Terbit: 26 November 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Selain sebagai bumbu masakan, daun jeruk purut juga memiliki manfaat lain berkaitan dengan kesehatan tubuh. Apa saja khasiat yang dimaksud? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

10 Manfaat Daun Jeruk Purut yang Jarang Disadari

Daun Jeruk Purut dan Kandungan Nutrisinya

Jeruk purut (Citrus hystix) adalah satu dari sekian macam jenis jeruk limau. Buah yang berasal dari dataran Asia Tenggara—Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina—dan Cina bagian selatan ini diketahui menyimpan banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya yang cukup melimpah, mulai dari vitamin C hingga kalsium dan zat besi.

Namun tahukah Anda jika selain buahnya, daun jeruk purut pun memiliki manfaat yang tidak kalah penting. Ini karena pada daun tersebut terkandung zat penting yang utamanya bersifat sebagai antioksidan.

Manfaat Daun Jeruk Purut bagi Tubuh yang Jarang Disadari

Sama seperti buahnya, pemanfaatan daun jeruk perut utamanya sebagai bumbu untuk menambah cita rasa masakan. Namun selain menghasilkan aroma masakan yang lezat, daun ini apabila Anda konsumsi atau gunakan juga bisa mendatangkan manfaat medis, sebagaimana dijelaskan berikut ini.

1. Melawan Infeksi Bakteri

Manfaat yang pertama dari daun ini adalah untuk melawan infeksi bakteri. Sejumlah penelitian mengklaim bahwa ekstrak daun tersebut apabila diolah menjadi minyak esensial mampu mengatasi infeksi oleh bakteri E. Coli dan S. Aureus.

Kedua bakteri tersebut sangat umum menyerang tubuh, terutama sistem pencernaan hingga menyebabkan terjadinya keracunan. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan daun ini sebagai cara untuk mengatasi infeksi tersebut apabila sampai terjadi pada diri sendiri.

2. Meredakan Stres

Minyak esensial dari daun tersebut juga kabarnya dapat menjadi aromaterapi yang ampuh guna mengatasi kondisi mental seperti stres. Bahkan, masalah mental lainnya seperti depresi pun kemungkinan besar bisa teratasi dengan menghirup aroma dari daun ini.

Memang, belum banyak bukti ilmiah yang mendukung hal tersebut. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk dicoba, bukan? Terutama jika Anda mungkin sudah bosan dengan jenis aromaterapi lain dan ingin mencoba alternatif baru.

3. Merawat Kesehatan Kulit

Daun jeruk perut mengandung zat antioksidan yang mana zat ini memiliki fungsi untuk merawat dan melindungi sel-sel tubuh, tidak terkecuali sel kulit. Itu sebabnya, daun ini juga memiliki manfaat untuk menjaga agar kulit Anda tetap sehat dan terhindar dari masalah-masalah seperti:

  • Jerawat
  • Kerutan pada wajah
  • Bintik hitam
  • Kulit kering

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat selanjutnya dari daun jeruk purut adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta mencegahnya dari mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk infeksi bakteri yang mana hal ini tentu saja berbahaya.

Anda bisa mengoleskan daun ini secara langsung pada gigi untuk mendapatkan manfaatnya. Atau, Anda bisa memanfaatkan minyak esensial yang terbuat dari ekstraknya. Caranya, campurkan minyak dengan pasta gigi setiap kali hendak menggosok gigi. Untuk hasil yang maksimal, lakukan setiap hari sebanyak 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari.

5. Membuang Racun dalam Darah

Daun jeruk perut mengandung zat-zat yang juga turut berperan dalam proses detoksifikasi, yakni pembuangan racun atau limbah tubuh yang ada pada darah. Ini berlaku bagi Anda yang tubuhnya sehat atau memang menderita penyakit berkaitan dengan darah.

Ekstrak daun dari tanaman ini kerap menjadi campuran berbagai ramuan untuk mengatasi sejumlah jenis penyakit darah kronis. Campuran unik dari senyawa volatil diketahui dapat menghilangkan patogen atau agen asing di dalam darah, sekaligus membantu hati dan sistem limfatik menyaring zat berbahaya sehingga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Zat yang terkandung pada daun ini memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Atas dasar hal tersebut, mengonsumsi atau menggunakan daun tersebut secara rutin juga sedikit banyak dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Ini tentu merupakan kabar baik karena dengan begitu, tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kendati demikian, belum banyak bukti ilmiah yang dapat mendukung hal tersebut.

7. Merawat Rambut

Merawat kesehatan rambut dan mencegahnya dari sejumlah masalah seperti rambut kering maupun rontok menjadi manfaat lainya dari daun jeruk purut yang mungkin tidak Anda sadari. Ya, daun ini mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh rambut agar dapat tumbuh subur dan terawat.

Guna mendapatkan manfaatnya yang satu ini, Anda bisa mengaplikasikan minyak esktrak daun tersebut pada rambut secara merata, kemudian diamkan selama beberapa saat sebelum membilasnya. Lakukan cara ini setiap hari agar manfaatnya benar-benar terasa.

8. Mengatasi Peradangan

Jeruk purut—baik buah maupun daunnya—dapat menjadi obat yang luar biasa bagi mereka yang menderita radang sendi, edema, asam urat, atau kondisi peradangan lainnya. Anda dapat menggunakan mengoleskan minyak ekstrak daun ini secara topikal pada area di mana Anda mengalami ketidaknyamanan atau nyeri.

Atau, Anda juga dapat menjadikan daun ini sebagai bumbu masakan untuk merasakan efek yang sama. Menariknya, efek antiinflamasi ini juga membuat daun bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala dan migrain.

9. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Ada sejumlah komponen yang ditemukan dalam jeruk purut—termasuk daunnya—yang terbukti dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, komponen tersebut juga bekerja untuk mengatasi berbagai masalah pada pencernaan.

 Jika Anda menderita sembelit atau gangguan pencernaan lainnya, minum air rebusan daun jeruk purut memiliki manfaat untuk menghilangkan gejala dan membantu pemulihan usus. Bahkan, daun ini juga kabarnya dapat mengatasi gangguan gastrointestinal yang lebih serius pada masa mendatang, seperti wasir dan tukak lambung. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan guna memastikan kebenarannya.

10. Meminimalisir Risiko Kanker

Oleh karena daun ini mengandung zat antioksidan seperti flavonoid, maka mengonsumsinya kemungkinan juga dapat membantu meminimalisir risiko kanker. Pasalnya, zat antioksidan bertugas untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Seperti yang kita ketahui, penyakit kanker bermula dari rusaknya sel tubuh hingga kemudian sel-sel tersebut bermutasi menjadi sel kanker yang berbahaya. Akan tetapi, perlu adanya penelitian lebih lanjut guna memastikan seberapa efektif daun ini dalam membantu menurunkan risiko kanker.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Kari dan Nutrisinya bagi Kesehatan

Efek Samping Daun Jeruk Perut

Sangat jarang adanya temuan kasus kemunculan efek samping setelah seseorang mengonsumsi atau menggunakan daun ini. Akan tetapi, pada beberapa orang yang memiliki sensitivitas tinggi, daun jeruk perut bisa saja menimbulkan efek samping seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Nyeri ulu hati
  • Peningkatan sensitivitas terhadap sinar UV (apabila dipakai secara topikal).

 

  1. Anonim. Health Benefits of Kaffir Lime. https://www.healthbenefitstimes.com/kaffir-lime/nggallery/image/11292 (accessed on 26 November 2020)
  2. Fanous, S. 2016. 8 Healthy Lime Facts. https://www.healthline.com/health/8-healthy-lime-facts#3.-Keep-your-heart-in-lime (accessed on 26 November 2020)
  3. Raman, R. 2019. Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/limes#benefits (accessed on 26 November 2020)
  4. Staughton, J. 2020. 9 Surprising Benefits Of Kaffir Lime. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/kaffir-lime.html (accessed on 26 November 2020)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi