10 Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit

manfaat-daun-sambung-nyawa-doktersehat

DokterSehat.Com – Pemanfaatan tanaman herbal sebagai pengobatan alternatif memang merupakan hal yang sudah umum dilakukan di Indonesia. Jumlah tanaman herbal yang tumbuh di Indonesia juga hampir tak terhitung jumlahnya. Sudahkah Anda mendengar tentang manfaat daun sambung nyawa? Daun sambung nyawa merupakan salah satu tanaman yang dipercaya sebagai tanaman herbal di Indonesia. Mari mengenal daun sambung nyawa lebih dekat beserta dengan manfaatnya!

Apa Itu Daun Sambung Nyawa?

Daun sambung nyawa atau daun sambung nyowo atau akar sebiak yang memiliki nama latin Gynura procumbens ini merupakan tanaman yang sudah sering dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional di Indonesia. Daun sambung nyawa paling banyak ditemui di Pulau Jawa, Sumatera, dan sebagian kecil di Pulau Bali.

Tanaman ini dapat tumbuh liar, namun banyak juga dikembangbiakkan dengan menggunakan stek batang. Pertumbuhan Gynura procumbens ini terbilang cepat dan paling baik jika ditanam di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Daun sambung nyawa yang tumbuh di tempat yang dinaungi, daunnya akan tumbuh lebih tipis namun lebih lebar.

Daun sambung nyawa memiliki kandungan polifenol, tanin, saponin, dan quercetin, steroid, triterpenoid, dan senyawa lainnya yang dapat bertindak sebagai antioksidan dan memberikan efek pengobatan lainnya. Daun ini juga mengandung berbagai mineral seperti kalium dan natrium.

Manfaat Daun Sambung Nyawa

Daun sambung nyawa telah bertahun-tahun diandalkan dalam pengobatan tradisional. Berikut adalah 10 manfaat daun sambung nyawa yang banyak dipercaya oleh masyarakat dan berdasarkan berbagai penelitian daun sambung nyawa:

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat daun sambung nyawa yang pertama adalah menurunkan tekanan darah. Daun sambung nyawa diketahui dapat memberikan efek antikoagulan atau dapat mencegah penggumpalan darah. Selain itu, daun sambung nyawa juga dapat memberikan efek diuretik yang dapat membantu mengeluarkan kelebihan natrium dalam tubuh penyebab tekanan darah tinggi.

2. Membantu pengobatan ginjal

Manfaat daun sambung nyawa selanjutnya adalah sebagai pengobatan penyakit ginjal. Manfaat yang satu ini masih berkaitan dengan efek diuretik dari daun sambung nyawa. Obat diuretik untuk pengobatan penyakit ginjal diberikan untuk mengurangi penumpukan cairan pada bagian tubuh tertentu.

3. Manjaga saluran pencernaan

Daun sambung nyawa juga dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah sistem pencernaan. Daun sambung nyawa sering digunakan untuk mengatasi disentri, karena daun ini dipercaya memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Daun sambung nyawa juga dipercaya dapat mengatasi penyakit radang lambung atau maag yang sangat umum ditemui di masyarakat.

4. Mengatasi esofagitis

Manfaat daun sambung nyawa yang paling banyak disinggung selanjutnya adalah mengatasi radang kerongkongan. Kerongkongan atau esofagus merupakan saluran yang berada di tenggorokan hingga tesambung ke lambung. Penyebab esofagitis bisa bermacam-macam mulai dari naiknya asam lambung, infeksi, atau akibat reaksi alergi.

Gangguan kerongkongan dapat mengganggu kerja saluran pencernaan. Anda bisa mencoba mengatasinya menggunakan daun sambung nyawa. Kandungan berbagai senyawa dalam daun sambung nyawa membuat daun ini dapat memberikan efek antiperadangan dan antiswelling yang dapat meredakan radang kerongkongan.

5. Membantu mengatasi tonsillitis

Selain mengatasi radang kerongkongan, daun sambung nyawa juga dapat mengatasi tonsilitis atau radang amandel. Konsidi yang satu ini juga dapat mengganggu saluran pencernaan karena membuat penderitanya kesulitan untuk menelan makanan. Radang amandel umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Daun sambung nyawa memiliki efek antimikroba yang membuatnya dapat membantu meredakan infeksi akibat mikroorganisme tertentu. Sebelum mengambil langkah pembedahan, Anda bisa mencoba pengobatan menggunakan daun sambung nyawa untuk mengatasi peradangan pada amandel.

6. Mengatasi gejala sinusitis

Manfaat daun sambung nyawa lainnya adalah dapat mengatasi sinusitis. Kondisi ini merupakan kondisi di mana rongga di sekitar hidung mengalami peradangan. Sinusitis merupakan jenis gangguan pernapasan kronis yang dapat terjadi hingga 8 minggu lamanya. Gejala penyakit ini meliputi sakit kepala, hidung meler atau hidung tersumbat, dan nyeri pada wajah.

Cara mengatasi sinusitis adalah dengan meredakan gejalanya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan duan sambung nyawa untuk meredakan gejala-gejala tersebut.

7. Mancegah kanker dan tumor

Manfaat daun sambung nyawa yang tidak boleh dilewatkan lainnya adalah dapat mencegah penyakit kanker dan juga tumor. Daun sambung nyawa memang mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu kanker. Tidak hanya dapat mencegah kanker dan tumor, daun sambung nyawa juga dipercaya dapat membantu penyembuhan kedua penyakit ini.

Beberapa studi pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa dapat mengahambat pemkembangan sel kanker yang sudah terlanjur berkembang. Meskipun begitu, manfaat yang satu ini masih harus diteliti penggunaannya lebih lanjut pada manusia.

8. Menghentikan pendarahan

Ramuan yang berasal dari daun dan umbi tanaman sambung nyawa serta dicampurkan dengan kunyit dan beberapa bahan lainnya juga dipercaya dapat mengatasi pendarahan rahim atau pendarahan setelah melahirkan. Sumber lain mengatakan bahwa daun ini juga dapat melancarkan haid.

9. Mengatasi wasir

Manfaat daun sambung nyawa selanjutnya adalah dapat mengatasi wasir. Ambeien atau wasir merupakan pembengkakan vena dan peradangan pada rektum serta anus yang terkadang juga disertai dengan pendarahan. Konsumsi daun sambung nyawa sebagai lalap atau jus secara rutin dapat meredakan gejala wasir.

10. Pengobatan infeksi kulit

Manfaat daun sambung nyawa yang terakhir adalah untuk mengatasi berbagai infeksi kulit mulai dari gigitan serangga hingga bisul. Daun sambung nyawa dapat meredakan peradakan serta meradakan gejala seperti gatal-gatal yang umumnya muncul ketika terjadi infeksi kulit.

Cara Menggunakan Daun Sambung Nyawa

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengambil manfaat daun sambung nyaw. Jika Anda bisa mendapatkan daun sambung nyawa segar, maka Anda dapat mengonsumsi sebagai lalapan atau merebusnya dan mencampurkan dengan bahan-bahan lain sesuai kebutuhan Anda. Cara lainnya untuk mengolah sambung nyawa segar adalah dengan menjadikannya jus.

Pengobatan menggunakan sambung nyawa untuk infeksi kulit dapat dilakukan dengan cara membalurkan daun sambung nyawa yang sudah ditumbuk ke bagian kulit yang terkena infeksi. Jika kesulitan untuk mendapatkan daun sambung nyawa segar, Anda bisa membeli daun sambung nyawa kering yang banyak dijual secara daring.

Cara lain yang lebih praktis lagi adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun sambung nyawa yang sudah tersedia dalam bentuk kapsul. Pemilihan sediaan bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Sebelum Anda mengonsumsi daun ini, Anda sebaiknya juga memahami lebih dulu efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat herbal yang satu ini.

Penggunaan daun sambung nyawa pada ibu hamil tidak disarankan. Selain itu, jika Anda memiliki penyakit tertentu dan sedang menjalani pengobatan, maka sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum menggunakan daun sambung nyawa sebagai pengobatan pendamping.

Penggunaan obat herbal dengan obat lainnya dapat menimbulkan interaksi obat yang dapat menurunkan efektivitas obat dan meningkatkan efek samping. Jadi, konsumsilah daun sambung nyawa sesuai aturan dan dengan tidak berlebihan. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!