Terbit: 25 September 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Manfaat daun pandan tidak hanya untuk memberikan aroma harum dan warna hijau pada makanan. Daun hijau yang sering digunakan sebagai bahan masakan makanan khas Indonesia ini ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

13 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Daun pandan (Pandanus amaryllifolius) dapat tumbuh liar di kebun atau pekarangan rumah. Tidak disangka jika daun yang mudah ditemukan satu ini menyimpan manfaat jauh lebih banyak daripada yang masyarakat ketahui.

Berikut adalah berbagai manfaat daun pandan yang sayang jika dilewatkan:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu khasiat daun pandan yang paling utama adalah menurunkan tekanan darah.

Menjaga tekanan darah tetap stabil memang merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Tekanan darah yang tinggi dapat menimbulkan beberapa gejala seperti kelelahan dan sakit kepala. Selain itu, tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

2. Membantu Mengontrol Diabetes

Seseorang yang memiliki diabetes mellitus harus terus mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Salah satu manfaat daun pandan adalah dapat membantu Anda untuk mengontrol kadar gula darah.

Sebuah penelitian mengharuskan partisipannya untuk minum teh pandan sementara kelompok lain minum air panas setelah tes toleransi glukosa. Setelah dibandingkan, kelompok yang mengonsumsi teh pandan diketahui mengalami kadar lonjakan gula darah yang lebih kecil.

Peneliti meyakini bahwa kadar quercetin dalam daun pandan berkontribusi untuk manfaat yang satu ini.

3. Meredakan Asam Urat

Daun pandan juga dapat digunakan untuk meredakan gejala asam urat.

Asam urat adalah radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan Kristal pada persendian akibat kadar asam urat yang tinggi. Daun satu ini dapat membantu menjaga kadar asam urat normal dan mengurangi kadar asam urat, sehingga dapat meredakan gejala seperti nyeri, pembengkakan, dan peradangan.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Hilangnya nafsu dapat menyebabkan gizi tidak tercukupi dan menurunnya kesehatan.

Kondisi ini sering kali dialami oleh anak-anak dan lansia atau pada orang yang sedang sakit. Konsumsi teh daun pandan pagi dan sore hari dipercaya dapat membantu mempercepat pemulihan setelah sakit dan meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga: 22 Manfaat Daun Suruhan untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

5. Meredakan Nyeri

Daun pandang juga dipercaya dapat meredakan nyeri. Dalam pengobatan tradisional, daun pandan dapat digosokkan atau dioleskan ke area tubuh yang nyeri dan dipercaya dapat meredakan gejala. Anda dapat mencobanya untuk meredakan nyeri sendi.

6. Mengatasi Kram Perut

Manfaat daun pandan selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi kram perut. Daun ini juga dipercaya dapat berguna sebagai laksatif, yaitu zat yang dapat membantu melancarkan buang air besar.

7. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut tentunya juga tidak dapat diabaikan. Mengunyah daun pandan dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Cara ini juga dapat mengurangi nyeri gusi dan ketidaknyamanan mulut.

8. Meningkatkan Stamina Tubuh

Daun pandan juga dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh dan menjaga tubuh tetap  bugar. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara mengonsumsi teh pandan atau air rebusan pandan yang dicampur dengan lemon.

9. Meredakan Demam

Manfaat selanjutnya adalah untuk meredakan demam. Demam adalah kenaikan suhu tubuh yang menandakan adanya peradangan pada tubuh. Daun pandan dipercaya dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam dengan efektif.

10. Mencegah Kanker

Khasiat daun pandan yang juga sayang untuk dilewatkan adalah kemampuannya untuk mencegah kanker.

Hal ini disebabkan karena beberapa senyawa dalam daun pandan dapat bertindak sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab utama kerusakan sel.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Melinjo bagi Kesehatan (Bumil Baca, Yuk)

 11. Meredakan Stres dan Kecemasan

Khasiat daun pandan yang tidak kalah menarik selanjutnya adalah dapat meredakan kecemasan, stres, dan depresi.

Sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto menemukan bahwa aromaterapi dari daun pandan dapat menurunkan tingkat stres, depresi, dan kecemasan para responden.

12. Mengatasi Insomnia

Selain menurunkan stres, daun pandan juga kemungkinan dapat berguna untuk meredakan insomnia.

Hal ini disebabkan karena daun pandan mengandung alkaloid yang menenangkan. Anda dapat mencoba mengonsumsi teh pandan sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas  tidur atau dapat juga mencobanya sebagai aroma terapi.

13. Mengatasi Ketombe

Keberadaan ketombe dapat mengindikasikan kondisi kulit kepala dan rambut yang tidak sehat dan tentunya juga dapat menurunkan kepercayaan diri dan membuat tidak nyaman.

Anda dapat mencoba menjadikan daun pandan sebagai masker rambut untuk dapat menghilangkan ketombe.

Berikut adalah cara menggunakannya:

  • Hancurkan 10 lembar daun pandan segar dan campurkan dengan 100 ml air.
  • Oleskan campuran tersebut ke seluruh kulit kepala.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bilas kembali dengan air bersih.

Apakah Penggunaan Daun Pandan Aman untuk Kesehatan?

Daun pandan dapat dikonsumsi sebagai teh pandan, direbus, diaplikasikan langsung ke tubuh, atau bahkan dijadikan sebagai aroma terapi.

Pada dasarnya penggunaan daun pandan relatif aman karena daun ini juga umum digunakan sebagai bahan makanan. Namun perlu diketahui bahwa sebagian manfaat daun pandan di atas hanya berdasarkan penggunaannya secara tradisional saja.

Beberapa manfaat di atas belum terbukti secara ilmiah dan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

Anda dapat mengonsumsi daun panda, namun sebaiknya jangan mengonsumsinya berlebihan dan jangan mengandalkannya untuk pengobatan. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, jangan lupa untuk lebih dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan daun pandan.

Sekian informasi tentang manfaat daun pandan untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2008. Pandan leaf extract for treating gout and preparation method thereof. https://patents.google.com/patent/CN101549098A/en. (Diakses 25 September 2020).
  2. Anonim. 2019. Can Pandan Help Fight Diabetes? Here Are 8 Surprising Health Benefits Of The Humble Leaf. https://www.womensweekly.com.sg/gallery/beauty-and-health/surprising-health-benefits-pandan/. (Diakses 25 September 2020).
  3. Anonim. 24 Health Benefits of Pandan Leaves (No.1 Surprising You). https://drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-pandan-leaves. (Diakses 25 September 2020).
  4. Solehah, Agi Oktasiani. 2017. PEMBUATAN AROMA TERAPI DARI DAUN PANDAN WANGI (Pandanus Amaryllifolius Roxb) SERTA UJI EFEKTIVITASNYA SEBAGAI ANTI STRES, DEPRESI, DAN KECEMASAN. http://repository.ump.ac.id/4211/. (Diakses 25 September 2020).
  5. Walker, Franks S. 2019. 20 HEALTH BENEFITS OF PANDAN LEAVES. https://www.modestpie.com/health-benefits-of-pandan-leaves/. (Diakses 25 September 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi