Manfaat Darah Haid untuk Wajah, Benarkah Bisa Hilangkan Jerawat dan Membuat Glowing?

manfaat-darah-haid-untuk-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap wanita akan mengalami mentruasi yang memang merupakan siklus alami yang terjadi pada sistem reproduksi wanita. Ada banyak sekali kepercayaan yang terkait dengan menstruasi dan terkadang sulit membedakan apakah kepercayaan tersebut merupakan fakta atau hanya mitos belaka. Salah satu yang masih banyak mengundang pertanyaan adalah tentang manfaat darah haid untuk wajah. Benarkah darah haid adalah salah satu jalan untuk mendapatkan wajah glowing?

Siklus Menstuasi

Sebelum mengetahui manfaat darah haid untuk wajah, perlu diketahui lebih dulu dari mana datangnya darah menstruasi. Siklus menstruasi pada setiap wanita umumnya terjadi selama 28 hari, namun sebagian wanita juga memiliki siklus yang lebih panjang atau lebih pendek.

Meskipun waktunya berbeda-beda, namun setiap wanita umumnya akan mengalami menstuasi setiap bulan. Maka dari itu menstruasi sering juga disebut dengan istilah seperti ‘tamu bulanan’ atau ‘datang bulan’.

Siklus di mulai ketika sel telur lepas dari ovarium dan menuju ke uterus. Ketika hal ini terjadi, rahim akan mempersiapkan diri untuk menyambut kehamilan sehingga terbentuklah sebuat dinding pada rahim. Jika tidak terjadi pembuahan, maka dinding tersebut akan luruh bersama dengan sel telur dan terjadilah apa yang disebut sebagai menstruasi.

Selama ini darah menstruasi dianggap sebagai darah yang kotor dan memiliki kesan jorok. Lalu, mengapa sebagian orang percaya adanya manfaat darah haid untuk wajah?

Manfaat Darah Haid untuk Kecantikan Wajah

Menstruasi pertama menandakan seorang wanita telah memasuki masa pubertas. Masa awal menstruasi adalah masa di mana wanita mendapatkan berbagai macam informasi baru seputar menstruasi. Sebagian informasi tersebut merupakan fakta, tapi banyak juga informasi yang ternyata hanya merupakan mitos atau fakta yang sebenarnya masih sulit untuk dibuktikan kebanarannya.

Sebagain dari Anda tentu sudah pernah mendengar tentang adanya manfaat darah haid untuk kecantikan wajah. Banyak orang yang percaya bahwa darah haid dapat menyelesaikan berbagai masalah wajah dan bisa membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih cantik. Berikut adalah beberapa manfaat darah haid untuk wajah yang dipercaya oleh masyarakat:

1. Mengatasi jerawat

Salah satu manfaat darah haid untuk wajah yang beredar di masyarakat adalah dapat membantu mengatasi jerawat di wajah. Jerawat merupakan peradangan bakteri yang terjadi karena adanya kotoran yang meyumbat pori-pori. Pemicu jerawat bisa bermacam-macam, tapi yang paling umum adalah karena produksi minyak berlebih pada wajah.

Pengobatan untuk jerawat juga bermacam-macam mulai dari menggunakan masker alami, obat topikal, atau bisa juga dengan berbagai prosedur medis. Menggunakan darah haid dianggap sebagai salah satu cara alami untuk mengatasi jerawat di wajah. Cara menggunakan darah haid untuk wajah berjerawat adalah dengan cara menjadikannya masker wajah.

2. Mencegah jerawat

Manfaat darah haid untuk wajah yang juga banyak beredar di masyarakat adalah mencegah jerawat. Sama halnya seperti menstruasi, jerawat juga muncul ketika menginjak masa pubertas. Terdapat pernyataan bahwa jika darah mentruasi pertama dioleskan di wajah, maka seseorang dapat terhindar dari jerawat.

Hal ini tentunya lebih sulit untuk dipercaya, karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, munculnya jerawat dipengaruhi oleh banyak faktor. Sehingga tidak mungkin ada satu metode untuk mencegah jerawat yang hanya dilakukan sekali seumur hidup.

3. Membuat wajah glowing

Siapa yang tidak menginginkan wajah glowing? Setiap wanita tentunya menginginkan kulit yang sehat dan cantik yang terhindar dari masalah seperti jerawat, komedo, noda hitam, dan masalah kulit lainnya. Maka dari itu, apapun bentuk perawatan kulit, selalu menarik dan membuat para wanita penasaran untuk mencoba.

Terkadang bahan yang digunakan untuk perawatan kulit juga merupakan bahan yang tidak wajar seperti lendir siput, lemak kuda, susu keledai, hingga lemak ikan salmon. Di Indonesia sendiri, meskipun tidak terdapat produk perawatan yang berbahan dasar darah, tetapi terdapat berbagai cerita yang menyatakan bahwa darah haid dapat membantu mencerahkan wajah dan membuat wajah glowing.

Manfaat Darah Haid untuk Wajah, Mitos atau Fakta?

Setelah mengetahui berbagai manfaat darah haid untuk wajah yang dipercaya oleh masyarakat, tentunya akan muncul pertanyaan tentang kebenaran manfaat-manfaat tersebut. Pada dasarnya manfaat yang disebutkan di atas merupakan manfaat yang belum memiliki bukti ilmiah. Bisa dikatakan bahwa manfaat-manfaat tersebut masih merupakan mitos belaka.

Hingga saat ini, masih belum ditemukan orang yang secara langsung menyatakan mendapatkan manfaat dari perawatan wajah menggunakan darah haid. Cerita yang beredar di masyarakat hanyalah cerita dari mulut ke mulut yang sulit untuk dibuktikan kebenarannya. Karena belum terbukti secara ilmiah, tentunya perawatan ini juga menjadi perawatan yang tidak disarankan.

Beberapa waktu yang lalu, beredar foto yang beredar di mana seorang wanita mengaplikasikan darah haid ke wajahnya. Banyak orang yang mengira bahwa foto tersebut merupakan cara menggunakan darah haid untuk wajah demi kecantikan. Wanita bernama Yazmina Jade tersebut memang mengaplikasikan darah haid ke wajah, tapi tujuannya bukanlah untuk perawatan wajah.

Wanita asal Australia tersebut mengaplikasikan darah haid ke wajah dan mengunduhnya ke sosial media dengan tujuan untuk menunjukkan pada para wanita bahwa menstruasi bukanlah hal yang mamalukan untuk dibicarakan. Tindakan ini tentu saja menuai pro dan kontra. Sebagian orang menganggapnya sebagai hal yang menjijikan, namun sebagian juga mendukung karena faktanya memang masih banyak wanita yang merasa menstruasi adalah hal yang memalukan dan tidak dapat dibicarakan secara bebas.

Memilih Perawatan Wajah yang Tepat

Darah haid sebenarnya bukan sepenuhnya merupakan darah kotor, melainkan sama seperti darah yang keluar dari tubuh ketika seseorang terluka. Meskipun begitu, darah yang keluar ketika menstruasi tidak dapat dikatakan bersih karena telah bencampur dengan jaringan pada dinding rahim yang ikut luruh bersama darah tersebut.

Maka dari itu, tidak disarankan untuk mengaplikasikannya langsung pada wajah, terutama ketika wajah mengalami infeksi seperti jerawat. Jika menginginkan kulit wajah yang sehat, sebaiknya pilihlah perawatan yang sudah terbukti kebenarannya.

Pada dasarnya perawatan kulit yang baik tidak bergantung pada harga maupun jenisnya. Perawatan kulit yang baik adalah yang menyesuaikan dengan kebutuhan kulit dan dilakukan secara konsisten. Jadi, kenalilah kebutuhan kulit Anda dan lakukan perawan dengan rutin jika menginginkan kulit yang cantik dan glowing.