Tak Hanya Indah, Ini 10 Manfaat Dandelion untuk Kesehatan dan Kecantikan

khasiat-dandelion-doktersehat

DokterSehat.Com – Dandelion adalah tanaman berbunga indah yang memiliki banyak manfaat. Apakah Anda tahu jika dandelion yang cantik ini menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan?

Baca terus untuk mengetahui berbagai manfaat dandelion. Temukan apa itu dandelion, kandungan dandelion, manfaat bunga dandelion, dan beberapa informasi lainnnya melalui penjelasan di bawah ini!

Apa itu dandelion?

Dandelion adalah tanaman yang memiliki bunga-bunga kecil nan indah. Tanaman dandelion dikenal juga dengan nama Randa Tapak. Nama ilmiah dari dandelion adalah Taraxacum officinale. Tanaman ini termasuk ke dalam genus Taraxacum cass dan famili Asteraceae.

Pertama kali, dandelion ditemukan di wilayah Eropa dan Amerika bagian Utara. Nama dandelion sendiri berasal dari bahasa Perancis yang artinya gigi singa. Sejak zaman dulu, manfaat dandelion untuk kesehatan telah dikenal secara luas di berbagai wilayah Eurasia.

Kandungan dandelion

Ragam manfaat dandelion yang sering digunakan sebagai pengobatan herbal tradisional sejak dulu tidaklah terlepas dari kandungannya. Dandelion mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Bagian dandelion seperti akar dan bunga adalah bagian yang mengandung banyak zat penting yang bermanfaat. Dandelion mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. Vitamin yang dikandung oleh dandelion yaitu vitamin A, D, E, B kompleks, dan C.

Mineral yang ada di dalam dandelion di antaranya adalah zat besi, fosfor, mangan, magnesium, kalium, seng, kalsium, natrium, dan tembaga. Selain itu, dandelion juga mengandung serat dan zat lain seperti taraxerol, taraxasterol, dan asam klorogenat.

Manfaat dandelion untuk kesehatan dan kecantikan

Sejak dahulu kala, orang-orang terutama di wilayah Eropa dan Asia telah mengetahui manfaat bunga dandelion. Mereka sering memanfaatkan dandelion untuk mengobati beberapa masalah medis dan untuk merawat kecantikan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga dandelion untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Apakah Anda tahu jika manfaat dandelion bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Dandelion mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan di dalam dandelion bisa membantu tubuh menangkal berbagai radikal bebas.

Selain itu, ada zat di dalam dandelion yang memiliki sifat antimikroba dan antivirus. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu tubuh melawan infeksi akibat berbagai mikroba dan virus. Pertumbuhan bakteri dan virus akan terhambat dengan menggunakan dandelion.

Zat-zat yang bersifat antioksidan, antivirus, dan antimikroba di dalam dandelion sangat berguna untuk mencegah tubuh dari sakit atau masalah medis lainnya baik yang diakibatkan oleh virus, mikroba, maupun radikal bebas.

2. Mendukung kesehatan pencernaan

Jika Anda ingin memiliki pencernaan yang sehat maka gunakanlah dandelion karena manfaat bunga dandelion bisa mendukung kesehatan pencernaan. Kandungan serat inulin di dalam dandelion mendukung perkembangan prebiotik.

Prebiotik sangat baik tumbuh di dalam perut karena bakteri-bakteri baik bisa mengurai makanan dan meningkatkan kontraksi lambung ke usus kecil. Kontraksi tersebut bisa mempercepat pengosongan lambung sehingga pencernaan lebih cepat terjadi.

Ini juga bisa meningkatkan gerakan peristaltik usus sehingga bisa mengatasi masalah sulit buang air besar atau konstipasi. Jadi, jika Anda memiliki masalah sembelit atau susah BAB maka gunakanlah dandelion untuk mengatasinya.

3. Menjaga kesehatan hati

Hati adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting. Berbagai fungsi hati yang sangat penting bisa berjalan normal jika kondisi organ hati dalam keadaan baik-baik saja. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan organ hati.

Manfaat bunga dandelion bisa menjaga kesehatan hati. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan di dalam dandelion mampu melindungi jaringan hati dari kontaminasi racun.

Selain itu, manfaat dandelion juga dapat mengurangi kadar lemak di dalam jaringan jati.. Anda perlu tahu bahwa kadar lemak yang berlebih bisa menyebabkan stres oksidatif pada jaringan hati. Penurunan tingkat stres ini pun berdampak positif pada kondisi hati.

4. Menurunkan kadar lipid darah

Kondisi kesehatan tubuh cukup dipengaruhi oleh kadar lipid di dalam darah. Tingginya kadar lipid seperti trigliserida dan kolesterol LDL di dalam darah bisa menurunkan derajat kesehatan tubuh.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena manfaat dandelion bisa mengatasi masalah ini. Dandelion bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida secara efektif. Penurunan kadar lipid darah ini pun bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Mengendalikan kadar gula darah

Jika Anda ingin tetap sehat maka penting bagi Anda untuk menjaga selalu kadar gula darah Anda tetap normal. Kadar gula darah normal bisa mencegah tubuh dari berbagai komplikasi penyakit dan begitu juga sebaliknya.

Kadar gula darah tinggi atau rendah sama-sama tidak baik. Keduanya adalah kadar gula darah yang bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Penggunaan dandelion bisa mencegah terjadinya kadar gula tinggi atau rendah.

Kandungan asam cikorir dan klorogenat di dalam dandelion merupakan senyama bioaktif. Kedua senyawa tersebut secara efektif bisa mengurangi kadar gula darah. Penurunan kadar gula darah ini terjadi dengan didahului oleh peningkatan sekresi insulin.

Peningkatan sekresi insulin tersebut akan meningkatkan penyerapan glukosa (gula) yang ada di dalam jaringan. Penyerapan glukosa di dalam darah pun secara otomatis memengaruhi penurunan kadar gula darah.

6. Menurunkan tekanan darah

Tidak hanya menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, manfaat bunga dandelion juga bisa menurunkan tekanan darah. Jadi, sangat baik bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi untuk menggunakan dandelion.

Kandungan potasium dan kalium pada dandelion yang memiliki sifat diuretik bisa melakukan detoksifikasi tubuh. Proses detoksifikasi tubuh dari segala jenis racun dan cairan berlebih ternyata berdampak pada penurunan tekanan darah.

7. Mengatasi peradangan

Anda jangan tergesa-gesa untuk menggunakan obat antiinflamasi untuk mengatasi peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh. Peradangan bisa diatasi dan diredakan secara alami. Salah satu caranya adalah menggunakan dandelion.

Manfaat dandelion juga bisa membantu tubuh melawan peradangan. Ini dikarenakan kandungan zat tertentu seperti polifenol di dalam dandelion bersifat antiinflamasi sehingga bisa meredakan nyeri akibat radang.

8. Mencegah dan mengobati kanker

Salah satu manfaat dandelion yang sangat penting adalah bisa bertindak sebagai upaya pencegahan dan pengobatan dari penyakit kanker. Kandungan di dalam dandelion mampu menghambat dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

9. Menurunkan berat badan

Apakah Anda memiliki masalah terhadap berat badan? Sulit menurunkan berat badan? Anda bisa menggunakan dandelion karena manfaat dandelion bisa membantu menurunkan berat badan berlebih.

Ini dikarenakan kandungan dandelion bisa meningkatkan metabolisme terhadap zat-zat gizi makro dan mengurangi absorpsi lemak. Peningkatan metabolisme zat-zat gizi makro dan penurunan absorpsi lemam bisa memengaruhi berat badan secara signifikan.

10. Merawat kecantikan kulit

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, manfaat dandelion ternyata juga bisa untuk kecantikan. Dandelion memiliki manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan yang ada di dalam dandelion bisa melindungi kulit dari kerusakan DNA akibat beberapa hal.

Kerusakan DNA kulit biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, jerawat, usia, dan lainnya. Manfaat bunga dandelion bisa mencegah dan mengatasi kerusakan DNA pada kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan sel-sel kulit yang baru.