Terbit: 19 Februari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Aprikot adalah salah satu buah yang saat ini sedang menjadi pembicaraan hangat para beauty influencer karena manfaat buah aprikot sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan, terutama untuk kulit. Ini berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya.

13 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan dan Bikin Wajah Glowing!

Kandungan Nutrisi Buah Aprikot

Aprikot merupakan buah yang belum banyak dikenali masyarakat Indonesia, karena buah ini tumbuh liar di Armenia, Yunani, Roma, dan India. Buah yang memiliki nama ilmiah Prunus armeniaca ini memiliki cita rasa yang menyegarkan, yakni manis dan asam.

Buah yang mirip dengan buah peach dan plum ini mudah kita dapatkan karena sudah tersedia di berbagai supermarket. Nah, sebelum mengetahui berbagai manfaat buah aprikot, kita ketahui terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dalam buah ini.

Buah aprikot sangat bergizi dan kaya akan vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Dalam dua buah aprikot segar atau sekitar  70 gram, buah ini mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 34
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,27 gram
  • Serat: 1,5 gram
  • Vitamin A: 8%
  • Vitamin C: 8%
  • Vitamin E: 4%
  • Kalium: 4%

Selain itu, buah aprikot sebagai sumber beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

Berikut sejumlah manfaat aprikot yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan dan kecantikan yang wajib untuk diketahui:

1. Mengatasi Sembelit

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di World Journal of Gastroenterology, aprikot kaya akan serat yang bagus untuk pergerakan usus halus.

Manfaat serat dapat merangsang cairan lambung dan pencernaan yang membantu menyerap nutrisi dan memecah makanan agar lebih mudah diproses. Selain itu, serat juga dapat mengaktifkan gerakan peristaltik saluran pencernaan, dan gerakan otot polos. Itulah yang menjaga agar pergerakan usus tetap teratur.

Oleh karena itu, aprikot sering disarankan untuk dikonsumsi kepada mereka yang secara teratur menderita sembelit.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah aprikot dapat melindungi jantung dari berbagai penyakit, termasuk aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Ini berkat kandungan vitamin C, potasium, dan serat makanan, yang mampu membantu menyehatkan jantung dengan baik.

Menurut penelitian yang dipimpin oleh Dr. Lien Ai Pham-Huy, Pusat Medis Universitas Stanford, AS, vitamin C yang termasuk dalam antioksidan ini dapat melindungi jantung dari serangan radikal bebas.

Selain itu, potasium menurunkan tekanan darah dengan melemaskan ketegangan pembuluh darah dan arteri, sementara serat makanan mengurangi kelebihan kolesterol dari lapisan pembuluh dan arteri. Jadi, secara keseluruhan sifat-sifat dari aprikot menjadikan buah ini ideal untuk meningkatkan kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Metabolisme

Jumlah cairan di seluruh tubuh bergantung pada dua mineral, kalium, dan natrium. Kandungan kalium yang tinggi dalam aprikot dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan memastikan energi disalurkan dengan baik ke organ dan otot. Dengan mempertahankan keseimbangan elektrolit yang sehat, tubuh memiliki lebih banyak energi, mengurangi kram, dan menjaga darah dan energi yang dapat digunakan tubuh ketika diperlukan.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Aprikot kaya akan karotenoid dan xantofil, merupakan nutrisi yang dipercaya para peneliti mampu mencegah penyakit penglihatan terkait bertambahnya usia.

Aprikot juga mengandung vitamin A, nutrisi penting yang menyehatkan mata. Nutrisi ini juga disebut retinol, yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia.

5. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam aprikot membuat kita kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda untuk sering makan dan pada akhirnya membantu dalam penurunan berat badan yang sehat.

Selain itu, nutrisi dalam aprikot dapat merangsang sel-sel otak tertentu (tanycytes) yang membuat kita merasa kenyang dan mengendalikan nafsu makan.

Seperti yang disebutkan di atas, manfaat buah aprikot dapat mempercepat metabolisme dan ternyata ini juga dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dalam aprikot adalah mineral yang penting untuk perkembangan dan kesehatan tulang. Selain itu, aprikot merupakan sumber kalium yang penting untuk penyerapan dan distribusi kalsium yang sangat bagus.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa manfaat buah aprikot dapat membalikkan pengeroposan tulang dan bahkan mengubah metabolisme tulang pada wanita pascamenopause.

7. Mengatasi Penyakit Pernapasan

Manfaat buah aprikot juga dapat mengatasi masalah pernapasan, termasuk asma, pilek dan flu. Vitamin E dalam aprikot juga berkhasiat untuk kondisi ini, cara kerjanya seperti antioksidan yang melawan radikal bebas. Proses ini meningkatkan kekebalan dan mencegah masalah kesehatan seperti pilek dan flu.

Baca Juga: 23 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan (Bikin Langsing hingga Cegah Kanker)

8. Bikin Kulit Glowing

Sama seperti buah lainnya, aprikot juga bisa dijadikan bahan lulur yang dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit yang rusak, sehingga membantu mencerahkan kulit. Khasiat aprikot untuk kulit juga dapat meregenerasi sel-sel kulit, sehingga kulit tampak segar dan glowing.

Selain daging buahnya, Anda dapat menggunakan minyak aprikot dengan gula untuk membuat scrub yang sangat bagus untuk wajah dan tubuh. Ini merupakan pengelupas yang sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit halus dan lembut.

9. Mempercepat Proses Penyembuhan Kulit

Selain daging buahnya, minyak yang terbuat dari biji buah aprikot mengandung vitamin C, asam gamma linolenat atau GLA, yang berasal dari asam lemak esensial omega-6 dan vitamin E, B1, B2, B6, dan A. Ini semua merupakan bahan alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit kulit, termasuk ruam, kudis, eksim, dan psoriasis.

Tidak hanya itu saja, vitamin C juga dapat menstimulasi perbaikan jaringan tisu yang menjadikan kulit tetap sehat tanpa menimbulkan bekas luka. Untuk mendapatkan manfaat buah aprikot untuk kesehatan kulit secara maksimal, gunakan secara rutin.

10. Mengurangi Kulit Keriput

Jangan sampai Anda lewatkan, terutama para wanita, karena khasiat aprikot untuk kulit bisa membuat penampilan awet muda lho!

Bertambahnya usia membuat kulit mengalami sejumlah perubahan. Salah satunya adalah munculnya guratan halus yang menjadi awal mula keriput. Keriput yang menghiasi wajah tentu saja menjadikan penampilan kurang menarik.

Namun, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan skin care yang mengandung ekstrak aprikot. Ekstrak buah aprikot, terutama cangkang biji aprikot mampu menstimulasi proses regenerasi sel-sel kulit baru serta kolagen pada kulit. Tidak heran jika kulit terasa lebih kencang dan kenyal.

Minyak aprikot juga membantu menjaga kecerahan, kekenyalan, dan elastisitas kulit. Minyak aprikot dapat dicampurkan minyak buah lain sebagai masker wajah untuk melembutkan kulit.

11. Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori oleh kotoran dan debu. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan pori-pori kulit. Biasanya, sejumlah skin care, terutama facial scrub dengan kandungan bahan alami telah menggunakan apricot seed powder untuk meluruhkan sel kulit mati dan kotoran.

Selain itu, menggunakan skin care yang mengandung ekstrak aprikot juga dapat menjadikan kulit terasa lebih lembut dan halus.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan manfaat buah aprikot untuk kesehatan kulit, Anda dapat menggunakan buah yang masih segar. Namun, tidak ada salahnya untuk menggunakan skin care yang mengandung ekstrak dari buah aprikot yang lebih praktis.

12. Mengatasi Jerawat

Khasiat aprikot untuk kulit dapat menghilangkan jerawat membandel. Caranya mudah, Anda hanya menghaluskan daging buah dan daun aprikot menggunakan blender. Kemudian terapkan secara topikal pada wajah. Masker aprikot juga dapat membantu menghilangkan gatal yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, eksim, dan kudis.

13. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Selain manfaat buah aprikot untuk kesehatan kulit, juga bagus untuk rambut. Vitamin E yang terkandung dalam minyak aprikot membantu pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah kerontokan rambut.

Vitamin E dalam kombinasi dengan asam lemak bertindak sebagai pengawet dengan mencegah kerusakan oleh radikal bebas.

_

Nah, itu dia berbagai manfaat dari buah aprikot yang bisa Anda dapatkan. Namun, sebelum mengonsumsi buah ini untuk mengatasi kondisi kesehatan tertentu, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang alergi, kondisi medis yang sedang diderita, dan efek sampingnya. Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Katey Davidson. 2019. 9 Health and Nutrition Benefits of Apricots. https://www.healthline.com/nutrition/apricots-benefits. (Diakses 19 Februari 2020)
  2. Nagdeve, Meenakshi. 2020. 9 Impressive Health Benefits Of Apricot. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/apricots.html. (Diakses 19 Februari 2020)
  3. Tadimalla, Ravi T. 2019. 17 Impressive Benefits Of Apricot – The Nutrient-Rich Fruit Everyone’s Talking About. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-apricots-for-skin-hair-and-health/#gref. (Diakses 19 Februari 2020)

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi