10 Manfaat Daun Bidara, Baik untuk Rambut hingga Organ Dalam

manfaat-daun-bidara-doktersehat

DokterSehat.Com – Pohon bidara atau sering juga disebut widara adalah pohon penghasil buah bidara. Tanaman yang memiliki nama latin ziziphus mauritiana ini umumnya tumbuh di daerah kering. Selain menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki berbagai manfaat, daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Simak penjelasan lengkap manfaat daun bidara di bawah ini.

Manfaat Daun Bidara

Sebelum menjelaskan khasiat daun bidara, perlu diketahui bahwa daun bidara umumnya berbentuk bulat panjang dengan komposisi kimiawi yang terdiri dari protein & asam amino, flavonoid, alkaloid, glikosida, terpenoid, saponin, serat, tanin, dan senyawa fenolik.

Berbagai manfaat daun bidara bisa didapatkan karena daun bidara menunjukkan sifat antioksidan, sifat imunostimulan, sitoprotektif, hepatoprotektor, dan aktivitas farmakologis penting lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat daun bidara yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun bidara yang pertama adalah kemampuannya menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung bermacam jenis dan penyebabnya. Salah satu kondisi yang paling memengaruhi jantung adalah pola makan. Salah satu pola makan yang baik untuk dikonsumsi adalah air rebusan daun bidara.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara berikutnya yaitu dipercaya untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau akibat goresan.

Selain itu, daun bidara juga dipercaya memiliki senyawa glikosida yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka berasal dari kemampuannya untuk mempercepat regenerasi kulit.

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL dalam darah bisa turun jika Anda mengonsumsi serat yang larut dalam air. Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara. Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui feses.

4. Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat daun bidara untuk kesehatan pencernaan adalah dapat dikonsumsi secara langsung, dengan cara meminum rebusan daunnya, makan buahnya, ataupun dengan mengonsumsi teh daun bidara.

Selain itu, daun bidara juga dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Berbagai risiko gangguan pencernaan pun dapat diatasi.

BACA JUGA: 22 Manfaat Daun Suruhan dan Cara Mengolahnya

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat daun bidara lainnya yang bisa didapatkan adalah menurunkan kadar gula darah. Khasiat daun bidara didapatkan apabila Anda meminum air rebusannya secara rutin.

Sementara itu, selain meminum air rebusan daun bidara, penderita diabetes juga diharuskan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula untuk menstabilkan gula darah.

6. Membantu Mengobati Wasir

Manfaat daun bidara yang keenam adalah dapat mengatasi wasir. Penyakit yang satu ini memang bukan penyakit mematikan, tapi tetap saja bisa sangat mengganggu dan juga menyiksa penderitanya.

Cara menggunakan daun bidara untuk wasir dapat dengan meminum air rebusannya secara rutin atau dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak.

7. Mengatasi Jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, sepertinya Anda bisa mencoba mendapatkan manfaat daun bidara. Tidak seperti cara-cara sebelumnya, daun bidara tidak direbus akan tetapi dibuat masker. Kandungan antibakteri dalam daun bidara dipercaya membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, khasiat daun bidara juga mampu membantu meremajakan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV. Daun bidara juga membantu membersihkan wajah dengan lebih maksimal sehingga kebersihan dan kecantikan kulit pun terjaga.

8. Menghilangkan Bakteri

Daun bidara juga dapat digunakan untuk membersihkan tubuh dengan lebih maksimal. Hal inilah yang membuat daun bidara sering dijadikan sebagai bahan utama sabun. Selain itu, daun bidara juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah keputihan yang dialami wanita.

Manfaat daun bidara untuk membersihkan daerah kewanitaan kemungkinan tidak berbeda jauh dengan manfaat daun sirih. Pada dasarnya daun bidara memang dapat dijadikan sebagai antiseptik, sehingga tidak heran jika terdapat anjuran untuk membersihkan tubuh dengan air rebusan daun bidara.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi daun bidara secara rutin juga diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Daun bidara membantu menurunkan berat badan dengan cara memberikan rasa kenyang lebih lama dan juga membantu dalam pembakaran lemak. Cara menggunakannya adalah dengan meminum air rebusan daun bidara yang direndam semalaman atau dengan konsumsi teh daun bidara.

BACA JUGA: 20 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Bisa Bangkitkan Libido Lho!

10. Merawat Rambut

Manfaat daun bidara yang terakhir adalah dapat digunakan untuk perawatan rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut adalah dengan cara menjadikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic. Selain itu, daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah rambut dari kerusakan dan kerontokan.

Nah, itulah berbagai manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan mengenai berbagai manfaat seperti yang dijelaskan di atas

Lantas, adakah efek samping minum rebusan daun bidara atau bahaya daun bidara bagi kesehatan? Karena penelitian tentang khasiat daun bidara masih sangat terbatas, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsinya jika memiliki penyakit kronis atau penyakit serius.

Hal penting lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah jika Anda ragu untuk mendapatkan manfaat daun bidara, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun bidara.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau dr. Jati Satriyo

Sumber:

  1. Dahiru, D. and O. Obidoa. Effect of Aqueous Extract of Ziziphus mauritiana Leaf on Cholesterol and Triglyceride Levels in Serum and Liver of Rats Administered Alcohol. https://scialert.net/fulltextmobile/?doi=pjn.2009.1884.1888. (Diakses pada 4 Oktober 2019)
  2. Gupta, M. K. . A. K. Bhandari and Ramesh Kumar Singh. PHARMACOGNOSTICAL EVALUATIONS OF THE LEAVES OF ZIZIPHUS MAURITIANA. http://ijpsr.com/bft-article/pharmacognostical-evaluations-of-the-leaves-of-ziziphus-mauritiana/?view=fulltext. (Diakses pada 4 Oktober 2019)
  3. Almeer, Rafa S. Manal F. El-Khadragy. Semlali Abdelhabib. Ahmed E. Abdel Moneim. 2018. Ziziphus spina-christi leaf extract ameliorates schistosomiasis liver granuloma, fibrosis, and oxidative stress through downregulation of fibrinogenic signaling in mice. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0204923#sec018. (Diakses pada 4 Oktober 2019)