun sirih hijau sama-sama memiliki kebaikan untuk kesehatan. Tetapi kedua daun ini sebenarnya memiliki sedikit perbedaan. Dilihat dari bentuk daunnya sirih merah dan sirih hijau memang sama-sama memiliki daun berbentuk hati dan sama-sama merupakan jenis tanaman merambat.

Perbedaannya adalah pada bentuk batang dari kedua tanaman ini. Daun sirih merah memiliki batang yang bentuknya bulat. Selain itu, batang sirih merah juga memiliki warna hijau yang keunguan. Perbedaan lainnya adalah daun sirih merah tidak memiliki bunga seperti tanaman sirih hijau. Sirih merah memiliki warna merah keunguan di permukaan bagian bawah dan memiliki warna hijau pekat dan merah keunguan di bagian atasnya.

Manfaat Daun Sirih Merah

Daun sirih merah memiliki berbagai macam kandungan senyawa yang bermanfaat untuk tubuh seperti alkaloid, tanin (polifenol), dan flavonoid. Sama seperti daun sirih hijau yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan, sirih merah juga memiliki peranan yang tidak jauh berbeda. Berikut adalah beberapa manfaat dari daun sisih merah:

1. Antiseptik

Manfaat daun sirih yang pertama adalah sebagai antiseptik. Bahkan antiseptik yang berasal dari daun sirih merah dipercaya lebih baik dibandingkan dengan sabun antiseptik. Hal ini lah yang membuat daun sirih merah sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah infeksi pada kulit. Namun belum diketahui dengan pasti apakah semua mikroorganisme yang peka terhadap daun sirih merah termasuk pada mikroorganisme yang bersifat patogen.

2. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Khasiat daun sirih yang kedua adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Efek antibakteri dalam sirih merah dipercaya lebih besar dari sirih hijau, sehingga banyak penyakit yang dapat diobati oleh sirih hijau, juga dapat diaatasi menggunakan daun sirih merah. Manfaat sirih merah untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi memang sudah banyak dibuktikan.

Daun sirih dipercaya dapat mengatasi bau mulut, gusi berdarah, nyeri gigi, dan mencegah karies gigi. Menggunakan rebusan daun sirih sebagai obat kumur dapat membantu membasmi bakteri dalam mulut sehingga mulut dan gigi tetap sehat dan terhindar dari masalah-masalah tersebut.

3. Pengobatan untuk diabetes

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah sebagai antidiabetes. Daun sirih yang kaya antioksidan dipercaya mampu melawan radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu terganggunya kerja hormon insulin. Konsumsi rebusan daun sirih merah atau konsumsi teh daun sirih dipercaya dapat secara signifikan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Selain menurunkan kadar gula darah, manfaat daun sirih lainnya adalah dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, daun sirih juga dipercaya mampu menurunan kadar lemak total dalam darah. Tingginya koleserol jahat dalam darah sangat berpotensi memicu berbagai macam penyakit sehingga mengontrol kadar kolesterol menjadi hal yang sangat penting bagi tubuh.

5. Menurunkan risiko tekanan darah tinggi

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi merupakan kondisi yang harus dihindari. Kedua penyakit ini adalah penyakit yang berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung dan juga stroke.

6. Mengatasi maag akut

Manfaat sirih merah selanjutnya berkaitan dengan sistem pencernaan. Ada banyak sekali manfaat daun sirih untuk pencernaan, salah satu yang sudah banyak dicoba adalah untuk mengatasi maag akut. Selain itu daun sirih merah juga dipercaya untuk melindungi saluran pencernaan dari radikal bebas dan racun yang bisa menyababkan berbagai masalah pencernaan.

7. Mengatasi keputihan

Manfaat daun sirih yang ketujuh adalah untuk mengatasi keputihan. Kondisi yang satu ini adalah kondisi yang umum dialami wanita. Keputihan memiliki kadar yang berbeda-beda dan pada tingkat tertentu tentunya dapat sangat mengganggu atau bahkan berbahaya. Penyebab keputihan adalah akibat adanya bakteri pada bagian kewanitaan.

Khasiat daun sirih untuk menjaga area kewanitaan memang sudah dipercaya sejak dahulu. Dengan kandungan antibakteri yang lebih kuat dalam sirih merah, tentunya dapat dipastikan juga bahwa sirih merah juga akan lebih ampun untuk mengatasi keputihan.

8. Obat mimisan

Manfaat sirih yang sudah poluler lainnya adalah mengatasi mimisan. Kandungan antioksidan dalam daun sirih dipercaya dapat membantu proses penyembuhan luka. Hal ini lah yang membuat daun sirih dapat membantu proses pembekuan darah ketika terjadi mimisan. Sama seperti daun sirih hijau, Anda juga bisa mendapatkan khasiat sirih merah untuk mengatasi mimisan.

9. Obat wasir

Wasir adalah salah satu penyakit yang sangat umum ditemui. Meskipun bukan penyakit mematikan, wasir tergolong ke dalam penyakit yang kronis sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk penyembuhannya. Selain dengan jalan operasi, terdapat beberapa cara alami untuk mengatasi wasir.

Salah satu cara yang dipercaya untuk mengatasi wasir adalah dengan cara berendam di air rebusan daun sirih. Cara ini tentunya tidak dapat mengatasi wasir sepenuhnya, tetapi dapat membantu mengatasi gejala wasir. Cara ini juga harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

10. Mencegah tumor dan kanker

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit seperti tumor dan kanker. Salah satu alasannya adalah karena kandungan senyawa alkaloid yang ada dalam sirih merah. Alkaloid adalah senyawa yang sudah dipercaya ampuh untuk menangkal pertumbuhan sel kanker.

Cara Menggunakan daun Sirih Merah

Ada banyak cara untuk mandapatkan manfaat daun sirih merah. Cara yang paling sering digunakan adalah dengan merebus daun sirih merah dan meminum langsung air rebusan teresebut. Jika ingin menggunakannya sebagai obat luar, maka air rebusan tersebut bisa langsung diaplikasikan ke kulit.

Cara lainnya untuk mendapatkan manfaat daun sirih adalah dengan mengeringkan daun sirih merah dan menjadikannya sebagai teh daun sirih. Selain mengolah daun sirih sendiri, sebenarnya sudah banyak tersedia produk daun sirih yang bisa Anda temukan di pasaran. Produk tersebut Antara lain seperti teh celup daun sirih atau kaspul ekstrak daun sirih. Anda bisa memilih cara menggunakan daun sirih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Khasiat sirih merah memang banyak sekali untuk kesehatan. Daun sirih juga dipercaya tidak memberikan efek samping yang buruk pada penggunanya. Tapi jika Anda merasakan efek samping daun sirih merah, sebaiknya hentikan penggunaan dan segera konsultasi ke dokter. Gunakanlah daun sirih merah sesuai aturan yang disarankan dan jangan menggunakannya secara berlebihan.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan penyakit tertentu, sebaiknya diskusikan dengan dokter apakah penggunaan daun sirih merah sebagai obat pendamping diperbolehkan atau tidak. Jangan menggunakan daun sirih merah bersamaan dengan obat lain tanpa izin dari dokter.

Jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat seperti mengatur pola makan, memerhatikan pola tidur, dan berolahraga secara rutin. Menjalani pengobatan tanpa menerapkan pola hidup sehat bisa membuat pengobatan Anda menjadi sia-sia.