11 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya!

manfaat-daun-bidara-doktersehat

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda mendengar tentang daun bidara? Pohon bidara atau widara adalah pohong penghasil buah bidara. Tanaman ini umumnya tumbuh di daerah kering. Selain menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki berbagai manfaat, daun bidara juga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah berbagai manfaat daun bidara dan cara menggunakannya!

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Pohon bidara merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia, salah satu yang populer adalah bidara arab. Manfaat daun bidara arab yang paling populer adalah dapat mengusir jin. Namun, di luar kepercayaan tersebut, ternyata terdapat juga berbagai manfaat daun bidara untuk kesehatan dan juga kecantikan. Berikut adalah manfaat daun bidara dan cara menggunakannya!

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang pertama dikonsumsi langsung atau dalam bentuk jus untuk menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung bermacam jenisnya dan juga penyebabnya. Salah satu yang paling memengaruhi adalah gaya hidup kita. Maka dari itu, kita harus memiliki gaya hidup yang seimbang dan konsumsi daun bidara dipercaya dapat mencegah dan mengatasi gangguan jantung.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang kedua adalah diaplikasikan pada luka untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau akibat goresan.

Selain itu, daun bidara juga dipercaya memililki senyawa yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan mencegah luka bakar meninggalkan bekas pada kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka lebih cepat juga berasal dari kemampuan daun bidara untuk mempercepat regenerasi kulit.

3. Mengatasi gangguan tidur

Manfaat daun bidara arab selanjutnya adalah dapat mengatasi gangguan. Cara menggunakannya adalah dengan cara mengonsumsi teh daun bidara. Teh daun bidara memiliki kandungan saponin sehingga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan sehingga dapat mengatasi masalah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

4. Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat buah bidara dan daunnya selanjutnya adalah untuk memelihara sistem pencernaan. Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya untuk kesehatan pencernaan adalah dapat dikonsumsi secara langsung, dengan cara meminum rebusan daunnya, makan buahnya, ataupun dengan mengonsumsi teh daun bidara.

Bidara dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga mampu untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Berbagai risiko gangguan pencernaan pun dapat diatasi.

5. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang lain adalah meminum air rebusan daun bidara secara rutin untuk menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes diharuskan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula lainnya untuk menstabilkan gula darah.

Selain mengatur pola makan, penderita diabetes umumnya juga menjadikan herbal sebagai salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah. Daun bidara dapat menjadi salah satu pilihan obat herbal tersebut.

6. Mengobat wasir

Manfaat daun bidara yang keenam adalah dapat mengatasi wasir. Penyakit yang satu ini memang bukan penyakit mematikan, tapi tetap saja amat mengganggu dan juga menyiksa penderitanya. Cara menggunakan daun bidara untuk wasir dapat dengan meminun air rebusannya secara rutin dan juga dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak.

7. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya selanjutnya adalah dengan membuat masker daun bidara untuk memelihara kulit wajah. Kandungan antibakteri dalam lidah buaya mampu untuk membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, bidara juga mampu membantu meremajakan kulit dan memberi perlindungan kulit dari sinar UV. Daun bidara juga membantu membersihkan wajah dengan lebih maksimal sehingga kebersihan dan kecantikan kulitpun terjaga.

8. Melancarkan haid

Manfaat daun bidara yang penting untuk wanita adalah dapat melancarkan haid. Daun bidara dapat membantu menyeimbangkan hormon yang dapat menjadi penyebab dari siklus haid menjadi tidak teratur. Cara untuk mendapatkan manfaat daun bidara adalah dengan meminun ekstrak daun bidara.

9. Membersihkan tubuh

Daun bidara juga dapat membersihkan tubuh dengan lebih maksimal. Hal inilah yang membuat daun bidara sering dijadikan sebagai bahan utama sabun. Selain itu, daun bidara juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah keputihan yang dialami wanita.

Manfaat daun bidara untuk membersihkan daerah kewanitaan kemungkinan tidak berbeda jauh dengan manfaat daun sirih. Pada dasarnya daun bidara memang dapat dijadikan sebagai antiseptik, sehingga tidak heran jika terdapat anjuran untuk membersihkan tubuh dengan daun bidara.

10. Menurunkan berat badan

Konsumsi daun bidara secara rutin juga diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Daun bidara membantu menurunkan berat badan dengan cara memberikan rasa lapar lebih lama dan juga membantu dalam pembakaran lemak. Cara menggunakannya adalah dengan meminun air rendaman daun bidara yang direndam semalaman atau dengan konsumsi teh daun bidara.

11. Merawat rambut

Manfaat daun bidara yang terakhir adalah untuk perawatan rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut adalah dengan cara menjadikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic. Daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan dapat mencegah rambut dari kerusakan dan kerontokan.

Itu dia berbagai manfaat daun bidara untuk kesehatan dan kecantikan, serta cara untuk menggunakannya. Daun bidara yang diklaim mampu untuk mengusir jin, ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Sayangnya, manfaat daun bidara arab ini masih belum banyak dibuktikan secara ilmiah.

Masih sangat terbatas jumlah penelitian tentang manfaat daun bidara. Meskipun begitu, penggunaan daun bidara dapat dikatakan relatif aman. Jika Anda menggunakan produk dengan kandungan atau yang berbahan dasar daun bidara, pastikan keamanan produk tersebut dengan cara memeriksa izin BPOM dalam produk tersebut.

Jika Anda mengolahnya sendiri, pastikan daun bidara yang Anda gunakan bebas dari paparan bahan kimia. Selain itu, jika sedang menjalani pengobatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menjaga keamanan penggunaan daun bidara ini. Selamat mencoba!