15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan (Pasutri Wajib Baca)

manfaat-daun-afrika-doktersehat

DokterSehat.Com – Tanaman herbal sudah sejak lama digunakan masyarakat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, kendati manfaat tanaman herbal bagi kesehatan kerap belum memiliki bukti medis yang kuat, pun tak lepas dari efek samping pemakaian. Salah satu tanaman herbal yang ‘dipercaya’ punya banyak khasiat adalah daun Afrika. Apa saja manfaat daun Afrika untuk kesehatan?

Apa Itu Daun Afrika?

Daun Afrika adalah nama untuk sebuah tanaman herbal yang banyak tumbuh di Benua Afrika, terutama Afrika Barat (tepatnya Nigeria), dan telah turun-temurun difungsikan oleh masyarakat setempat sebagai obat tradisional.

Daun Afrika (Vernonia amygdalina) diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalam daun Afrika tersebut, yang terdiri dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, serta mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, natrium, zat besi, dan zinc. Serat, protein, dan lemak tak jenuh kemudian melengkapi kandungan gizi pada daun Afrika.

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Tubuh

Atas sejumlah zat bergizi yang dikandung oleh daun Afrika, maka terciptalah manfaat daun Afrika untuk kesehatan. Berikut ini ulasan tentang daun Afrika dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun Afrika yang pertama adalah untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi daun Afrika secara rutin disebut-sebut dapat memperlancar sistem pencernaan sekaligus mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

Namun demikian, meskipun masyarakat kerap menggunakan daun Afrika untuk mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan, bukti medis yang mendukung klaim manfaat daun Afrika untuk kesehatan satu ini belum cukup kuat.

2. Mengatasi Malaria

Oleh masyarakat di benua Afrika, daun Afrika kerap dimanfaatkan untuk mengobati malaria, penyakit akibat infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk anopheles. Manfaat daun Afrika untuk mengobati Malaria ini dikarenakan daun tersebut mengandung senyawa plasmodik.

3. Obat Luka

Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Advanced Pharmaceutical Bulletin Vol. 4, daun Afrika diklaim dapat mempercepat proses pengeringan luka pada kulit.

Tak hanya itu, daun Afrika juga dipercaya dapat menimbulkan efek menenangkan saat Anda mengonsumsinya sehingga membantu tubuh tetap rileks kala sedang terluka.

4. Menyembuhkan Flu

Flu memang bukan merupakan penyakit berbahaya. Akan tetapi, kondisi ini tetap saja menghambat kita untuk beraktivitas.

Guna menyembuhkan flu, salah satu cara mudah dan efektif yang bisa anda terapkan adalah dengan mengonsumsi daun Afrika. Kandungan senyawa flavonoid pada daun Afrika disinyalir ampuh untuk membasmi virus penyebab flu.

5. Mengobati Tifus

Penyakit tifus disebabkan oleh infeksi bakteri pathogen yakni Salmonella typhi. Untuk mengurangi gejala sekaligus mempercepat proses penyembuhan tifus, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi ekstrak daun Afrika.

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan ini dihasilkan dari kandungan zat antibakteri dan antibiotik yang efektif melawan bakteri jahat.

6. Mengobati Peradangan

Ekstrak daun Afrika diperkaya oleh sejumlah zat yang bersifat antiinflamasi. Hal ini lantas menghasilkan manfaat daun Afrika untuk mengobati peradangan (inflamasi) yang salah satunya disebabkan oleh pertumbuhan senyawa pemicu radang bernama prostaglandin.

Atau, pada kasus peradangan sendi yang disebabkan oleh kurangnya asupan mineral magnesium, daun Afrika juga bisa dijadikan solusi jitu untuk mengatasi gangguan kesehatan ini oleh karena salah satu kandungan utama daun Afrika adalah magnesium.

7. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah di dalam tubuh, bahkan melebihi batas normal.

Selain melakukan pengobatan dengan obat-obatan kimia, Anda para pengidap diabetes juga bisa mengambil daun Afrika dan manfaatnya untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh agar senantiasa berada di angka yang normal.

8. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Penyakit serangan jantung utamanya dipicu oleh penyempitan pebuluh darah arteri jantung sehingga berimbas pada kurangnya suplai darah dan oksigen menuju jantung.

Mengonsumsi daun Afrika secara rutin juga dipercaya dapat meminimalisir risiko munculnya penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung. Ini karena daun Afrika diperkaya dengan kandungan zat yang bersifat antioksidan dan antiseptik, yakni asam lemak omega-3 dan omega-6.

Kedua zat tersebut—menurut studi yang dipublikasikan oleh Journal of Current Pharmaceutical Design—efektif dalam merawat fungsi pembuluh darah arteri.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol

Pembuluh darah arteri yang menyempit tersebut juga dipicu oleh faktor lainnya, yakni menumpuknya kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Studi yang dirilis oleh Journal of Vascular Health and Risk Management mengungkapkan bahwasanya daun Afrika terbukti dapat menurunkan kadar lemak LDL bahkan hingga 50 persen.

Kendati demikian, objek penelitian yang masih berupa hewan tikus menjadikan manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang satu ini belum bisa dikatakan kuat dan masih harus membutuhkan penelitian lebih lanjut dengan objek manusia.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Daun Afrika mengandung kalium. Adanya kandungan mineral kalium tersebut menurut sejumlah penelitian menghasilkan manfaat daun Afrika untuk menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik, masing-masing sebesar 2,5 mmHg dan 4,4 mmHg.

11. Mengobati Asam Urat

Apakah Anda mengidap penyakit asam urat? Jika ya, maka salah satu cara mengatasi asam urat yang dialami tersebut adalah dengan mengambil daun Afrika dan manfaatnya yang ternyata, juga bisa merangsang pembuangan asam urat berlebih melalui urin.

12. Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang harus senantiasa dijaga kesehatannya agar dapat berfungsi dengan baik. Daun Afrika adalah solusi jitu untuk mencegah penyakit ginjal.

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan ginjal ini dihasilkan oleh kandungan zat vitamin, asam lemak, dan asam fenolat yang berfungsi sebagai antioksidan.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Penyakit Ginjal

13. Mencegah Kanker

Mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker adalah manfaat daun Afrika lainnya yang tak disangka-sangka. Adanya kandungan zat anti-kanker pada daun Afrika menjadi alasan mengapa daun ini wajib untuk Anda konsumsi demi menghindari risiko terkena penyakit kanker di kemudian hari.

Daun Afrika dan manfaatnya yang satu ini diungkapkan oleh sebuah jurnal dari Experimental Biology and Medicine. Jurnal tersebut menyebutkan bahwa daun Afrika efektif dalam mencegah kanker payudara berkat peran dari zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal kerusakan sel DNA akibat aktivitas oksidasi yang dipicu oleh radikal bebas.

14. Meningkatkan Kesuburan

Daun Afrika, meskipun belum didukung oleh bukti medis yang kuat, juga dipercaya bisa meningkatkan kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

Pada pria, mengonsumsi daun Afrika secara rutin diklaim dapat memperbaiki kualitas sperma. Sedangkan bagi wanita, daun Afrika memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya kista pada Rahim.

15. Merawat Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Terutama untuk Anda para kaum Hawa, kesehatan dan kecantikan kulit menjadi poin utama yang perlu diperhatikan demi menunjang penampilan. Dari sekian banyak cara menjaga dan merawat kecantikan kulit, menggunakan daun Afrika adalah salah satunya.

Manfaat daun Afrika untuk kecantikan kulit didapat dari kandungan androfolit dan andrografin, yang mana kedua senyawa tersebut efektif untuk mencegah terjadinya penuaan dini, dan mencegah infeksi yang dapat memicu rusaknya jaringan kulit.

Selain itu, manfaat daun Afrika untuk kecantikan kulit adalah mengatasi berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo, kudis, dan kurap.

Daun Afrika, Si ‘Pahit’ dengan Segudang Manfaat

Daun Afrika memang memiliki rasa yang pahit. Oleh sebab itu, daun ini kerap disebut sebagai bittet leaf. Namun, melihat banyak dan besarnya daun Afrika tersebut, maka seharusnya tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk tetap mengonsumsi tanaman herbal yang satu ini, baik dalam bentuk minuman tradisional maupun krim kulit dan wajah.

Perlu diperhatikan juga, mengingat daun Afrika adalah tanaman herbal, maka menggunakan tanaman ini bisa saja menimbulkan efek samping daun Afrika. Konsultasikan dengan dokter terkait apabila Anda mengalami efek samping pasca mengonsumsi daun Afrika. Semoga bermanfaat!