Terbit: 20 April 2020 | Diperbarui: 9 Juni 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Daun mint atau dikenal dengan nama ilmiah Mentha piperita L adalah sebuah tanaman herbal yang sangat terkenal di seluruh dunia, apalagi semenjak banyak digunakan untuk berbagai produk seperti penyegar napas, permen karet, pasta gigi, obat kumur, dan minyak angin. Apa saja manfaat daun mint bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

13 Manfaat Daun Mint, Meredakan Asma Hingga Depresi

Kandungan Daun Mint

Sebelum membahas mengenai khasiat daun mint, hal lain yang penting untuk diketahui adalah kandungan yang ada di dalamnya. Meski biasanya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar, daun mint mengandung cukup banyak nutrisi. Berikut adalah berbagai nutrisi yang terdapat di dalamnya, antara lain:

  • Potasium
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin C
  • Zinc
  • Vitamin A

Sementara itu, dalam 3,2 gram atau setara dengan dua sendok makan, daun mint menyediakan:

  • 2,24 kalori
  • 0,12 g protein
  • 0,48 g karbohidrat
  • 0,03 g lemak
  • 0,26 g serat

Dibandingkan dengan bumbu dan rempah-rempah lainnya, daun mint merupakan sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, jenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun mint bisa memberikan efek positif pada tubuh dengan mengoleskannya pada kulit, menghirup aroma, atau mengonsumsinya dalam bentuk kapsul. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun mint yang berguna bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meredakan Asma

Manfaat daun mint yang pertama adalah berguna bagi penderita asma. Aroma yang ditimbulkan oleh daun ini menjadi pelega yang baik dan mengurangi penyumbatan saluran napas. Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi daun ini juga dapat mengiritasi hidung dan tenggorokan.

2. Mengatasi Alergi dan Rhinitis

Manfaat daun mint berikutnya yang berguna untuk kesehatan adalah kemampuannya untuk mengatasi alergi dan rhinitis. Ekstrak daun mint telah terbukti menghambat pelepasan bahan kimia tertentu yang memperburuk iritasi di dalam hidung yang terkait dengan demam dan alergi musiman.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Khasiat daun mint berikutnya didapatkan dari aroma daunnya. Aroma khas daun mint membantu mengaktifkan kelenjar ludah di mulut, serta kelenjar yang mengeluarkan enzim pencernaan. Kondisi inilah yang membuat sistem pencernaan terjaga dengan baik.

Selain itu, manfaat daun mint juga dipercaya mampu meredakan gejala sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS). Sebuah studi menunjukkan bahwa mentol dalam daun mint dapat meredakan diare. Selain itu, minyak mentol dapat membantu meredakan mual terkait mabuk perjalanan.

4. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mentol yang ada di dalam daun mint membantu meredakan hidung tersumbat. Selain hidung, khasiat daun mint juga efektif untuk membersihkan tenggorokan dan paru-paru. Daun mint bisa memberikan kelegaan dari gangguan pernapasan yang sering diakibatkan oleh asma dan pilek biasa.

5. Mengatasi Jerawat

Minyak mint adalah bahan antiseptik dan antipruritus yang baik sebagai pembersih kulit. Zat-zat tersebut membantu menenangkan kulit dan membantu menyembuhkan infeksi serta gatal-gatal. Hal itulah yang membuat manfaat daun mint dipercaya dapat meringankan gejala jerawat.

Sementara bahan antipruritus yang terdapat di dalamnya dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga. Sensasi dingin pada daun mint membantu seseorang untuk mengurangi garukan. Bahkan, ekstrak mint sering digunakan sebagai komponen dasar untuk melawan serangga karena aromanya yang kuat.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan? Jika iya, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat daun mint. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, daun mint dapat merangsang enzim pencernaan yang menyerap nutrisi dari makanan dan mengubahnya menjadi energi. Konsumsi teh mint bebas gula dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

7. Menjaga Daya Ingat

Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi permen karet dengan bahan utamanya adalah daun mint, memiliki tingkat retensi memori dan kewaspadaan mental yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan memori, bahan alami yang baik untuk dikonsumsi adalah daun mint.

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesehatan rongga mulut, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat daun mint. Daun mint bisa menjaga kesehatan mulut dengan menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di dalam mulut.

Secara tradisional, penggunaan daun mint adalah digosok langsung pada gigi dan gusi untuk menyegarkan sekaligus menghilangkan bakteri. Seiring perkembangan zaman, daun ini bisa digunakan menjadi bahan utama dalam pembuatan pasta gigi, obat kumur, dan produk-produk kesehatan gigi lainnya.

9. Mengatasi Mual

Daun mint, terutama yang baru saja dihancurkan, membantu Anda mengatasi mual dan sakit kepala. Aroma yang kuat dan menyegarkan adalah cara cepat dan efektif untuk mengatasi mual. Cara praktisnya, Anda bisa menggunakan minyak mint atau produk lain yang memiliki rasa mint maka masalah pada perut akan berkurang.

10. Mengatasi Sakit Kepala

Jika Anda adalah seseorang yang sering merasakan sakit kepala, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat daun mint. Balsem atau minyak yang kandungan utamanya daun mint, ketika digosokkan pada dahi dan hidung, dapat menjadi obat yang ampuh untuk meredakan sakit kepala dengan cepat.

11. Mengatasi Bau Mulut

Khasiat daun mint yang cukup populer adalah kemampuannya untuk mengatasi bau mulut. Para ahli sepakat bahwa permen rasa mint memang dapat menutupi napas yang tidak sedap, namun hanya beberapa jam. Daun mint hanya menutupi bau mulut dan tidak mengurangi senyawa lain yang menyebabkan bau mulut.

Di sisi lain, minum teh peppermint dan mengunyah daunnya mungkin bisa menutupi bau mulut dan membunuh bakteri, hal itu dikarenakan studi yang khusus menyoroti efek antibakteri pada daun mint.

12. Meningkatkan Konsentrasi

Sebuah studi mengungkapkan bahwa menghirup minyak ini saat mengemudi dapat meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan tingkat kecemasan serta frustasi. Namun, studi lain menemukan bahwa aroma minyak ini tidak memengaruhi fungsi otak.

Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk membantu memahami cara kerjanya dan menyelidiki apakah manfaat daun mint memang meningkatkan fungsi otak.

13. Meredakan Depresi

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat daun mint bisa digunakan terutama saat Anda merasa lesu, cemas, atau dalam kondisi tertekan. Minyak atsiri dari daun mint sangat berguna untuk membantu berbagai permasalahan tersebut. Dioleskan atau dihirup sebagai uap dapat memberi ketenangan pada tubuh dan pikiran.

Nah, itulah berbagai manfaat daun mint yang bisa Anda dapatkan. Meski memiliki banyak manfaat, klaim tersebut masih membutuhkan penelitian lanjutan. Agar tidak terjadi efek samping, sebelum menggunakannya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

  1. Nagdeve, Meenakshi. 2020. 13 Impressive Benefits Of Mint Leaves. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/health-benefits-of-mint.html. (Diakses pada 20 April 2020).
  2. Pearson, Keith, PhD, RD. 2017. 8 Health Benefits of Mint. https://www.healthline.com/nutrition/mint-benefits. (Diakses pada 20 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi