Terbit: 21 September 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda mendengar tentang daun insulin? Daun insulin adalah salah satu tanaman herbal yang dipercaya memiliki manfaat dalam pengobatan diabetes. Tapi selain bermanfaat bagi para penderita diabetes, hasil penelitian ternyata banyak mengungkap tentang manfaat lain dari tanaman yang memiliki daun lebar dan bunga berwarna kuning ini.

Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan, Bukan Cuma Obat Diabetes!

Apa saja manfaat dari tanaman yang memiliki bunga menyerupai bunga matahari ini? Benarkah daun insulin bisa menjadi solusi untuk masalah diabetes? Yuk, kenali lebih jauh tentang daun insulin melalui artikel ini!

Apa Itu Daun Insulin?

Daun insulin juga sering disebut sebagai daun yakon atau Mexican sunflower. Tanaman ini memang memiliki bunga berwarna kuning yang menyerupai bunga matahari namun ukurannya memang tak sebesar bunga matahari. Daun yakon atau daun insulin memiliki nama latin Smallanthus sonchifolius dan ternyata memang merupakan bagian dari famili Asteraceae, sama seperti bunga matahari.

Tanaman insulin tidak hanya dikenal sebagai tanaman herbal, tapi sebagian masyarakat justru mengenalnya sebagai tanaman hias. Banyak yang percaya bahwa tanaman ini berasal dari Meksiko, tapi ada juga yang berpendapat bahwa tanaman ini berasal dari Brasil. Daun insulin atau daun yakon ini memang banyak ditemukan di daerah Amerika Tengah dan Selatan.

Di Indonesia sendiri, budidaya daun insulin banyak ditemukan di kota yang memliki iklim tropis seperti Bandung dan Wonosobo. Selain mendapatkan manfaat daun insulin dari membudidayakannya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat daun insulin melalui ekstrak daun insulin yang bisa Anda temukan di pasaran.

Daun insulin mengandung berbagai senyawa yang baik untuk tubuh. Terdapat kandungan fruktosa yang bermanfaat untuk mencegah kenaikan gula darah, kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan, dan kandungan senyawa lainnya yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, dan antidiabetik.

Manfaat Daun Insulin

Daun insulin memiliki bunga yang indah sehingga banyak yang menjadikannya tanaman hias. Tapi dibalik keindahannya tersebut siapa sangka bahwa terdapat banyak sekali khasiast daun insulin bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat daun insulin yang bisa Anda rasakan:

1. Mencegah dan mengobati diabetes

Manfaat daun insulin yang pertama adalah tentu saja dapat mengatasi penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian yang dilkakukan pada tikus, hasilnya diketahui bahwa daun insulin mampu untuk menurunkan kadar gula dalam darah.Daun insulin juga diketahui mengandung senyawa aloksa yang bisa merangsang produksi hormon insulin.

Perlu diketahui bahwa peran hormon insulin sangat penting dalam hal mengatur kadar gula dalam darah. Sayangnya beberapa peneliti tidak menyarankan pengobatan diabetes jangka panjang dengan daun ini karena ditakutkan akan memberikan efek negatif pada ginjal.

2. Sebagai antioksidan

Khasiat daun insulin yang kedua adalah mampu menjadi antioksidan bagi tubuh. Daun insulin mengandung banyak senyawa antioksidan seperti flavonoid, glikosida, saponin, tanin, alkaloid, dan masih banyak lagi. Senyawa-senyawa ini bisa mambantu melawan berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab dari berbagai gangguan tubuh, termasuk juga menjadi salah satu penyebab kanker.

3. Mengontrol kolesterol

Manfaat daun insulin selanjutnya adalah mampu untuk mengontrol kolestrol dalam tubuh. Kolestrol dalam darah diikat oleh zat lipoprotein. Kondisi di mana kadar lipoprotein tinggi bisa disebut dengan hiperlipidemia, kondisi ini cukup berbahaya dan bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular.

Khasiat daun insulin adalah untuk mengatasi kondisi hiperlipidemia dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), serum kolesterol, dan juga trigliserida. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan arteri koroner juga akan menurun.

4. Baik untuk pencernaan

Manfaat daun insulin yang keempat adalah dapat merawat sistem pencernaan. Daun insulin mengandung probiotik yang baik untuk menjaga pencernaan dan memaksimalkan proses penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Daun insulin juga mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan lainnya seperti sembelit, perut kembung, tukak lambung, dan masalah pencernaan serius lainnya.

5. Menurunkan tekanan darah

Selain diakibatkan oleh tingkat kolesterol yang tinggi, penyakit seperti serangan jantung dan stroke juga bisa dipicu oleh tekanan darah tinggi. Tentunya ini membuat kita tidak boleh menyepelekan kondisi tekanan darah tinggi. Sedangkan penyakit ini umumnya menjadi penyakit kambuhan yang hampir tidak bisa sembuh secara total.

Salah satu solusi terbaik untuk mengatasi darah tinggi adalah dengan obat herbal. Daun insulin bisa menjadi salah satu pilihan obat herbal yang membantu Anda menurunkan tekanan darah. Daun ini diklaim mampu untuk menurunkan tekanan darah sebanyak 5 hingga 10%.

6. Sebagai obat diuretik

Manfaat daun insulin selanjutnya adalah sebagai obat diuretik. Obat jenis ini memiliki fungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urin. Daun insulin bekerja dengan cara meningkatkan kadar natrium dan kalium untuk menghasilkan efek diuresis. Obat diuretik umumnya dibutuhkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang menyebabkan edema atau penumpukan cairan dalam tubuh dan juga mengatasi hipertensi.

7. Sebagai analgesik

Khasiat daun insulin selanjutnya adalah mampu berperan sebagai analgesik. Jenis obat-obatan analgesik memiliki fungsi untuk meredakan berbagai macam nyeri atau rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh. Analgesik umumnya akan digabungkan dengan jenis obat-obatan lain karena hanya dapat mengobati gejala saja, bukan menyembuhkan penyakit secara keseluruhan.

8. Menjaga kesehatan tubuh secara umum

Manfaat daun insulin selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan melindunginya dari berbagai penyakit. Daun insulin bisa bertindak sebagai antivirus, antibakteri, dan antijamur yang mampu untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri, virus, maupun jamur.

9. Menurunkan berat badan

Manfaat yang terakhir ini bukan merupakan manfaat daun insulin, melainkan manfaat dari buah atau umbi dari tanaman insulin. Akar yakon memiliki bentuk yang mirip dengan ubi dan juga memiliki rasa yang manis. Yakon mengandung kalori yang sangat rendah dan juga serat yang tinggi sehingga membuat umbi yang satu ini sangat cocok untuk menjadi salah satu menu untuk Anda yang sednag berdiet.

Nah, benar bukan jika manfaat daun insulin bukan hanya untuk dijadikan tanaman hias saja? Khasiat daun insulin untuk kesehatan memang sangat banyak. Kemungkinan masih banyak lagi manfaat daun insulin yang belum diketahui hingga saat ini. Tapi penggunaan daun insulin sebagai tanaman herbal sebaiknya dilakukan dengan hati-hati.

Pada dasarnya masih harus dilakukan berbagai penelitian untuk mengetahui efek samping yang mungkin terjadi pada penggunaan daun insulin sebagi obat herbal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa terdapat penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan daun insulin untuk jangka panjang tidak disarankan karena diduga memberikan efek kurang baik pada ginjal.

Jika Anda menggunakan duan insulin sebagai pengobatan, usahakan untuk tidak menggunakannya untuk jangka panjang. Ada baiknya Anda juga berkonsultasi ke dokter terlebih dulu tentang kondisi Anda, agar dapat mengetahui apakah pengobatan dengan daun insulin diperlukan atau tidak.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi