Terbit: 28 Juli 2020 | Diperbarui: 4 Agustus 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Pijat payudara adalah salah satu teknik untuk menjaga kesehatan payudara termasuk identifikasi tanda kanker, melancarkan aliran darah, menjaga bentuk payudara, dan sebagainya. Ketahui teknik pijat payudara dan manfaatnya.

Pijat Payudara: 5 Manfaat dan Cara Memijat yang Benar

Manfaat Memijat Payudara bagi Kesehatan

Setiap wanita di atas usia 20 tahun disarankan untuk melakukan pijat payudara setidaknya selama 7 menit pada 7-10 hari setelah menstruasi. Pijat ini ditujukan untuk merangsang aliran darah, membantu kelancaran ASI untuk ibu, menjaga bentuk payudara, dan lainnya.

Ada berbagai manfaat memijat payudara, seperti:

1. Identifikasi Kanker Payudara Sejak Awal

Pijat payudara adalah salah satu teknik Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) untuk mengidentifikasi tanda kanker payudara sejak dini. Pijatan payudara akan membantu wanita menemukan bila ada benjolan, perubahan puting, nyeri payudara, penebalan kulit, atau perubahan ukuran payudara.

Berdasarkan laporan American College of Obstetricians and Gynaecologists, 71% wanita mendeteksi kanker payudara lebih awal dari pemeriksaan payudara sendiri. Diagnosis awal ini akan membantu pengobatan sebelum kanker menyebar lebih serius.

2. Meningkatkan Penampilan Payudara

Manfaat memijat payudara selanjutnya adalah untuk meningkatkan atau menjaga penampilan payudara. Pijat payudara dengan minyak zaitun atau minyak esensial lainnya akan mengencangkan otot dan elastisitas kulit payudara.

Selain itu, Anda juga dapat memperbesar ukuran payudara dengan pijatan tersebut. Caranya adalah dengan memijat payudara dengan gerakan memutar searah jarum jam. Lakukan selama 15 menit.

3. Membantu Melancarkan ASI

Bagi ibu yang sedang dalam program menyusui anak, pijat payudara secara teratur sangat dianjurkan untuk melancarkan ASI atau mencegah penyumbatan ASI di saluran susu.

Manfaat memijat payudara juga untuk mengurangi rasa nyeri payudara akibat ASI yang menumpuk, melancarkan aliran darah, serta menenangkan jaringan yang menghubungkan otot ke payudara. Pijat juga membantu mencegah pembengkakan dan infeksi jaringan payudara.

4. Merelaksasi Otot Payudara

Beberapa faktor seperti aktivitas yang melelahkan, olahraga, atau kegiatan sehari-hari lainnya mungkin membuat otot dada tegang. Wanita dapat mengatasinya dengan memijat payudara sendiri.

Pijatan pada payudara dapat merelaksasi otot-otot dan menyeimbangkan kondisi tubuh. Pijat ke dada dikatakan dapat merelaksasi tubuh lebih lama daripada pijat punggung.

5. Menstimulasi Sistem Limfatik

Sistem limfatik adalah jaringan yang bertanggung jawab untuk membersihkan racun atau limbah tubuh. Memijat payudara hingga ke area ketiak yang terdapat banyak kelenjar getah bening dapat membantu menstimulasi sistem limfatik untuk bekerja dengan baik.

Itulah beberapa manfaat memijat payudara secara teratur. Pijatan payudara bukan hanya berguna untuk meningkatkan postur payudara namun juga menjaga kesehatan payudara yang lebih penting.

Cara Memijat Payudara

Berikut ini beberapa cara memijat payudara sesuai dengan tujuan masing-masing:

1. Teknik Memijat Payudara untuk Ibu Menyusui

Ibu yang sedang menyusui dapat memijat payudara dengan mudah, yaitu:

  • Pijat payudara satu per satu.
  • Letakan empat jari di bagian atas payudara, empat jari lainnya di payudara bagian bawah.
  • Pijat dengan lembut dalam gerakan melingkar.
  • Ulangi pijatan untuk payudara satunya lagi.

Jangan lupa untuk memijat bagian belakang pangkal puting dengan jari telunjuk. Pijat dengan tekanan atau remasan lembut mengikuti ritme sesuai dengan kecepatan jantung.

2. Teknik Memijat Payudara untuk Pemeriksaan Kanker Payudara

Memijat seluruh payudara termasuk bagian areola, puting susu, dan di sekitar ketiak. Cara memijat payudara adalah:

  • Lihat di cermin apakah ada perubahan bentuk, ukuran, tekstur, atau warna puting dan payudara.
  • Letakan tangan kanan ke belakang kepala, gunakan tangan kiri untuk memijat payudara bagian kanan.
  • Pijat dengan tekanan tiga jari dengan gerakan memutar.
  • Pijat seluruh bagian, termasuk bagian payudara mengarah ke ketiak.

Segera konsultasi ke dokter apabila Anda menemukan adanya benjolan tidak biasa, nyeri, pembengkakan, perubahan kulit, atau kelenjar getah bening untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Teknik Memijat Payudara untuk Merangsang Drainase Kelenjar Getah Bening

Pijatan dimulai dari area bawah lengan, yaitu tempat getah bening yang paling banyak. Anda akan merasakan kelenjar getah bening di bawah kulit aksila (bawah lengan). Caranya adalah:

  • Letakan tangan kiri di payudara bagian kanan.
  • Tangan mengepal dada dan ujung jari berada di ketiak.
  • Pijat payudara dengan gerakan memompa.
  • Juga gerakan tangan perlahan di bawah menuju puting.
  • Pijat juga di seluruh bagian payudara, termasuk bagian luar, bawah, dan dalam payudara.
  • Ulangi pijatan pada payudaranya lainnya.

Anda juga dapat melakukannya dengan memberi pijatan atau tekanan lembut sepanjang payudara dan ketiak.

4. Teknik Memijat Payudara Untuk Penampilan Payudara

Pijat payudara juga dapat mengencangkan otot payudara, memperbesar payudara, hingga mencegah stretch mark bagi wanita hamil. Caranya adalah dengan pijat menggunakan minyak almond pada masa awal kehamilan. Lakukan selama 15 menit setiap hari. Berdasarkan penelitian, hanya 20% wanita yang mengalami stretch mark setelah melakukan pemijatan payudara ini.

Baca Juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Payudara Agar Terhindar Kanker

Efek Samping Pijat Payudara

Tidak ada efek samping dari pijat payudara. Pemijatan payudara dapat dilakukan setiap hari, namun hindari memijat saat sedang menstruasi karena hormon Anda sedang berubah saat itu. Anda juga akan sulit membedakan perubahan payudara akibat pembengkakan yang umum terjadi saat menstruasi.

Selain itu, harap hati-hati memijat payudara pasca operasi payudara atau bila Anda sudah didiagnosis memiliki kanker payudara. Payudara dengan bekas luka, benjolan, pascaradiasi, atau kondisi medis lainnya hanya dapat dipijat oleh terapis berlisensi.

Itulah pembahasan lengkap tentang teknik memijat payudara dan manfaatnya. Kesehatan payudara harus diperhatikan karena setiap wanita memiliki risiko kanker payudara. Pijat payudara dapat menjadi salah satu pencegahan kanker payudara sejak dini.

 

  1. Eske, Jamie. 2020. How and when breast massage may help. https://www.medicalnewstoday.com/articles/breast-massage. (Diakses pada 28 Juli 2020).
  2. Marcin, Ashley. 2019. 5 Benefits of Breast Massage. https://www.healthline.com/health/breast-massage. (Diakses pada 28 Juli 2020).
  3. Santilili, Mara. 2020. What Exactly Is A Breast Massage And How Do You Do It?. https://www.womenshealthmag.com/health/a31676972/breast-massage/. (Diakses pada 28 Juli 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi